Comscore Tracker

6 Tips Salat Tarawih Penuh Tanpa Batal Wudu

#InspirasiRamadan Tips untuk kamu yang ingin tarawih penuh tanpa skip rakaat.

Salat tarawih adalah salah satu ibadah di bulan ramadan. Terlepas dari perdebatan jumlah rakaat dalam tarawih, keutamaannya sangat besar. Apalagi ibadah salat tarawih ini hanya ada di bulan ramadan. Sounds like ibadah special and limited edition, right? Sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

Para jamaah berlomba-lomba untuk salat di shaf depan. Kita tentu saja ingin mendapat keutamaan ini, berbaris di shaf depan dan mengikuti salat tarawih secara penuh. Namun terkadang ada saja yang menghambat kita untuk tidak bisa ikut tarawih secara penuh. Salah satu yang paling menyebalkan adalah ketika wudu kita batal. Entah karena buang angin, hasrat buang air kecil maupun besar. Akibatnya kita harus mundur dari saf salat dan mengambil wudu lagi. Akhirnya, kita bolong beberapa rakaat tarawih. Nah ini dia tips untuk bisa salat tarawih penuh.

1. Tuntaskan segala hasrat buang air sebelum tarawih.

6 Tips Salat Tarawih Penuh Tanpa Batal Wududesainrumahnya.com

Sebelum salat tarawih, tentu saja kita harus berwudu terlebih dahulu. Alangkah baiknya jika kita benar – benar menyelesaikan hasrat kita dalam urusan sanitasi sebelum tarawih. Buang air kecil hingga habis, jangan ada yang tertinggal. Sesuai sunnah, untuk laki – laki bisa dengan mengeram dan diurut. Untuk perempuan bisa dengan mengeram maupun berdehem, hingga air seni itu tidak lagi bersisa, lalu bersihkan hingga tuntas. Begitu juga dengan buang air besar. Ada baiknya sebelum isya tiba menyelesaikan urusan buang air besar agar tidak lagi harus bolak balik wc.

2. Hindari makanan pedas.

6 Tips Salat Tarawih Penuh Tanpa Batal Wudubelajar-hipnosis.blogspot.co.id

Makanan yang satu ini memang surganya pecinta pedas. Apalagi sebagian besar masakan Indonesia memang pedas – pedas. Sambal apalagi, pelengkap hidangan. Tapi ada baiknya makan makanan pedasnya ditahan dahulu. Atau jika memang tidak bisa lepas, kontrol untuk makan sambal tidak berlebihan.  Tidak lucu ketika di masjid kamu malah lebih banyak di kamar mandi daripada berada di saf untuk tarawih. Ingat saat buka, ada ibadah lain yang menanati yakni tarawih.

3. Minum air putih terlebih dahulu saat berbuka

6 Tips Salat Tarawih Penuh Tanpa Batal Wudulifestyle.okezone.com

Apa  yang pertama kali kamu konsumsi saat berbuka? Es teh manis? Es kelapa muda? Es cendol? Well, memang sederet es tersebut sangat segar apalagi dimimum setelah tenggorokan kering seharian. Sayangnya, minuman manis dan dingin tersebut membuat kita kalap untuk langsung menghabiskannya sekali teguk. Akibatnya perut bisa kembung.

Ditambah setelah itu kita makan hidangan utama. Hmm berat sekali beban perut ini. Ada baiknya, hal pertama yang kita konsumsi adalah air putih untuk  melepas dahaga dan memberi aba-aba pada lambung bahwa akan ada makanan lain yang masuk. Setelah air putih baru bisa mengonsumsi kurma atau hidangan lainnya.

4. Hindari buka balas dendam

6 Tips Salat Tarawih Penuh Tanpa Batal Wudujob-like.com

Seharian berpuasa memang membuat tubuh kita lemas tak berdaya. Beberapa jam menjelang berbuka puasa, kita biasanya punya banyak keinginan tentang apa saja yang akan dimakan untuk berbuka. Terkadang daftar keinginan itu bisa banyak sekali. Kita menganggap tubuh ini benar-benar butuh makanan sebanyak itu untuk mengganti jam-jam puasa.

Padahal sebenarnya kita tidak benar-benar butuh untuk berbuka sampai kenyang parah. Berbuka secukupnya, stop lapar mata. Ingat untuk selalu sisihkan sepertiga makanan, sepertiga air, dan sepertiga udara pada lambung kita. Kalau kita kekenyangan, akan susah untuk melakukan aktivitas. Jangankan beraktivitas, gerak saja susah. Bisa – bisa ini mengganggu tarawih.

5. Datang lebih awal, pilih saf di depan.

6 Tips Salat Tarawih Penuh Tanpa Batal Wuduabiummi.com

Selain mendapat pahala lebih, kita juga bisa punya motivasi untuk tetap ikut tarawih tanpa mager. Saf depan biasanya diisi oleh mereka yang punya semangat tinggi dalam beribadah. Kita bisa datang lebih awal ke masjid. Ketika tarawih dimulai, biasanya orang-orang sebelelah kita akan langsung berdiri dan salat. Kondisi itu bisa jadi motivasi sendiri bagi kita, masa kalah sama bapak-bapak, atau kakek-kakek yang langsung berdiri salat tarawih.

6. Niat

6 Tips Salat Tarawih Penuh Tanpa Batal Wuduyusufmansur.com

Ini yang terpenting. Semua tips di atas akan percuma kalau kita tidak ada niat untuk tarawih. Jangankan untuk tarawih penuh, niat tarawih aja tidak ada, bagaimana bisa penuh ya kan? Berniatlah tarawih lillahi taala. Baik niat yang dalam hati maupun terucap dengan lafadz. Berdoa juga agar kita bisa beribadah penuh dan istiqomah.

 

Nah itu dia tips untuk salat tarawih. Selamat berpesta ibadah di bulan penuh berkah~

Tsurayya Maknun Photo Writer Tsurayya Maknun

Suka menulis, membaca dan traveling.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya