Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dimiliki Saat Memutuskan untuk Menikah Muda

Menikah bukan masalah usia, tapi masalah kesiapan

Menikah merupakan salah satu topik yang mulai menjadi bahan obrolan di kalangan remaja. Sehingga, pernikahan di usia muda seperti di awal 20-an bukanlah suatu hal yang langka. Berbagai pertimbangan bisa jadi pemicu sepasang insan memutuskan untuk menikah di usia muda.

Salah satu yang paling mendasari pernikahan di usia muda adalah agar rentang usia antara mereka dengan anak-anaknya kelak gak terlalu jauh.

Apapun alasannya, menikah di usia muda memerlukan beberapa persiapan yang bisa dibilang tidak mudah. Lima hal berikut harus dimiliki jika kamu sudah yakin ingin menikah di usia muda nih.

1. Kesiapan diri, terutama secara mental

5 Hal yang Harus Dimiliki Saat Memutuskan untuk Menikah Mudaunsplash/Suhyeon Choi

Usia berapapun, menikah sebenarnya adalah perkara kesiapan khususnya secara mental. Karena, menikah gak lagi soal mengurus diri sendiri, tapi juga orang lain. Bukan lagi soal bertanggung jawab terhadap diri sendiri tapi juga orang lain. Baik dari sisi pria dan wanita, keduanya perlu banget nih memiliki kesiapan diri yang seutuhnya.

2. Pemahaman bahwa menikah bukan untuk bahagia, tapi kita harus tahu dulu bagaimana membahagiakan diri sendiri

5 Hal yang Harus Dimiliki Saat Memutuskan untuk Menikah Mudapexels/Anastasiya Lobanovskaya

Banyak orang yang masih salah dalam mendefinisikan kehidupan setelah pernikahan. Akibat mengharapkan kebahagiaan setelah menikah, mereka kaget dan shock saat menjalani rumah tangga di kemudian hari.

Menikah itu gak melulu bahagia lho. Akan ada perselisihan, beda pendapat, hingga pertengkaran cukup serius yang mungkin akan menggoyahkan bahtera rumah tangga kalian.

Tapi, jika keduanya sudah mampu membahagiakan dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum menikah, saat sudah menikah nantinya permasalahan seperti apapun pasti akan mampu dihadapi dengan lebih mudah. Inilah juga yang harus dimiliki pasangan yang memutuskan untuk menikah di usia muda.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Perlu Kamu Batasi setelah Menikah, Sudah Siap?

3. Cara menghadapi dan menanggapi lingkungan sekitar yang mungkin akan banyak berkomentar negatif

5 Hal yang Harus Dimiliki Saat Memutuskan untuk Menikah Mudaunsplash/Heng Films

Memang sih, menikah adalah urusan kita dan pasangan. Tapi, mau gak mau, lingkungan sekitar juga pasti akan menjadi pihak yang ikut terlibat dalam urusan pernikahan kita. Terutama pihak keluarga kedua belah pihak.

Bukan gak mungkin, akan ada beberapa komentar negatif yang berdatangan seiring dengan keputusan kalian untuk menikah muda. Apalagi jika kuliah belum selesai, pekerjaan belum tetap, dan lainnya.

Nah, mengetahui dan membahas mengenai cara-cara menanggapi komentar seperti ini perlu banget bagi pasangan muda yang ingin menikah. Biar nantinya lebih bisa diatasi dengan baik.

4. Siap mengaruhi bahtera rumah tangga dan yakin dialah orang yang tepat

5 Hal yang Harus Dimiliki Saat Memutuskan untuk Menikah Mudaunsplash/Yoann Boyer

Sebenarnya, poin ini merupakan poin yang paling penting ketika memutuskan untuk menikah di usia muda.

Di usia muda, kebanyakan dari kita cenderung terlalu mudah menjatuhkan hati. Tanpa melalui pemikiran yang mendalam, cinta menjadi alasan untuk melenggang menuju pelaminan. Jika sudah begini, bukan gak mungkin nantinya kita akan menyesal karena menikah di usia yang terlalu muda. 

Makanya, sebelum benar-benar memutuskan untuk menikah, pastikan kamu sudah paham betul mengenai konsep menikah yang sesungguhnya dan yakinkan dirimu bahwa dia adalah orang yang memang tepat sebagai partner sehidup semati.

5. Selalu mengedepankan komunikasi dalam situasi apapun nantinya

5 Hal yang Harus Dimiliki Saat Memutuskan untuk Menikah Mudaunsplash/Vladimir Kudinov

Poin penting lainnya yaitu selalu mengedepankan komunikasi dalam berbagai situasi yang akan dihadapi kelak.

Menikah bukan hanya soal bersenang-senang dan bahagia setiap hari. Akan ada masa dimana konflik bermunculan, situasi tidak begitu menyenangkan, namun semua itu hanya bisa diselesaikan dengan komunikasi yang terus berjalan dengan lancar.

Pasangan muda biasanya masih belum mengerti betul dengan hal ini. Makanya perlu banget untuk selalu mengedepankan komunikasi dalam berbagai kondisi ya.

Menikah di awal usia 20-an tentu bukan hal yang terlarang. Yang penting 5 poin tadi sudah disiapkan dengan baik ya.

Baca Juga: Telah Menikah, 10 Artis Ini Pertama Kali Jalani Puasa Bareng Pasangan

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You