Comscore Tracker

10 Tanda Kamu Sudah Berhasil Menjalankan Healthy Relationship

Sudah siap untuk menjalani healthy relationship?

Menjalani hubungan dengan pasangan, tentu akan selalu diwarnai oleh dinamika suka dan duka. Salah satu harapan yang diinginkan oleh setiap pasangan adalah bisa menjalani hubungan yang sehat atau biasa dikenal dengan istilah healthy relationships. Ada sepuluh tanda sederhana yang bisa menjadi ciri kalau kamu dan pasangan kamu sudah berhasil menjalankan healthy relationships

1. Menghargai waktu masing-masing

10 Tanda Kamu Sudah Berhasil Menjalankan Healthy Relationshipthedailyjapan.com

Berpasangan, bukan berarti harus selalu menghabiskan waktu berdua. Hubungan yang sehat justru memberikan ruang yang banyak bagi kamu dan pasanganmu untuk mengembangkan diri, melakukan hobi, ataupun sekadar berkumpul dengan teman-temannya. Hubungan yang sehat, tidak akan pernah mengekang. Ia percaya pada pasangannya, oleh karena itu akan selalu menghargai waktu pribadi yang dimiliki pasangan.

2. Menerima kekurangan pasangan

10 Tanda Kamu Sudah Berhasil Menjalankan Healthy Relationshipasianwiki.com

Hubungan yang baik tidak pernah menuntut apa yang tidak bisa dipenuhi oleh pasangan. Salah satu kunci dalam menjalin hubungan adalah menerima. Saling terbuka dan menerima kekurangan satu sama lain adalah langkah awal dari berjalannya hubungan yang sehat. 

3. Mengapresiasi hal kecil apa pun yang dilakukan oleh pasangan

10 Tanda Kamu Sudah Berhasil Menjalankan Healthy RelationshipPinterest

Semua orang selalu ingin dihargai atas apa yang telah mereka lakukan, termasuk dengan pasangan. Hubungan yang sehat selalu membawa pasangan untuk saling mengapresiasi hal kecil apa pun yang dilakukan oleh pasangan. Apresiasi ini dapat berupa kata-kata pujian, kagum, ataupun sekadar ucapan terima kasih. Sekecil apa pun itu, mengapresiasi pasangan akan membuat hubungan menjadi lebih positif dan menyenangkan.

4. Sama-sama terbuka untuk mengalami perubahan

10 Tanda Kamu Sudah Berhasil Menjalankan Healthy Relationshipmovieweb

Dalam hal ini, kamu dan pasangan berusaha untuk sama-sama menjadi orang yang lebih baik. Kalian saling mengingatkan dengan cara yang positif serta dengan pikiran terbuka. Jika terjadi perubahan dalam proses hubungan pun, kamu dan pasangan akan menghadapinya dengan sikap dewasa dan kepala dingin. 

5. Saling mendukung

10 Tanda Kamu Sudah Berhasil Menjalankan Healthy RelationshipPinterest

Mendorong, memotivasi, menjadi seorang support system yang selalu siap menopang pasangan ketika jatuh dan mendorongnya agar mampu mengeluarkan seluruh potensi luar biasa yang dimiliki pasangan.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Dihindari Saat Mengetahui Pasangan Berselingkuh 

6. Tidak mencoba mengendalikan pasangan

10 Tanda Kamu Sudah Berhasil Menjalankan Healthy RelationshipNetflix.com

Hubungan yang sehat, bukan tentang mengendalikan atau mengatur pasangan kamu, melainkan bagaimana kamu dan pasangan sama-sama berusaha untuk menjadi seseorang yang lebih baik, yang bisa saling memahami satu sama lain, bukan merasa tahu yang baik untuk pasangan sehingga memaksa mereka untuk menjadi apa yang kamu inginkan. 

7. Menjalin komunikasi

10 Tanda Kamu Sudah Berhasil Menjalankan Healthy Relationshipbrad.erva-doce.info

Komunikasi adalah pilar penting dalam setiap hubungan, termasuk hubungan dengan pasangan. Daripada menunggu pasangan kamu peka, lebih baik kamu sampaikan apa yang kamu rasakan dan inginkan. Hubungan yang tidak berhasil, biasanya berawal dari komunikasi yang tersendat.

8. Saling percaya

10 Tanda Kamu Sudah Berhasil Menjalankan Healthy Relationshiphttp://eunikenny.blogspot.com

Selain diperlukan komunikasi yang baik, hubungan yang sehat juga memerlukan rasa percaya antara satu sama lain. Kamu dan pasangan harus sama-sama berkomitmen untuk selalu jujur, terbuka, dan memberi kepercayaan satu sama lain. Tanpa adanya rasa percaya, kamu dan pasanganmu hanya akan membangun hubungan di atas fondasi yang lemah; mudah goyang dan rentan hancur.

9. Menjadi diri sendiri

10 Tanda Kamu Sudah Berhasil Menjalankan Healthy Relationshipwww.scmp.com

Kamu dan pasangan tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain, termasuk menjadi orang yang pasanganmu inginkan. Hal ini dikarenakan kamu dan pasanganmu sama-sama sadar pentingnya menerima kekurangan dan kelebihan pasangan. Maka dari itu, kamu dan pasanganmu tidak takut untuk menunjukkan seperti apa dirimu yang apa adanya. 

10. Meminta maaf dan memaafkan

10 Tanda Kamu Sudah Berhasil Menjalankan Healthy Relationshipwww.akibanation.com

Terkadang, kita sering dibutakan oleh ego kepada pasangan sehingga enggan untuk meminta maaf sekalipun kita tahu kalau kita lah yang salah. Padahal, hubungan yang sehat justru sangat menghargai kata 'maaf'. Maaf mengindikasikan bahwa kamu menghargai pasangan kamu, dan berniat untuk memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk meminta maaf ataupun memaafkan ketika kamu atau pasangan kamu melakukan kesalahan, ya!

Menciptakan hubungan yang sehat memang tidak mudah. Butuh kedewasaan, komitmen, tanggung jawab, dan respect satu sama lain untuk bisa menciptakan healthy relationships antara kamu dan pasangan. Namun, kamu gak perlu khawatir. Pada prinsipnya, healthy relationships itu adalah sebuah proses. Jadi nikmatilah prosesnya, dan terus sayangi pasangan kamu, ya!

Baca Juga: Ini 6 Tanda Nyata Ketika Pasangan Benar-Benar Memprioritaskan Kalian

Mia Rahmawati Photo Writer Mia Rahmawati

Loving, Caring, Thinking

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya