Comscore Tracker

Tak Disadari, Ini 6 Alasan Kamu Sering Disakiti dalam Hubungan

Mungkin kesalahannya ada pada dirimu

Semua orang pasti pernah merasakan patah hati dan sakit hati. Namun, apabila kamu merasa terus menerus disakiti dalam setiap hubungan yang kamu jalani, kamu perlu berinstropeksi diri.

Disakiti sekali bisa saja karena kamu tidak beruntung, namun apabila berkali-kali terus disakiti bisa jadi ada kesalahan yang kerap kamu lakukan. Yuk, simak enam alasan berikut ini yang menjadi alasan kamu sering disakiti dalam hubungan asmara. 

1. Mempunyai ekspektasi yang tinggi kepada pasangan

Tak Disadari, Ini 6 Alasan Kamu Sering Disakiti dalam Hubunganpexels.com/Ketut Subiyanto

Setiap orang pasti menaruh harapan kepada pasangannya, namun hal ini bukan menjadi alasan untuk kamu menaruh harapan yang tinggi kepada pasangan. Apabila kamu bersikap seperti ini, maka sama artinya kamu menginginkan pasangan kamu untuk berubah sesuai dengan keinginan kamu.

Kamu hanya mencintainya saat dia bersikap seperti keinginan kamu bukan mencintainya sebagai diri dia sendiri. Selain membuat pasangan kamu merasa kesal, hal ini juga dapat merusak kesehatan mental, karena ketika sikap pasanganmu tidak sesuai dengan harapanmu maka kamu akan kecewa.

2. Terlalu mudah memaafkan

Tak Disadari, Ini 6 Alasan Kamu Sering Disakiti dalam Hubunganpexels.com/Tan Danh

Dengan alasan mencintai pasangan bukan berarti kamu selalu memaafkan semua kesalahannya. Jika pasangan menyakiti kamu, maka kamu perlu memberikan batasan untuk memberikan maaf kepadanya. Apabila kamu mudah memaafkannya, maka hal ini akan membuat dia mudah untuk menyakitimu.

3. Kamu sudah dibutakan oleh cinta

Tak Disadari, Ini 6 Alasan Kamu Sering Disakiti dalam Hubunganpexels.com/ Vera Arsic

Terkadang cinta memang buta, ketika kamu sedang mengalami hal ini maka akan sulit bagimu untuk melihat keburukan yang muncul pada pasangan. Pasalnya, kamu hanya akan melihat kebaikan yang ada pada dirinya. Saat dibutakan oleh cinta, sulit bagi kamu untuk melihat bahwa dia tidak baik untukmu.

Baca Juga: 5 Tanda Kuat Kamu Sosok yang Pendendam saat Disakiti Pasangan

4. Mempunyai pikiran tidak pantas untuk dicintai

Tak Disadari, Ini 6 Alasan Kamu Sering Disakiti dalam Hubunganpexels.com/ destiawan nur agustra

Pemikiran seperti ini menjadi alasan kamu terus menerus disakiti. Karena, saat seseorang yang merasa tidak pantas untuk dicintai, maka ia akan menutup diri serta menjauh dari cinta orang yang mencintainya.

Apabila kamu bersikap seperti ini, maka lama kelamaan pasanganmu akan lelah bahkan bisa pergi meninggalkanmu. Cobalah untuk mencintai diri kamu sendiri sebelum menjalin sebuah hubungan.

Ingatlah, apapun kelemahan yang kamu miliki, bagaimanapun masa lalu kamu, dan hal yang kini kamu hadapi, dirimu tetaplah seseorang yang berharga dan pantas untuk dicintai.

5. Takut untuk bersikap terbuka kepada pasangan

Tak Disadari, Ini 6 Alasan Kamu Sering Disakiti dalam Hubunganpexels.com/Alex Green

Saat kamu harus membuka diri kepada pasangan, kamu merasa tidak nyaman karena semua rahasia serta ketakutan yang kamu hadapi harus diperlihatkan kepada orang lain. Sehingga, hal ini pun menjadikan kamu lebih sensitif. Kondisi ini akan membuat pasanganmu menjadi bingung dan akhirnya menjauh darimu.

6. Dirimu tidak pernah mau berubah

Tak Disadari, Ini 6 Alasan Kamu Sering Disakiti dalam HubunganFreepik.com/jcomp

Saat kamu disakiti setiap menjalin hubungan dan mengetahui apa yang menjadi penyebabnya, seharusnya kamu mulai berpikir untuk berubah sebelum kembali menjalin hubungan yang baru.

Jika kamu tidak merubah semua sikapmu maka sudah dipastikan kamu akan mengalami hal sama sehingga kembali tersakiti. Karena nasib tidak akan berubah sebelum diri kamu sendiri berubah.

 

Terkadang, kamu sering disakiti akibat dari perilaku kamu sendiri. Maka, setelah mengetahui alasan selalu disakiti saat menjalin hubungan ini kamu bisa berintrospeksi dan mengubah diri, sehingga hubungan selanjutnya akan jauh lebih baik.

Baca Juga: 5 Alasan Disakiti Pasangan Gak Selalu Berarti Dia Gak Sayang 

Anisa Lestari Photo Verified Writer Anisa Lestari

Teruslah belajar dan berkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya