Comscore Tracker

5 Langkah Membangun Kepercayaan Diri Saat PDKT, Kamu Layak, Kok!

Kamu pasti bisa mendapatkannya

PDKT merupakan proses yang menentukan apakah kamu dan dia bisa menjadi sepasang kekasih atau tidak. Sebab biasanya pada tahap PDKT ini, kamu sudah bisa menilai kira-kira kalian cocok atau tidak kalau jadi pacar. Sebab proses ini sangat penting, tak heran banyak orang yang berlomba-lomba untuk menampilkan citra baik saat PDKT. 

Namun, banyak orang juga merasakan rendah diri saat melakukan pendekatan dengan seseorang. Bisa karena berbagai macam alasan, seperti bentuk fisik dan materi. Namun, sejatinya ada lima langkah membangun kepercayaan diri saat PDKT. Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Jangan anggap gebetan itu adalah manusia paling sempurna 

5 Langkah Membangun Kepercayaan Diri Saat PDKT, Kamu Layak, Kok!ilustrasi pasangan (pixabay.com/sucker4pain)

Memang saat ini di mata kamu, gebetan pasti merupakan sosok yang sempurna; rupawan, baik hati, dan tidak sombong. Padahal kamu belum mengenal kepribadiannya secara jelas. Namun, di matamu selalu saja gebetan yang paling sempurna. Hal ini kalau bisa jangan kamu terus lakukan. 

Makanya penting untuk mengetahui sikap dan karakter asli dari gebetan. Jangan mau hanya tahu sikapnya di permukaan saja. Sebab kamu akan menyesal karena telah merasa gak percaya diri karena menganggap dirimu tak sepadan dengannya. Padahal gebetanmu tak sesempurna itu, lho!

2. Berkarya dan menunjukkan hasilnya kepada gebetan 

5 Langkah Membangun Kepercayaan Diri Saat PDKT, Kamu Layak, Kok!ilustrasi pertemanan (pixabay.com/OmarMedinaFilms)

Jangan pernah merasa dirimu tidak memiliki sesuatu hal yang bisa dibanggakan. Sebab hal inilah yang bisa menjadi sarana untuk menaikkan rasa kepercayaan dirimu untuk PDKT sama gebetan. Pastinya tidak ada yang benci sama orang yang berbakat. Maka dari itu, asahlah bakatmu di bidang apa pun itu.

Misalnya kamu suka musik. Kuasailah beberapa jenis alat musik. Tunjukkan kepada gebetan keahlian dirimu itu. Jangan sungkan atau merasa kecil. Setiap bakat itu diberikan kepadamu untuk membuat dirimu semakin percaya diri di hadapan orang lain, termasuk gebetan.  

Baca Juga: 5 Hal yang Mungkin jadi Kekuranganmu saat PDKT, Berubah Yuk!

3. Buktikan kalau kamu bisa menghidupi diri sendiri

5 Langkah Membangun Kepercayaan Diri Saat PDKT, Kamu Layak, Kok!ilustrasi uang (unsplash.com/Christian Dubovan)

Di dalam hubungan yang sudah dewasa, pasti masalah finansial menjadi hal yang sangat penting dalam menjalin hubungan dengan seseorang. Dari proses PDKT saja, apa pekerjaanmu itu sangat dilihat oleh gebetan. Maka dari itu, jangan sia-siakan waktu sekolah dan bekerja. 

Jangan sampai orang menganggapmu tak akan mampu untuk berkencan lantaran masih minta uang dari orangtua. Tak perlu kaya raya, cukup buktikan bahwa dirimu punya pekerjaan yang bisa menghidupi diri dengan layak. 

4. Merawat diri sendiri

5 Langkah Membangun Kepercayaan Diri Saat PDKT, Kamu Layak, Kok!ilustrasi skincare cowok (unsplash.com/@stapal1)

Merawat diri ini luas cakupannya. Bisa memperbaiki postur tubuh bahkan sampai cara berpenampilan. Jangan katakan dirimu mencari yang apa adanya. Di awal hubungan saja, penampilan sudah jadi hal utama yang pasti dilihat. Apalagi kalau sudah berhubungan sekian lama. Kalau kamu abai sama penampilan, siapa yang akan melirik dirimu?

Jadi mulai sekarang perhatikan penampilan dirimu. Mulai dari pakaian yang rapi, menjaga kebersihan diri, serta tidak makan sembarangan. Ketahuilah cara orang berpenampilan itu menunjukkan tingkat kedewasaan orang tersebut. Sehingga, kalau tidak mau kelihatan kurang di mata gebetan, perbaiki penampilan dirimu. 

5. Jangan ragu untuk berinisiatif 

5 Langkah Membangun Kepercayaan Diri Saat PDKT, Kamu Layak, Kok!ilustrasi empati (pexels.com/SHVETS production)

Berinisiatiflah untuk menghubungi duluan. Jangan ragu untuk ngajak jalan duluan. Hal ini sekalian melatih rasa kepercayaan dirimu dalam PDKT. Awalnya memang pasti deg-degan sekali. Namn, kalau kamu terbiasa mengambil alih kontrol dalam hubungan, rasa percaya diri juga akan meningkat.

Kalau ditolak bagaimana? Lihat dulu alasannya. Bisa jadi karena dia memang berhalangan. Jangan buru-buru menganggap dia tak tertarik sama kamu. Melatih mental ini akan membuat dirimu percaya diri saat berhadapan dengan gebetan.

Kepercayaan diri itu mutlak diperlukan dalam setiap aspek hidup. Tak hanya berguna saat PDKT saja. Maka dari itu, penting dari awal untuk melatih rasa ini. Jangan sampai apa yang menjadi tujuanmu gagal hanya karena gak pede.

Baca Juga: 5 Alasan Sebagian Cowok Justru Tertarik PDKT dengan Cewek yang Cuek

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya