Comscore Tracker

5 Self Care untuk Ibu Menyusui, Sempatkan Me Time, Moms

Jangan lupa rawat diri juga, ya, Moms

Seorang ibu tentunya ingin memberikan yang terbaik kepada sang buah hati. Segala kebutuhan si kecil harus terpenuhi agar tumbuh kembangnya berjalan optimal. Termasuk soal pemberian air susu ibu atau ASI. 

Namun, selain memerhatikan anak, jangan lupa terapkan self care untuk ibu menyusui, ya. Apalagi kalau masa menyusui bukanlah hal yang mudah. Beberapa drama menyusui pasti bikin Moms stres dan frustasi. 

Jika iya, coba terapkan self care untuk ibu menyusui berikut ini, ya, Moms. Agar suasana hati ibu terjaga dan si kecil bisa tumbuh sempurna.

1. Memiliki peralatan yang mendukung proses menyusui

5 Self Care untuk Ibu Menyusui, Sempatkan Me Time, Momsilustrasi ibu menyusui (freepik.com/freepik)

Aktivitas menyusui bisa menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu. Tak jarang, sebagian ibu mengalami beberapa permasalahan seperti sakit badan akibat postur menyusui yang tidak tepat. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan 'alat tempur' seperti bantal menyusui yang membantu ibu menyusui si kecil dengan nyaman. 

Tak tanggung-tanggung, penggunaan bantal menyusui diketahui dapat mengurangi rasa tidak nyaman saat menyusui sehingga mampu mengoptimalkan produksi ASI pada ibu. Ini dijelaskan melalui sebuah studi yang terbit dalam jurnal Pediatrics Report pada 2020.

2. Tergabung dengan kelompok ibu menyusui

5 Self Care untuk Ibu Menyusui, Sempatkan Me Time, Momsilustrasi perkumpulan para ibu (pexels.com/Dani Hart)

Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Bersama-sama dalam suka dan duka membuat kita sebagai manusia lebih kuat dalam menghadapi segala sesuatu. Ini juga berlaku bagi para ibu menyusui.

Proses menyusui bukan tak mungkin mengalami berbagai rintangan. Jika dihadapi sendirian, tentunya ini terasa berat. Akan tetapi, semua akan lebih ringan jika ibu bersama ibu menyusui lain yang mengalami hal serupa.

Setiap ibu juga dapat berbagi pengalaman menyusui mereka. Mulai dari permasalahan yang dijumpai saat menyusui, hingga solusi efektif untuk mengatasinya. Tak hanya itu, kelompok ibu menyusui juga merupakan wadah yang tepat untuk saling memberikan dukungan guna menguatkan satu sama lain.

3. Berbagi tugas dengan suami

5 Self Care untuk Ibu Menyusui, Sempatkan Me Time, Momsilustrasi suami istri berbagi tugas (pexels.com/Annushka Ahuja)

Menjalani peran ganda sebagai istri dan ibu kerap membuat para ibu kelimpungan yang bukan tak mungkin memicu burnout atau kelelahan mental. Apalagi di masa menyusui, fokus ibu akan tercurahkan kepada sang buah hati sehingga waktu, tenaga, serta pikirannya teralihkan dari hal lainnya.

Maka dari itu, pembagian tugas dengan pak suami sangat disarankan dalam hal ini. Pak suami bisa mengambil alih tugas domestik di rumah sementara ibu merawat si kecil. Jika pak suami sibuk bekerja, minta anggota keluarga lain atau sewa pengasuh untuk mengerahkan bantuan yang bisa sedikit meringankan beban di pundak ibu.

Baca Juga: Berpotensi Tularkan Virus, Apakah Ibu HIV Boleh Menyusui?

4. Luangkan waktu untuk me time

5 Self Care untuk Ibu Menyusui, Sempatkan Me Time, Momsilustrasi ibu bersantai (pexels.com/EKATARINA BOLOVTSOVA)

Mungkin ibu sudah tak bisa mengingat kapan terakhir kali dapat menghabiskan waktu  untuk melakukan hobi atau hal yang ibu inginkan. Pasalnya, kesibukan menjalani peran sebagai ibu dan istri menyita perhatian sehingga ibu tak lagi punya waktu dengan diri sendiri.

Padahal, me time sangat diperlukan demi menjaga suasana hati dan kestabilan emosi ibu. Sebab jika ibu bahagia, si kecil dan pak suami juga akan turut bahagia sehingga suasana di rumah menjadi lebih harmonis.

5. Dengarkan apa yang tubuh ibu inginkan

5 Self Care untuk Ibu Menyusui, Sempatkan Me Time, Momsilustrasi olahraga (pexels.com/Alexy Almond)

Tak sedikit ibu memaksakan diri melakukan berbagai tugas hingga melebihi kapasitas tubuhnya. Alhasil risiko kelelahan fisik dan mental mengintai para ibu. Untuk menghindari hal ini, pastikan ibu mendengarkan apa yang diinginkan oleh tubuh. 

Jika tubuh mengirimkan sinyal lelah, segera beristirahat supaya tubuh kembali berenergi. Jangan lupa berikan segala hal yang tubuh ibu butuhkan. Mulai dari makanan yang bernutrisi, aktivitas fisik yang cukup, hingga manajemen stres yang baik.

Merawat diri merupakan hal yang tak kalah krusial bagi para ibu menyusui. Bagaimana pun, kebutuhan dan self care untuk ibu menyusui tak boleh luput dari perhatian agar ibu bahagia dan dapat memberikan yang terbaik.

Baca Juga: Memilih KB Alami dengan Menyusui? Ini Fakta Metode Amenore Laktasi! 

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya