Comscore Tracker

5 Pedoman Sebelum Curhat yang Harus Kamu Tahu, Jangan Asal Cerita!

Selalu hati-hati dan waspada, ya!

Tak sedikit orang memutuskan untuk curhat ketika ingin mendapatkan bantuan atau minimal beban yang dirasakan bisa berkurang, dengan menceritakan masalah personalnya atau rahasia kepada seseorang yang dipercayakan.

Walau memang curhat memiliki banyak kebaikan, nyatanya kita harus selalu berhati-hati dan waspada pada tiap orang. Karena pada dasarnya kita tak tahu apa niat terdalam atau tersembunyi orang tersebut, supaya kelak tak ada hal merugikan yang bisa terjadi.

Oleh sebab itu, pahami lima pedoman berikut ini ketika ingin memutuskan untuk curhat.

1. Jika masalah atau rahasia yang kamu miliki dirasa sangat besar maka, pilihlah seseorang yang biasa kamu percayai

5 Pedoman Sebelum Curhat yang Harus Kamu Tahu, Jangan Asal Cerita!Pixabay/VoyZan

Tak semua orang memiliki sifat amanah ketika kamu putuskan untuk jadi sosok tempatmu berbagi keluh kesah atau curhatan hati. Curhat ke sembarang orang berpotensi tidak aman karena cerita atau rahasia yang kamu miliki bisa tersebar atau bahkan dimanfaatkan dalam tujuan tertentu.

Sehingga disarankan untukmu yang dirasa sangat membutuhkan teman curhat, pilihan seseorang yang biasanya kamu percayakan. Selain bisa membuatmu merasa lega, curhat pada sosok yang tepat juga bisa memberimu sedikit pencerahan untuk apa yang harus kamu lakukan selanjutnya.

2. Ketika memutuskan untuk curhat, mintalah lawan bicara untuk tidak menyela sewaktu kamu bercerita

5 Pedoman Sebelum Curhat yang Harus Kamu Tahu, Jangan Asal Cerita!Pixabay/Pexels

Sebelum curhat pada seseorang, ada baiknya kamu meminta untuk tidak menyela pembicaraan atau ceritamu sampai selesai. Sebab, hal demikian dilakukan supaya curhat yang kamu sampaikan bisa sepenuhnya terucap dan dipahami tanpa terus terpotong-potong karena disela lawan bicara.

Kamu juga bisa lebih bebas dan leluasa dalam bercerita, sehingga apa yang ingin kamu sampaikan tak ada yang tertinggal atau tertahan di dalam hati.

Baca Juga: Sadari, Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Orang Lain Malas Curhat Kepadamu

3. Kadang tak semua orang memberi tanggapan yang kamu inginkan, bila dirasa respon yang kamu terima kurang berkenan. Maka, pertimbangkan lagi bila lain waktu ingin kembali curhat

5 Pedoman Sebelum Curhat yang Harus Kamu Tahu, Jangan Asal Cerita!Unsplash/Adli Wahid

Kita pasti telah mengenal istilah toxic positivity, hal demikian bisa saja menimpamu saat ingin curhat pada seseorang. Bukannya mampu meringankan bebanmu sedikit malah bisa membuatmu kehilangan semangat karena sedih mendengar ucapan lawan bicaramu.

Toxic positivity yang kamu dengar seperti sebuah dorongan atau dukungan. Nyatanya hal tersebut ungkapan tersembunyi yang sebenarnya menyepelekan atau menganggap enteng cerita atau curhatanmu. Sehingga dianjurkan untuk bijak dalam memilih tempat atau teman curhat ketika memang dirasa tidak nyaman atau tidak cocok.

4. Pilihlah tempat dan waktu yang nyaman dan cocok

5 Pedoman Sebelum Curhat yang Harus Kamu Tahu, Jangan Asal Cerita!Pixabay/AdinaVoicu

Sesi curhat bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, tergantung kesiapan kedua pihak atau lebih di dalamnya. Disarankan untuk memilih waktu dan tempat yang nyaman dan pas untuk melakukan curhat.

Supaya curhat yang disampaikan mengalir lebih intens dan sepenuhnya. Sebab, tak cuma dukungan moril, nyatanya sentuhan fisik sederhana layaknya usapan tangan, punggung atau bahkan pelukan bisa meredakan emosi negatif yang sebelumnya kamu pendam.

5. Ketika kamu merasa belum mendapatkan solusi yang kamu inginkan. Setidaknya kamu telah berusaha meringankan beban sedikit lebih banyak

5 Pedoman Sebelum Curhat yang Harus Kamu Tahu, Jangan Asal Cerita!Unsplash/Štefan Štefančík

Ketika kamu sudah melakukan curhat dan merasa masih belum menemukan solusi atau langkah yang tepat untuk kamu ambil selanjutnya. Maka, hal tersebut bukanlah suatu masalah. Karena memang dibutuhkan banyak pertimbangan sebelum memutuskan sesuatu atau sekadar menstabilkan emosi yang sebelumnya terasa menyesakkan dada.

Dengan curhat pada tempat atau orang yang tepat, kamu telah melakukan usaha yang bagus. Karena hal demikian sangat positif untuk dirimu sendiri sebab, kamu meluapkan segala emosi dan beban pada hal yang benar. Bukan pada hal yang bisa merugikanmu nantinya.

Tidak ada larangan untuk curhat, supaya beban yang dirasakan menjadi ringan. Selama kamu melakukannya tanpa paksaan dan tetap waspada kapan pun.

Baca Juga: Lebih Bijak, 5 Alasan Kenapa Orangtua Adalah Tempat Curhat Terbaik

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya