Comscore Tracker

8 Tips Sukses LDR ala Drakor Twenty-Five Twenty-One, Komunikasi Jujur!

Harus saling terbuka dan jujur

Twenty-Five Twenty-One menceritakan sebuah kilas balik dari karakter utama, Na Hee-do, akan perjalanan cinta pertama, pertemanan sejati, hingga perjuangan meraih mimpi jadi atlet anggar. Cinta pertamanya, Baek Yi-Jin, juga mengalami masalah hidup dan harus berjuang untuk menata hidup kembali setelah keluarganya bangkrut. Mereka berdua jatuh cinta dan harus menderita karena harus menjalin hubungan jarak jauh atau LDR.

Untuk beberapa pasangan, LDR (long distance relationship) gak selalu berjalan baik, bahkan banyak yang kandas di tengah jalan karena mereka merasa bahwa LDR sama saja dengan hubungan biasa. Di mana, mereka gak perlu berusaha lebih keras, terlebih dalam hal komunikasi.

Sayangnya, kurang komunikasi mengakibatkan kesalahpahaman, pertengkaran, dan perdebatan yang mengarah pada berkurangnya koneksi secara fisik maupun emosional. Violet Lim, Mak Comblang Professional dan CEO dari Lunch Actually, dating agency pertama dan terbesar di Asia, memberi beberapa tips sukses LDR ala Drakor Twenty-Five Twenty-One.

1. Miliki rasa percaya

8 Tips Sukses LDR ala Drakor Twenty-Five Twenty-One, Komunikasi Jujur!ilustrasi pasangan LDR (pexels.com/@alex-green)

Memiliki rasa percaya sepenuhnya terhadap pasangan adalah poin paling utama dalam LDR. Sebab, tanpa rasa percaya, mustahil pasangan bisa melewati berbagai fase dalam hubungannya dengan mulus, terlebih jika LDR.

Memiliki hubungan jarak jauh berarti kamu jauh dengan pasangan secara fisik. Gak jarang itu menyebabkanmu takut berpisah, diselingkuhi pasangan, dan sebagainya. Tanpa rasa percaya, kamu akan jauh dengan pasangan secara mental juga karena itu menyebabkan rasa cemburu yang berlebihan, rasa curiga, dan ragu.

2. Menempatkan porsi yang sesuai dalam hubungan

8 Tips Sukses LDR ala Drakor Twenty-Five Twenty-One, Komunikasi Jujur!ilustrasi perempuan melakukan panggilan video (pexels.com/Yan Krukov)

Untuk beberapa alasan, akan ada kompensasi yang berlebihan ketika memiliki hubungan jarak jauh. Terutama di awal hubungan, kamu ingin terus-menerus berkomunikasi dengannya. Jika tidak, kamu akan merasa hubungan kalian sudah kehilangan keintiman.

Tapi pada saat yang sama, hanya karena memiliki hubungan LDR, kamu tidak dapat saling tergantung satu sama lain secara terus-menerus dan berharap dirinya selalu ada. Kamu perlu memiliki kesibukan sendiri, seperti meluangkan waktu untuk bertemu teman-teman.

3. Memiliki komunikasi yang terbuka dan jujur

8 Tips Sukses LDR ala Drakor Twenty-Five Twenty-One, Komunikasi Jujur!Cuplikan drama Twenty-FIve Twenty-One (instagram.com/netflixid)

Memiliki komunikasi yang terbuka dan jujur akan semakin memperkuat kepercayaan satu sama lain. Hal ini bahkan sangat penting dan tidak boleh diabaikan.

Tidak peduli bagaimana perasaan yang sedang kamu rasakan, pasangan kamu gak perlu menebak atau membuat asumsi sendiri terhadap apa yang sedang kamu pikirkan. Hal ini sangat penting untuk mencegah kecemburuan atau kesalahpahaman.

4. Ketahui apa tujuan akhir dari hubungan tersebut

8 Tips Sukses LDR ala Drakor Twenty-Five Twenty-One, Komunikasi Jujur!ilustrasi pasangan (pixabay.com/pixel2013)

"Mau dibawa ke mana arah hubungan kita?" Ini mungkin pertanyaan paling menakutkan dalam sebuah hubungan.

LDR membutuhkan banyak kesabaran dan pengorbanan sehingga hubunganmu terbilang berbeda, terutama dalam hal komitmen ke arah yang lebih serius. Maka dari itu, penting untuk memastikan terlebih dahulu arah hubungan kalian sebelum memulai LDR.

Harus ada tujuan akhir karena LDR tidak bisa terjadi untuk selamanya. Apakah kamu tahu siapa di antara kamu yang akan memutuskan untuk mengalah?

Atau, apakah kalian akan pindah ke tempat yang sama setelah rentang waktu tertentu? Lakukan pembahasan ini di awal secara terbuka dan jujur.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dihindari saat Sedang LDR dengan Pasangan, Ingat!

5. Berusaha lebih banyak atau mengelola waktu

8 Tips Sukses LDR ala Drakor Twenty-Five Twenty-One, Komunikasi Jujur!Cuplikan drama Twenty-Five Twenty One (instagram.com/netflixid)

Sangat penting untuk mengosongkan jadwal dan menyesuaikan waktu untuk deep talk bersama pasangan. Gunakan waktu tersebut untuk membahas bagaimana keseharianmu. Tanyakan juga tentang hari mereka dan hal lain terkait kamu, dia, serta hubungan kalian.

Kamu juga bisa untuk menjadwalkan kencan melalui telepon setiap malam, sebelum kamu tidur. Kirim juga pesan di pagi hari untuk menyemangati pasangan kamu dan membuat harinya berwarna.

Kamu juga dapat mengirim hadiah manis atau hadiah kecil untuk memberi tahu pasangan bahwa meskipun kalian berpisah, kamu masih tetap memikirkannya. Dengan begitu, hubungan kalian akan tetap berjalan solid.

6. Kendalikan rasa cemburu kamu

8 Tips Sukses LDR ala Drakor Twenty-Five Twenty-One, Komunikasi Jujur!cuplikan drama Twenty-Five Twenty-One (instagram.com/netflixid)

Ketika kamu memikirkan pasangan, rasa cemburu bisa dikatakan sehat dalam suatu hubungan. Ini menunjukkan bahwa kamu peduli dan takut kehilangan pasangan.

Namun, itu bisa berubah jadi hal buruk dalam waktu singkat jika kamu gak dapat mengendalikan emosi. Ketika sedang menjalin hubungan jarak jauh, kamu perlu memahami dan menerima bahwa pasanganmu memiliki kehidupan dan rutinitasnya sendiri, bahkan sebelum kamu bersamanya.

Meminta mereka untuk mengubah keadaan karena rasa insecure, tampak sedikit tidak adil. Di sini, kamu tidak harus pura-pura untuk terlihat baik-baik saja dengan semua yang dia lakukan.

Alih-alih cemburu dan menciptakan hubungan toxic dalam hubungan yang sudah berjalan, sebaiknya diskusikanlah batasan tentang apa yang bisa diterima dan gak boleh satu sama lain saat kalian berdua sedang berjauhan.

7. Maksimalkan perkembangan teknologi dan jadilah kreatif

8 Tips Sukses LDR ala Drakor Twenty-Five Twenty-One, Komunikasi Jujur!ilustrasi menelepon pasangan (pexels.com/Chevanon Photograph)

Ada banyak aplikasi penunjang yang interaktif saat ini. Aplikasi tersebut dapat membantu pasangan untuk berinteraksi satu sama lain secara virtual seperti menonton reality show atau sinetron bersama-sama dan Houseparty (panggilan video dan bermain game pada saat yang sama).

Kamu juga bisa ajak pasangan jalan-jalan virtual bersama, seperti tur museum virtual, Disneyland virtual, dan bermain game online bersama. Agar lebih romantis, kamu dapat mengiriminya bunga atau makanan favorit atau mungkin mengirimkan hadiah kecil.

8. Jangan biarkan suara di kepalamu menguasai dirimu

8 Tips Sukses LDR ala Drakor Twenty-Five Twenty-One, Komunikasi Jujur!Ilustrasi setia dengan pasangan (unsplash/ Radu Florin)

Sebanyak apa pun kita mencintai teman dan keluarga kita, mereka akan menjadi orang pertama yang memberi tahu kita bahwa LDR adalah ide yang buruk. Ini karena mereka mencintaimu dan ingin melindungimu.

Jangan salah paham! Dengarkan apa yang mereka katakan, tapi pada akhirnya keputusan harus ada di tanganmu. Ingat saja bahwa gak ada orang lain yang memahami segala cerita tentang hubungan antara kamu dan pasangan.

Jadi, jika jarak adalah satu-satunya hal yang salah dalam hubungan kalian dan kamu jadi meragukan hubungan tersebut, mungkin terlalu banyak suara dari luar yang ada di kepala kamu. Hubungan bukanlah sebuah pekerjaan, tetapi hubungan juga butuh kerja keras.

Hubungan jarak jauh memang sulit sebab berada jauh dari orang yang dicintai, bukanlah situasi yang ideal bagi semua orang. Cinta itu memang penting, tapi sekadar cinta saja tidak cukup karena banyak hal yang lebih penting dari cinta sendiri. Semoga tips di atas bisa membantumu agar sukses menjalani LDR, ya!

Baca Juga: 5 Cara Jaga Hubungan LDR Tetap Sehat, Saling Terbuka meski Berjauhan

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya