Comscore Tracker

Girls, 5 Mitos tentang Menstruasi yang Ternyata Salah Lho

Katanya gak boleh makan nanas selama mens, hmm...

Menstruasi merupakan hal yang pasti dialami setiap perempuan. Namun, ternyata ada mitos yang berkembang di masyarakat tentang menstruasi ini lho. Apa saja ya mitosnya?

1. Tidak boleh minum soda

Girls, 5 Mitos tentang Menstruasi yang Ternyata Salah LhoUnsplash.com/rawpixel

Ada yang bilang jika sedang menstruasi kamu tidak boleh minum minuman bersoda. Karena akan menyebabkan darah yang keluar semakin banyak. Faktanya minuman bersoda tidak mempengaruhi menstruasimu lho. Karena soda yang kamu minum salurannya akan menuju ke usus dan lambung, sementara menstruasi terjadi di rahim.

Namun, walaupun sedang tidak menstruasi, ada baiknya kamu menghindari minuman bersoda. Karena minuman bersoda banyak mengandung gula dan tidak baik bagi kesehatan tubuh.

2. Gak boleh makan nanas

Girls, 5 Mitos tentang Menstruasi yang Ternyata Salah LhoUnsplash.com/Brooke Lark

Pernah dengar jika makan nanas saat menstruasi dapat menyebabkan nyeri? Sebenarnya itu hanya mitos ya girls. Nanas malah baik dikonsumsi saat menstruasi karena mengandung vitamin C.

Baca Juga: Tenang, Ini 5 Cara Benar untuk Mengatasi Haidmu yang Gak Teratur

3. Jangan berolahraga

Girls, 5 Mitos tentang Menstruasi yang Ternyata Salah LhoDrweil.com

Ini juga mitos nih girls. Olahraga saat mens tidak menyebabkan darah yang keluar lebih banyak. Malahan kamu disarankan untuk berolahraga lho. Namun, pilihlah olahraga ringan sehingga dapat membantu sirkulasi darah di sekitar rahim. Contoh olahraga yang bisa kamu pilih seperti jalan santai, yoga, dan lain-lain.

4. Tidak boleh minum-minuman dingin

Girls, 5 Mitos tentang Menstruasi yang Ternyata Salah LhoUnsplash.com/Daoudi Aissa

Mitosnya, minum es saat mens dapat memperlambat menstruasi itu sendiri. Namun, sebenarnya kedua hal ini tidak berkaitan. Menstruasi terkait dengan sistem reproduksi. Sementara minuman terkait dengan proses pencernaan.

5. Tidak boleh keramas

Girls, 5 Mitos tentang Menstruasi yang Ternyata Salah LhoUnsplash.com/Element5 Digital

Keramas sebaiknya dilakukan sekali dalam dua hari. Dan coba kamu bayangkan bagaimana keadaan kepala dan rambutmu jika tidak dikeramas selama 7 hari? Tentunya sangat gatal, tidak nyaman dan pastimya akan muncul ketombe. Jika ada yang mengatakan hal seperti ini sebaiknya jangan kamu dengarkan ya

Itu dia mitos seputar menstruasi. Sebagai perempuan cerdas ada baiknya kamu cek dulu kebenaran informasinya ya.

Baca Juga: 7 Penyebab Munculnya Gejala PMS tapi Tidak Kunjung Menstruasi

Iftitah Ramadhani Photo Verified Writer Iftitah Ramadhani

let's make a great work!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya