Comscore Tracker

5 Tips Mengungkapkan Kasih Sayang Supaya Gak Canggung dari Psikolog

#IDNTimesLife Ada juga tips dari penulis NKCTHI nih

Ungkapan perasaan dengan kata-kata (baik lisan maupun tulisan) merupakan cara yang terbilang paling sederhana untuk menunjukkan rasa sayang. Namun, ternyata tidak semua orang dapat melakukannya dengan mudah. 

Mengungkapkan kasih sayang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hubungan. Sayangnya, banyak orang merasa hal ini sulit dan canggung. Alhasil, isi hati yang ingin disimpan hanya bisa dipendam begitu saja.

Melalui virtual press conference "Ungkapan Hati" Cadbury,  Rabu (27/1/2021), Saskhya Aulia Prima M.Psi, psikolog klinis, dan Marchella FP selaku penulis buku NKCTHI (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini), berbagi tips mengungkapkan rasa sayang supaya gak canggung. Apa saja ya?

1. Kenali bahasa cintamu dan dirinya

5 Tips Mengungkapkan Kasih Sayang Supaya Gak Canggung dari PsikologVirtual Conference "Ungkapan Hati" Cadbury. 27 Januari 2021. IDN Times/Klara Livia

Sebelum mengungkapkan kasih sayang, ada baiknya kita mengetahui lebih dahulu bahasa cinta diri kita dan dirinya. Menurut Saskhya, setidaknya ada 5 bahasa cinta yang umum yakni waktu, kata-kata, sentuhan, pelayanan, dan hadiah. Meski begitu, bahasa cinta ini bisa berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

“Ungkapan rasa sayang terhadap pasangan bisa dilakukan dengan menggabungkan beberapa bahasa cinta. Misalnya, memberikan kado kecil yang disertai kata-kata sayang atau pijatan sambil memuji dan berterima kasih karena sudah bekerja keras untuk keluarga saat pasangan lelah bekerja, merupakan contoh dari menggabungkan beberapa bahasa cinta yang seharusnya bisa dilakukan oleh pasangan,” ungkap Saskhya.

2. Cari hal-hal relevan yang sesuai denganmu dan dirinya

5 Tips Mengungkapkan Kasih Sayang Supaya Gak Canggung dari PsikologVirtual Conference "Ungkapan Hati" Cadbury. 27 Januari 2021. IDN Times/Klara Livia

Sebagai seorang penulis, Marchella banyak mendapat cerita dan juga curhatan isi hati orang. Dari sini, ia lalu menerjemahkannya menjadi kata-kata ringan, tapi tetap relevan untuk banyak orang.

Lewat pengalamannya ini, ia menyadari bahwa banyak orang kesulitan membahasakan isi hatinya. Padahal menurutnya, kita bisa memulainya dengan mencari hal-hal terdekat yang relevan.

"Kadang kita mikirnya kejauhan, padahal ada juga hal-hal terdekat yang bisa kamu sampaikan. Misalnya, 'Terima kasih sudah berjuang,' 'Makanannya enak, Bu' dan banyak lagi," ungkapnya.

3. Cari kata-kata yang nyaman buat dirimu

5 Tips Mengungkapkan Kasih Sayang Supaya Gak Canggung dari Psikologdok. Mondelez Indonesia

Masih terkait kesulitan membahasakan isi hati, Marchella juga melihat banyak orang sulit menemukan kata-kata yang tepat untuk disampaikan. Alhasil, mereka mencari kutipan, lirik lagu, atau kata-kata lain yang terlihat bagus. Padahal, belum tentu semua ini sesuai dengan hatimu.

"Kadang, kata sayang itu bisa terlalu cheesy. Kuncinya cari kata-kata yang nyaman buat dirimu sendiri. Harus sejujur dan senyaman mungkin supaya terlihat tulus, gak dibuat-buat," terangnya lagi.

Baca Juga: 5 Bentuk Kasih Sayang Orangtua yang Tak Mudah Didapat dari Orang Lain

4. Latih mengungkapkan kasih sayang agar terbiasa

5 Tips Mengungkapkan Kasih Sayang Supaya Gak Canggung dari Psikologdok. Mondelez Indonesia

Baik Saskhya dan Marchella setuju bahwa beberapa orang tak terbiasa secara budaya untuk mengungkapkan kasih sayang. Hal inilah yang semakin mempersulit mereka untuk mengutarakan isi hati.

Untuk itu, kita bisa melatih komunikasi kasih sayang kita agar terbiasa. "Komunikasi kasih sayang itu perlu dilatih berulang-ulang. Walau awalnya awkward, nanti lama-kelamaan juga bisa terbiasa," ungkap Saskhya.

5. Masih merasa susah? Yuk, ungkapkan isi hatimu dengan Cadbury!

5 Tips Mengungkapkan Kasih Sayang Supaya Gak Canggung dari Psikologdok. Mondelez Indonesia

Ingin mengungkapkan isi hati secara sederhana tapi bermakna? Cadbury mengajakmu untuk mengungkapkan kata-kata cinta yang tak terucap dengan Cadbury kemasan “Ungkapan Hati”. Kamu bisa menuliskan kata-kata sekaligus memberi cokelat untuk yang tersayang.

"Melalui kegiatan ini, Cadbury ingin mengajak masyarakat untuk memaknai pemberian dari hati, sekaligus berharap agar setiap orang tidak ragu untuk mengungkapkan perasaan kepada pasangannya sehingga keharmonisan dalam hubungan pun dapat terwujud, ” tutup Rachel, Head of Chocolate Mondelez Indonesia.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Kasih Sayang untuk Diri Sendiri, Itu Perlu!

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya