Comscore Tracker

Jangan Remehkan, Ini 5 Definisi Sukses Bagi Seorang Ibu Rumah Tangga

Apa pun situasinya, asal bahagia bersama keluarga

Menjadi seorang peremppuan bukanlah perkara mudah. Setelah semua perempuan sadar pentingnya kesetaraan, semua berlomba memperjuangkan apa pun yang ingin mereka kerjakan. Mulai dari menimba ilmu hingga bekerja sesuai dengan keahlian dan passion yang dimiliki.

Meski pada dasarnya kodrat seorang perempuan adalah sebagai istri dan ibu rumah tangga bagi keluarga. Namun semua perempuan berhak menjemput sukses sesuai dengan yang mereka inginkan.

Definisi sukses pun berbeda bagi setiap perempuan. Jika harus bertanya kepada para perempuan karier dan juga ibu rumah tangga, maka definisi sukses menurut keduanya pun jelas berbeda. Lalu seperti apa sih sukses yang diartikan oleh para ibu rumah tangga?

1. Mampu membagi waktu dengan baik

Jangan Remehkan, Ini 5 Definisi Sukses Bagi Seorang Ibu Rumah Tanggaviralbharat.com

Menjadi ibu rumah tangga bukan mereka yang hanya diam di rumah dan tidak melakukan pekerjaan apapun. Tak peduli apakah ada asisten rumah tangga atau tidak seorang ibu rumah tangga adalah ia yang bekerja tanpa kenal lelah.

Bekerja selama 24 jam selama seminggu. Bekerja dari pagi hingga pagi lagi. Melakukan banyak pekerjaan rumah. Tidak jarang mereka pun akan memaksa diri untuk multitasking.

Namun saat seorang ibu mampu membagi waktu yang ia miliki untuk mengerjakan semua pekerjaan rumahnya adalah mereka yang sukses. Sukses bukan sekedar mereka yang menitih karir di kantor dari pagi hingga petang.

Tapi para ibu yang bahkan lupa rasanya sakit saat sudah harus mengurus keluarga. Sukses adalah saat seorang ibu mampu memberikan semua tenaga, pikiran dan hatinya kepada keluarga dengan rasa bahagia.

2. Menjadi pendamping yang setia setiap saat

Jangan Remehkan, Ini 5 Definisi Sukses Bagi Seorang Ibu Rumah Tanggainstagram.com/kdrama.official

Bukan hanya mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Seorang perempuan yang sukses adalah mereka yang mampu menjadi istri yang setia kepada suami dan ibu yang setia kepada keluarga.

Menjalani kehidupan berumah tangga bukanlah perkara mudah. Banyak godaan dan ujian yang bisa saja meruntuhkan kesetiaan seorang wanita sebagai istri dan juga ibu. Tapi bukan berarti mereka bisa mengesampingkan sebuah kesetiaan.

Ya, perempuan yang sukses bukan hanya mereka yang loyal terhadap pekerjaan di luar rumah. Buka hanya ia yang mampu setia pada profesi di bidang yang ia kerjakan. Tapi juga menjadi wanita yang setia kepada keluarganya.

Baca Juga: Gak Ribet, Ini 6 Keuntungan Jadi Perempuan yang Apa Adanya

3. Memberikan perlindungan bagi keluarga

Jangan Remehkan, Ini 5 Definisi Sukses Bagi Seorang Ibu Rumah Tanggahellokpop.com

Seorang ibu bukan hanya ia yang berkewajiban menyediakan makanan dan menyiapkan segala kebutuhan suami dan anak-anak. Seorang ibu adalah wanita yang dengan segenap usahanya memberikan perlindungan kepada keluarga. Menjaga nama baik dan juga memberikan dorongan kepada semua anggota keluarga yang sedang berjuang di setiap usahanya.

Perempuan sukses bukan hanya ia yang mampu menjaga kariernya dan meniti hingga mencapai posisi impian. Tapi perempuan yang sukses juga mereka yang tidak pernah meninggalkan tanggung jawab untuk merawat dan melindungi keluarga sekalipun sulit baginya.

4. Tidak berhenti mencari ilmu untuk masa depan anak

Jangan Remehkan, Ini 5 Definisi Sukses Bagi Seorang Ibu Rumah TanggaDramabeans.com

Seorang istri tidak hanya bertugas menemani suami, tapi juga ia yang bertugas mengasuh anak-anak, mendidik dan menemani anak-anak mencapai impian mereka. Bagi seorang ibu, tidak ada ilmu yang tuntas didapatkannya di pendidikan formal. Semua ilmu terus mengalir dan tidak pernah putus bahkan akan selalu berkembang. Termasuk ilmu untuk mengasuh dan mendidik anak.

Ya, seorang perempuan yang sukses adalah ia yang bisa terus menimba ilmu bagi keluarganya. Ilmu yang akan dipraktekkan langsung kepada suami dan juga anak-anak. Mereka yang sukses adalah yang tidak pernah putus asa untuk menimba ilmu.

Mereka selalu haus akan ilmu baru sehingga terus menerus mencari ilmu yang mampu diterapkannya kepada keluarga.

5. Bersama keluarga mencapai bahagia

Jangan Remehkan, Ini 5 Definisi Sukses Bagi Seorang Ibu Rumah Tanggaleejindramacorner.com

Menjadi perempuan yang sukses bukan hanya tentang posisi, jabatan bahkan materi semata. Semua itu memang boleh dikejar. Bahkan ada kewajiban bagi kita untuk mengejar ilmu sampai kita mencapai batasnya. Wanita memiliki kedudukan yang sama dengan laki-laki dalam menggapai sukses.

Tapi yang terpenting dari semuanya adalah, kesuksesan wanita dapat dilihat dari rasa bahagia yang ia rasakan saat bersama keluarga. Bukan hanya merawat, mengasuh, menemani dan mendukung impian keluarga. Tapi bersama-sama mencapai kebahagiaan yang seringkali dilupakan.

Bahagia adalah saat kita merasa hidup kita bermakna saat bersama dengan orang-orang yang kita cintai. Termasuk keluarga yang membuat kita bersemangat melakukan banyak hal meskipun melelahkan.

Buat kamu yang kini jadi ibu rumah tangga, berbangga dan berbahagialah! Misimu sungguh sangat mulia, kok!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Ibu Bekerja dan Ibu Rumah Tangga Gak Perlu Dibedakan

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya