Comscore Tracker

5 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan Saat Merasa Bosan dalam Hubungan

#IDNTimesLife Bosan wajar, tapi jangan salah menyikapinya

Dalam menjalin hubungan asmara, kamu pasti sadar bahwa terkadang kita bisa merasa bosan. Biasanya hal itu terjadi dalam hubungan yang sudah lama, meski terkadang hubungan yang baru sebentar pun bisa diterpa kebosanan. Mungkin kamu sendiri sudah pernah merasakan hal itu dalam hubunganmu.

Merasa bosan dalam hubungan adalah hal yang wajar dan tidak salah. Yang penting, kita menyikapi kebosanan itu dengan cara yang tepat supaya tidak merugikan diri sendiri maupun pasangan. Maka saat merasa bosan, yang perlu kita lakukan adalah berusaha menghilangkan kebosanan itu, sambil menghindari melakukan 5 hal yang salah ini.

1. Mencari pelarian ke orang lain

5 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan Saat Merasa Bosan dalam Hubunganilustrasi orang mencari pelarian ke orang lain (pexels.com/khoa vo)

Pertama, tentu kamu harus menghindari mencari pelarian ke orang lain. Alasannya jelas, karena kamu harus tetap setia pada pasangan. Meskipun mungkin kamu tak punya niat selingkuh dan hanya ingin mengilangkan kebosanan, hal itu tetap tidak boleh dilakukan.

Hati manusia sulit ditebak. Salah-salah, bisa jadi akhirnya kamu malah jadi terlibat perasaan dengan orang tersebut. Dan kalaupun itu tidak terjadi, hubunganmu dengan pasangan tetap bisa rusak. So, jangan coba-coba menghilangkan rasa bosan dengan mencari pelarian ke orang lain.

2. Menyalahkan pasangan

5 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan Saat Merasa Bosan dalam Hubunganilustrasi pasangan berdebat (pexels.com/vera arsic)

Jangan pula menyalahkan pasangan atas kebosanan yang kamu rasakan. Seperti disebut tadi, kebosanan dalam hubungan adalah hal yang wajar terjadi. Maka kebosanan yang kamu rasakan sama sekali bukan salah pasanganmu.

Memang, ada beberapa orang yang kepribadiannya terbilang "gak asik" atau monoton sehingga bisa membuat kita bosan. Tapi sebenarnya seperti apapun kepribadian pasangan, kamu tetap bisa bosan. Itu membuktikan bahwa kebosanan tidak bergantung pada kepribadian pasangan, maka itu bukan salah pasanganmu.

Baca Juga: 5 Sebab Terlalu Mesra pada Pasangan Juga Bisa Bikin Bosan

3. Mencari masalah dengan pasangan

5 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan Saat Merasa Bosan dalam Hubunganilustrasi orang mencari masalah dengan pasangan (pexels.com/budgeron bach)

Konon, hubungan yang tak pernah diterpa masalah akan terasa hambar bagai sayur tanpa garam. Hal itu ada benarnya, karena hubungan memang bisa terasa membosankan kalau terlalu datar tanpa konflik. Tapi itu tentu gak berarti kamu boleh cari-cari masalah dengan pasangan hanya supaya hubunganmu terasa lebih seru.

Seperti dibahas tadi, kebosananmu bukan salah pasanganmu. Maka tentu gak adil kalau kamu malah mencari-cari masalah dengannya hanya karena bosan. Lagipula, sikap seperti itu sangat kekanak-kanakan. Seraya kamu semakin dewasa, kamu juga harus menyikapi hubungan dengan lebih dewasa.

4. Menghilang tanpa kabar

5 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan Saat Merasa Bosan dalam Hubunganilustrasi orang menunggu kabar dari pasangan (pexels.com/sunyu kim)

Kadang, salah satu faktor yang bisa menyebabkan kebosanan adalah frekuensi interaksi yang terlalu sering. Misalnya terlalu sering chat, terlalu sering bertemu, dan sebagainya. Kalau itu yang terjadi, gak ada salahnya untuk sedikit mengurangi interaksi. Itu juga bisa membuatmu dan pasangan mendapat lebih banyak ruang untuk melakukan hal lain.

Tapi tentu hal itu harus kamu bahas dulu dengan pasangan. Jangan tiba-tiba menjaga jarak, apalagi menghilang tanpa kabar. Hal itu bisa membuat pasanganmu bingung dan merasa tidak dianggap. Kalau kamu mengkomunikasikan pada pasanganmu dengan baik, pasti ia bisa memahaminya.

5. Memutuskan hubungan

5 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan Saat Merasa Bosan dalam Hubunganilustrasi orang memutuskan hubungan (pexels.com/keira burton)

Last but not least, tentu kamu gak boleh memutuskan hubungan hanya karena bosan. Hal itu menunjukkan bahwa kamu sangat gak menghargai komitmen, serta gak menghargai perasaan orang lain. Kalau situasinya dibalik, dan kamu yang diputuskan oleh pasangan hanya karena ia bosan, pasti kamu akan sedih dan marah, bukan?

Lagipula, kalau kamu memutuskan hubungan hanya karena bosan, maka sampai kapanpun kamu gak akan bisa menikmati hubungan yang langgeng. Dalam setiap hubungan, kebosanan pasti akan muncul cepat atau lambat. Kalau setiap bosan kamu memutuskan hubungan, maka hubunganmu pasti akan kandas terus. Kamu gak mau kan itu terjadi?

Kebosanan dalam hubungan adalah hal yang wajar. Saat itu terjadi, berusahalah untuk menghilangkan kebosanan itu, bukan malah melakukan 5 kesalahan di atas. Kalau kamu sabar dan berusaha, pasti kebosanan itu akan hilang dan kamu bisa menikmati lagi hubungan yang seru dan menyenangkan.

Baca Juga: Tanpa Harus Ghosting, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan dengan Gebetan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya