Comscore Tracker

Untuk Cewek, Ini 7 Tips Menata dan Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Cewek wajib tahu!

Kebanyakan wanita paling senang menata rambutnya untuk terlihat modis dan cantik. 

Namun selain menata rambut untuk membuat tampilan wajahmu menjadi semakin cantik, kamu juga perlu merawat kesehatan rambutmu. Kamu perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi pada rambut apalagi jika rambutmu sering bertemu dengan alat - alat hairstyling atau colouring yang dapat merusak rambut. 

Berikut ini tips dalam menata serta merawat rambut agar tetap sehat sekalipun sering bersentuhan dengan hairstyling suhu tinggi.

1. Sesuaikan gaya rambut dengan bentuk wajah

Untuk Cewek, Ini 7 Tips Menata dan Merawat Rambut Agar Tetap SehatPexels.com / Anastasiya Lobanovskaya

Gaya rambut yang menyempurnakan bentuk wajah membuat aura kecantikanmu semakin terpancar. Contohnya, bila wajahmu berbentuk bulat maka gaya rambut yang cocok adalah model long straight hair (lurus panjang) atau bila wajahmu berbentuk hati (lebar di bagian dahi, garis rahang tidak terlalu menonjol sementara dagu yang tajam) maka gaya rambut yang cocok adalah shaggy panjang atau rambut panjang berlayer. 

Bila kamu memilih gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajahmu, maka sebenarnya kamu tidak perlu lagi menggunakan peralatan hairstyling karena rambutmu sudah menyempurnakan bentuk wajah dan pas sehingga rambutmu bisa tetap sehat.

2. Keramaslah setiap 2 hari sekali

Untuk Cewek, Ini 7 Tips Menata dan Merawat Rambut Agar Tetap SehatPexels.com / Leah kelley

Keramas atau menggunakan shampo yang baik yaitu 2 hari sampai 3 hari sekali. 

Jika kamu berpikir keramas setiap hari dapat menjaga kebersihan rambut, kamu salah. Keramas setiap hari dapat mengurangi kandungan minyak alami pada rambut dan membuat rambutmu menjadi sangat kering. 

Rambut yang kering membuatnya sangat mudah rapuh, sehingga patah atau rontok. Jadi keramaslah secukupnya ya girls, agar rambutmu tetap sehat.

3. Gunakan kondisioner sehabis keramas

Untuk Cewek, Ini 7 Tips Menata dan Merawat Rambut Agar Tetap SehatPexels.com / Bennie Lukas Bester

Peran kondisioner begitu baik untuk kesehatan rambut lho girls! Kondisioner mampu menggantikan minyak alami pada rambut yang berkurang karena keramas tadi. 

Selain menggantikan minyak alami, kondisioner juga berperan sebagai pelembab kulit kepala, pencegah kerusakan rambut akibat sinar matahari serta menjaga elastisitas rambutmu. 

Wah banyak ya manfaat dari kondisioner untuk rambut? Setelah tahu manfaatnya, kamu harus rajin menggunakan kondisioner ya!

Baca Juga: Jadi Gaya Rambut Andalan, 7 Alasan Meghan Markle Idolakan Low Bun

4. Perhatikan kebutuhan nutrisi rambut

Untuk Cewek, Ini 7 Tips Menata dan Merawat Rambut Agar Tetap SehatPexels.com / Element5 Digital

Selain memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk tubuh, kamu juga perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk rambutmu. Rambut juga membutuhkan nutrisi untuk tetap kuat dan sehat. 

Nah, nutrisi untuk rambut dapat kamu peroleh dari toner rambut, vitamin rambut serta masker untuk rambut. 

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambutmu, kamu harus rutin menggunakan toner rambut, vitamin serta masker untuk rambut apalagi jika rambutmu sering bersentuhan dengan peralatan hairstyling dengan suhu tinggi. 

Jika kamu sering melakukan penataan rambut dengan suhu tinggi, gunakan vitamin serta masker rambut yang mengandung keratin untuk memperbaiki partikel - partikel rambut yang rusak.

5. Potong ujung - ujung rambut jika rusak

Untuk Cewek, Ini 7 Tips Menata dan Merawat Rambut Agar Tetap SehatPixabay.com / Kaleido-dp

Selain memperhatikan nutrisi untuk rambut, kamu juga harus memperhatikan kesehatan rambutmu. 

Bila ada rambut - rambut yang rusak (biasanya di ujung rambut), kamu harus segera memotongnya agar rambut yang tumbuh tidak bercabang, semakin tipis atau mudah rapuh. 

Rajin memotong ujung rambut yang rusak akan membuat pertumbuhan rambut yang sehat. Bila ujung rambut yang rusak dibiarkan, hal itu dapat menghambat pertumbuhan rambut. Jadi, rajin - rajinlah memperhatikan bagaimana kondisi rambutmu.

6. Jangan melakukan penataan rambut dengan suhu tinggi pada saat rambut basah

Untuk Cewek, Ini 7 Tips Menata dan Merawat Rambut Agar Tetap SehatPexels.com / Gratisography

Ketika rambut masih basah, jangan gunakan hairstyling dengan suhu tinggi pada rambutmu. Biarkan rambutmu kering dengan sendirinya untuk menjaga minyak alami pada rambutmu yang baru saja berkurang karena keramas.

7. Gunakan vitamin sebelum dan sesudah mencatok rambut

Untuk Cewek, Ini 7 Tips Menata dan Merawat Rambut Agar Tetap SehatPixabay.com / Stevepb

Sebelum mencatok, kamu perlu menggunakan vitamin atau spray pelindung rambut untuk menjaga rambutmu dari suhu yang tinggi. Dan setelah mencatok rambut, gunakan kembali vitamin rambut untuk menutrisi kembali rambut yang terkena panas dari catokan sebelumnya.

Itu dia tips menata dan merawat rambut agar rambut tetap sehat. Kamu tidak perlu takut rambutmu rusak ketika mencatok atau memblow rambut lagi, sebab kamu juga memperhatikan kebutuhan nutrisi dan vitamin untuk rambutmu. 

Namun sebagai catatan, agar rambutmu tetap sehat kamu juga perlu memperhatikan frekuensi melakukan hairstyling dengan suhu tinggi. Lebih baik kamu mencatok rambut maksimal 3x dalam satu minggu. 

Jadi, rambutmu juga perlu beristirahat dan menyerap banyak nutrisi juga agar tetap sehat.

Baca Juga: 10 Inspirasi Gaya Rambut Cewek dalam Film 90an, Kece nan Klasik!

Cahya Dianing Photo Verified Writer Cahya Dianing

Hi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya