Comscore Tracker

7 Cara Bangun Kedekatan Emosional dengan Pasangan, Hubungan Naik Kelas

Kedekatan emosional selalu jadi penguat dalam hubungan

Sebuah hubungan sering kali diawali dari kekaguman satu sama lain. Seiring berjalannya waktu nyatanya semua ditentukan oleh sifat dan komitmen yang dipegang keduanya. Pemanis di dalam hubungan tentu beragam. Selain sentuhan kecil, kedekatan emosional ternyata amat besar pengaruhnya. 

Kedekatan emosional antara kamu dan pasangan tumbuh karena seringnya menghabiskan waktu bersama. Selain itu saling tahu mengenai keadaan satu sama lain membuatmu jadi orang yang paling mengerti tentang dia, begitupun sebaliknya.

Buat hubungan naik kelas dengan tingkatkan kedekatan emosional melalui tujuh tips berikut ini. 

1. Jangan pernah coba untuk menjadi orang lain  

7 Cara Bangun Kedekatan Emosional dengan Pasangan, Hubungan Naik Kelasilustrasi diskusi (unsplash.com/@unsplash)

Saat ingin meningkatkan koneksi emosional dengan pasangan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menjadi dirimu sendiri. Bertingkah menjadi apa adanya dirimu akan membuat dia belajar memahami sifat dan karakter yang melekat ada padamu.

Membiarkan kondisi ini secara berkelanjutan akan membuat kalian berdua saling mengenal satu sama lain dan lebih tahu cara menyikapi perangai masing-masing. Hindari berusaha tampil sempurna karena akan membuatmu banyak menyembunyikan rahasia darinya. 

2. Meskipun telah bersamanya, tetap berusahalah untuk jadi orang yang mandiri

7 Cara Bangun Kedekatan Emosional dengan Pasangan, Hubungan Naik Kelasilustrasi diskusi (pexels.com/Thirdman)

Tidak bisa ditampik bahwa sebelum mencintai dan memedulikan orang lain terlebih dahulu kamu harus memberikan perhatian itu untuk dirimu sendiri. Bukan tanpa alasan, tujuannya adalah untuk menjadikanmu sebagai orang yang mandiri dan tidak menggantungkan kebahagiaan pada orang lain.

Dengan cara ini, kelak pasanganmu akan mengerti bahwa kamu adalah orang yang siap membangun hubungan sehat terlepas dari ada atau tanpa kehadirannya. Maksudnya walaupun kamu telah bersamanya, namun tetap dapat memercayai bahwa dirimu akan baik-baik saja saat kalian sedang tidak bersama. 

3. Hindari mengungkit kelemahan pasangan saat terjadi pertikaian 

7 Cara Bangun Kedekatan Emosional dengan Pasangan, Hubungan Naik Kelasilustrasi pasangan harmonis (unsplash.com/@clemono)

Saat pasangan mulai terbuka dan menunjukkan segala sisi personalnya, imbangi dengan cara menjaga hal pribadi itu dengan baik. Tentunya dia akan sangat menghargaimu jika kamu mampu memberikan dia rasa nyaman dan percaya.

Jangan sekali-kali membicarakan apalagi mengungkit kelemahannya saat pertikaian atau hal kurang menyenangkan sedang terjadi, terlebih membicarakannya dengan orang lain. Sekali kamu melakukannya, bisa saja membuat pasangan enggan membagi segala hal denganmu.

Baca Juga: 5 Manfaat Miliki Healthy Relationship, Dongkrak Percaya Diri!

4. Perbanyak quality time dengan pasangan

7 Cara Bangun Kedekatan Emosional dengan Pasangan, Hubungan Naik Kelasilustrasi pasangan (pexels.com/Asad Photo Maldives)

Maksud dari poin ini bukan berarti kamu harus ada bersamanya dalam 24/7. Melainkan usahakan bahwa kamu secara continue ada di saat dia memang membutuhkanmu.

Hal ini akan menjaga kestabilan dalam hubungan karena komunikasi yang baik di antara kalian berdua. Cara ini secara tidak langsung juga menunjukkan bahwa kalian menghargai keberadaan satu sama lain dalam sebuah hubungan.

5. Saling berbagi dan mendukung minat yang dimiliki  

7 Cara Bangun Kedekatan Emosional dengan Pasangan, Hubungan Naik Kelasilustrasi pasangan bahagia (pexels.com/Anastasiya Lobanovskaya)

Sebagai pasangan tentunya kalian berdua tetap memiliki perbedaan masing-masing misalnya dalam hal minat atau hobi. Terlepas dari kebersamaan yang sedang dijalani, tentu kalianpun akan selalu membutuhkan waktu untuk me time. Untuk itu dukungan dan apresiasi yang diberikan oleh pasangan tentunya akan menjadi hal yang berarti bagi yang lain.

6. Jangan takut menerima penolakan  

7 Cara Bangun Kedekatan Emosional dengan Pasangan, Hubungan Naik Kelasilustrasi perempuan sedang kerja (pexels.com/Anna Shvets)

Walaupun sedang menjalin sebuah hubungan, bukan berarti kalian akan selalu sejalan. Apa yang menjadi pilihan dia belum tentu sesua denganmu, begitu pun sebaliknya.

Oleh karena itu biasakan dirimu dengan penolakan yang sangat berkemungkinan terjadi agar hubungan yang kalian jalani selalu dinamis. Terimalah dan hindari pemaksaan satu pihak yang dapat membuat keadaan semakin tidak nyaman.

7. Berikan penghargaan sekecil apapun bentuknya  

7 Cara Bangun Kedekatan Emosional dengan Pasangan, Hubungan Naik Kelasilustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah selalu berikan dia penghargaan darimu. Tidak peduli sekecil apapun bentuknya, hal ini akan selalu berarti buat dia.

Contoh sederhananya adalah dengan benar-benar memusatkan perhatianmu padanya. Beri dia kabar saat kalian sedang tidak bertemu atau tinggalkan gadget ketika sedang bersama dia. Gak ada salahnya memberi kabar duluan pada pasangan.

Kedekatan emosional dengan pasangan memang gak dengan cepat  terbangun. Pada akhirnya hubungan akan bertahan saat empati dan emosi kalian saling terhubung. 

Baca Juga: 5 Fobia yang Berkaitan dengan Cinta dan Sebuah Hubungan

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya