Comscore Tracker

5 Jenis Pakaian yang Jadi Tren Fashion Selama Pandemik, Wajib Tahu!

#IDNTimesLife Ada loungewear!

Pandemik yang berakhir hingga kini memaksa sejumlah brand fashion untuk terus memutar otak demi mempertahankan usahanya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengikuti tren fashion yang marak diminati masyarakat selama pandemik.

Dari diskusi ringan bersama Indah Wahyu Wardani (Founder Ederra), Franka Soeria (Co-Founder #Markamarie & CEO Marka The Fashion Accelerator), dan Deri Slyrova (Lead Sales & Marketing Fashion Category Tokopedia), dalam Virtual Press Conference Ederra and the Innovations Through Pandemic yang diselenggarakan pada Kamis (19/08/2021) diketahui ada beberapa jenis pakaian yang jadi tren fashion selama pandemik. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini! apa saja itu?

1. Kaos polos

5 Jenis Pakaian yang Jadi Tren Fashion Selama Pandemik, Wajib Tahu!Ilustrasi kaos polos (unsplash.com/Mnz)

Deri Slyrova selaku Lead Sales & Marketing Fashion Category Tokopedia, mengatakan bila tren fashion yang paling diminati masyarakat dilihat dari data penjualan di marketplace mengarah pada pakaian yang menitik beratkan pada kenyamanan. Salah satu jenis pakaian tersebut adalah kaos polos.

"Data yang kita lihat diburu di Tokopedia adalah yang lebih ke arah functional dan menitik beratkan pada kenyamanan. Karena gak bisa jalan-jalan, jadi memang banyak orang yang mencari pakaian yang nyaman dan ready to wear, seperti setelan kaos polos," terangnya.

2. Celana pendek

5 Jenis Pakaian yang Jadi Tren Fashion Selama Pandemik, Wajib Tahu!Ilustrasi perempuan dengan celana pendek (pexels.com/Thirdman)

Gak hanya kaos polos, Deri juga menuturkan bila celana pendek turut menjadi salah satu item fashion yang paling banyak diminati masyarakat. Alasannya pun sama, yakni karena kegiatan masyarakat banyak dilakukan di dalam rumah sehingga lebih banyak yang mencari dari segi kenyamanan.

"Style dan jenis produk lain yang laku di pasaran adalah celana pendek. Hal ini berdasarkan pada produk yang sesuai dengan kebutuhan customer di masa pandemik sekarang," ujarnya.

3. Loungewear

5 Jenis Pakaian yang Jadi Tren Fashion Selama Pandemik, Wajib Tahu!Ilustrasi perempuan memakai loungewear (pexels.com/Thirdman)

Sebagai seorang Fashion Expert, Franka Soeria selaku Co-Founder #Markamarie & CEO Marka The Fashion Accelerator yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan jika fashion saat ini sudah lebih mengarah ke fungsi. "Dari banyaknya fashion market secara virtual kebanyakan yang aku lihat dari segi fungsi. Fashion is function," katanya.

Dalam penjelasan tersebut, Franka juga menuturkan bila salah satu jenis pakaian yang tren adalah loungewear. Hanya saja, trennya sedikit berubah ke arah one tone.

"Karena lebih banyak di rumah, baju-baju berjenis loungewear sepertinya masih akan menjadi tren saat ini. Tapi kalau kemarin tren loungewear berupa piama yang colorful, sekarang lebih ke arah one tone," jelasnya.

Baca Juga: 5 Tips Belanja Pakaian Bekas Online, biar Gak Kena Tipu!

4. Modest ready to wear

5 Jenis Pakaian yang Jadi Tren Fashion Selama Pandemik, Wajib Tahu!Koleksi Brand Modest Ready to Wear, Ederra (dok. Ederra)

Berkonsep versatile dan mix n match friendly, modest ready to wear menjadi jenis pakaian selanjutnya yang cukup diminati masyarakat. Hal ini seperti yang disampaikan Franka sebelumnya bahwa fashion di tengah pandemik lebih mengarah ke fungsi, bukan style.

Salah satu brand modest ready to wear yang bisa kamu coba adalah Ederra, yang menawarkan koleksi berdesain versatile dan everlasting. Gak hanya itu, outfit dari Ederra juga menawarkan rasa nyaman dan ramah budget sehingga kamu bisa tampil elegan tanpa harus menguras isi dompet.

"Baju Ederra cocok dipakai untuk ke Supermarket, mengantarkan anak, hingga ke acara resmi. Buat para Wanita yang dinamis, baju Ederra adalah solusi, tidak terlalu kasual dan tidak terlalu formal- harga pun begitu affordable," ungkap Indah Wahyu Wardani, founder Ederra. 

Brand asal Jogja ini juga baru saja membuka toko terbaru di Jakarta, tepatnya di Mall FX. Namun karena pandemik melanda, pembukaan toko terpaksa mengalami penundaan berkali-kali dan memaksa Indah untuk memutar otak sehingga meluncurkan virtual store inovatif yang bisa kamu kunjungi di www.ederra.id.

5. Sustainable fashion

5 Jenis Pakaian yang Jadi Tren Fashion Selama Pandemik, Wajib Tahu!Ilustrasi fashion (pexels.com/Ron Lach)

Konsep sustainable fashion kini mulai kembali marak digaungkan oleh para pelaku fashion. Gak hanya dari sisi pengusaha, ada cukup banyak orang pula yang tertarik dengan konsep pakaian ramah lingkungan ini.

Oleh karena itu, gak heran bila sustainable fashion menjadi salah satu jenis pakaian yang tren selama pandemik. "Tren sustainable fashion juga hangat diperbincangkan. Dengan warna playful yang mulai muncul karena mungkin masyarakat mulai merasa bosan dan ingin terlihat senang dengan playful color," pungkas Franka.

Itu dia beberapa jenis pakaian yang menjadi tren fashion selama pandemik menurut para pelaku fashion dalam acara Virtual Press Conference Ederra and the Innovations Through Pandemic. Di antara kelima jenis pakaian di atas, mana nih yang pernah kamu pakai selama pandemik?

Baca Juga: 6 Kesalahan Umum yang Seharusnya Dihindari Saat Mencuci Pakaian

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya