Comscore Tracker

5 Alasan Seseorang Lebih Memilih Menjalin Hubungan secara Virtual

#IDNTimesLife Ternyata, ada banyak kelebihannya

Sekitar dua dekade yang lalu, internet berkecepatan tinggi adalah sesuatu yang dianggap mewah. Saat itu, situs web juga masih sangat sederhana. Tapi, cobalah kita merenungi apa yang ada pada zaman sekarang. Internet berkecepatan tinggi ada di mana-mana, bahkan internet menjadi sumber dari segala hal. Mulai dari referensi belajar, mencari uang, berbelanja, bahkan mencari pasangan.

Minat orang-orang untuk mencari pasangan secara virtual tak kalah dengan pasangan offline. Terbukti, makin banyak aplikasi kencan yang bisa diakses oleh warganet. Lalu, apa saja alasan sebagian orang memilih untuk menjalin hubungan secara virtual? Simak informasi berikut ini untuk tahu jawabannya.

1. Penasaran dan bosan

5 Alasan Seseorang Lebih Memilih Menjalin Hubungan secara Virtualilustrasi menjalin hubungan virtual (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Saat mendapatkan informasi tentang aplikasi kencan di internet, beberapa orang menjadi penasaran dan ingin mengetahui apa yang ada di dalamnya. Alhasil, mereka akan mencoba aplikasi atau situs yang memungkinkan mereka terhubung dengan orang lain.

Bagi beberapa orang, menjalin hubungan secara virtual bisa menghilangkan rasa bosan dalam hidup. Ini termasuk orang yang sudah lama tidak memiliki pasangan dan ingin mulai menjalin hubungan lagi.

2. Tidak terlalu menimbulkan stres seperti hubungan offline

5 Alasan Seseorang Lebih Memilih Menjalin Hubungan secara Virtualilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Ketika kamu dan pasangan terhubung secara virtual, tekanan sehari-hari yang memicu pertengkaran tidak sebanyak yang dialami orang-orang yang menjalin hubungan secara offline. Misalnya, pertengkaran karena salah satu menghabiskan terlalu banyak waktu dengan teman.

Artinya, alasan potensial untuk argumen berkurang, yang meminimalkan stres. Dengan demikian, menjalin hubungan secara virtual bisa jadi solusi untuk orang-orang yang ingin menjalin hubungan tapi tidak terlalu merasakan stres yang biasa dirasakan oleh pasangan di dunia nyata.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kencan dari Dating App

3. Meningkatkan peluang menemukan pasangan yang tepat

5 Alasan Seseorang Lebih Memilih Menjalin Hubungan secara Virtualilustrasi mencari pasangan virtual (unsplash.com/Tim Mossholder)

Berkencan secara virtual memungkinkan kamu membaca profil dan melihat orang-orang dengan kualitas yang kamu sukai. Meskipun kadang orang-orang berbohong tentang profil mereka, tapi setidaknya kamu masih memiliki kesempatan untuk berkenalan dan lebih memahami satu sama lain.

Ini meningkatkan kemungkinan menemukan pasangan yang sesuai dengan kriteria. Dengan begitu, harapannya ini juga akan menurunkan kemungkinan patah hati.

4. Mencari pasangan secara online memungkinkan kamu mendapatkan banyak pilihan

5 Alasan Seseorang Lebih Memilih Menjalin Hubungan secara Virtualilustrasi kencan online (pexels.com/Edward Jenner)

Berkencan secara virtual memungkinkan kamu menemukan banyak kategori dan koneksi, terlebih saat ini tersedia banyak sekali aplikasi kencan. Apakah kamu sedang mencari hubungan serius dan jangka panjang atau hanya kencan biasa, kamu bisa menemukannya dengan membaca dengan teliti profil orang-orang yang tertarik dengan hal ini.

Terlebih, kamu juga dapat terhubung dengan orang-orang dari berbagai lokasi, minat, dan karier. Karena alasan ini, banyak orang yang sangat berminat mencari pasangan secara online atau lewat aplikasi kencan.

5. Hubungan virtual bisa menjadi jalan untuk memiliki hubungan offline

5 Alasan Seseorang Lebih Memilih Menjalin Hubungan secara Virtualilustrasi pasangan sedang berkencan (pexels.com/Hong SON)

Hanya karena kamu dan pasanganmu berkenalan secara virtual, bukan berarti hubunganmu akan berada dalam batas-batas maya selamanya. Banyak orang yang awalnya menjalin hubungan secara online, tapi kemudian memutuskan untuk lebih serius dan akhirnya mengarah pada pertemuan pasangan di lingkungan offline dan tetap melanjutkan hubungan.

Di zaman sekarang ini, untuk orang-orang yang kesulitan mencari pasangan secara offline, mencari pasangan secara online adalah solusi yang banyak diandalkan. Terlebih, siapa pun juga bisa mengubah hubungan virtual menjadi nyata.

Demikianlah beberapa alasan mengapa sebagian orang lebih memilih untuk menjalin hubungan virtual. Kalau kamu, lebih cenderung memilih hubungan virtual atau offline?

Baca Juga: 6 Tanda Kencan Kalian Berkualitas, Gak Cuma Membuang Waktu

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya