Comscore Tracker

Buat Perubahan, Pesan Penting Najwa Shihab kepada Perempuan Indonesia

Kunci untuk membangun negeri ada pada perempuan

Perjuangan kaum perempuan dalam memperoleh kesetaraan hak masih terus berlanjut. Menurut Najwa Shihab, jurnalis ternama sekaligus penggagas NarasiTv, perempuan Indonesia bukannya tidak mampu bersaing dengan kaum pria, namun terkadang pola pikir perempuan sendirilah yang akhirnya membentuk mindset tersebut.

Hal tersebut diungkap wanita yang akrab disebut Nana pada acara "Impact Talk Vol. 1" oleh Amartha pada Kamis (28/3) di Amartha Head Office, Jakarta Selatan. Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui oleh perempuan Indonesia agar dapat berkembang dan membuat perubahan. Apa saja sih hal-hal itu?

1. Jangan terlalu keras mengkritik dan menganggap rendah diri sendiri

Buat Perubahan, Pesan Penting Najwa Shihab kepada Perempuan IndonesiaIDN Times/Sarah Qonita

Terdapat sebuah penelitian bahwa, 70 persen perempuan tidak berani menegosiasi gaji pertamanya, sementara terdapat 51 persen kaum laki-laki percaya diri untuk bernegosiasi mengenai perjanjian gaji pertama. "Perempuan sering secara tidak sadar menganggap dirinya lebih rendah, secara sistematika. Mindset seperti itu yang harus diubah." Tutur Najwa.

2. Dorong diri sendiri untuk selalu berani mencoba hal-hal baru

Buat Perubahan, Pesan Penting Najwa Shihab kepada Perempuan IndonesiaIDN Times/Sarah Qonita

Memulai sesuatu di luar zona nyaman memang sulit, namun, bila kamu terus berada dalam lingkaran yang sama, kecil kemungkinan kamu akan berkembang. Butuh keberanian dan tekad untuk melakukan suatu hal yang baru, tapi, pemikiran atau mindset tersebut sangat bisa dilatih, lho. Teruslah picu diri sendiri untuk mulai berani mengambil risiko.

3. Terlalu banyak berpikir ternyata bisa menghambat perjalanan kamu

Buat Perubahan, Pesan Penting Najwa Shihab kepada Perempuan IndonesiaIDN Times/Sarah Qonita

"Tidak usah kebanyakan mikir. Langsung lakukan. Kalau belum coba sudah banyak pertimbangan malah nantinya gak akan jadi. Saya juga percaya, mimpi yang diucapkan terus menerus akan terwujud kok, karena di sekitar kita banyak malaikat yang mendengarkan.” jelasnya.

Kuncinya, jangan terlalu banya mikir. Terkadang, yang kamu butuhkan adalah sesuatu yang bersifat spontanitas. Namun, bukan berarti tanpa persiapan, ya. Kalau sudah terlalu banyak berpikir dengan segala pertimbangan-pertimbangan yang ada, di situ jugalah kamu harus segera melakukannya.

Baca Juga: Silvia Halim, Perempuan Brilian & Tangguh di Balik MRT Jakarta

4. Nikmati proses yang harus dilewati dengan mindset yang positif

Buat Perubahan, Pesan Penting Najwa Shihab kepada Perempuan IndonesiaIDN Times/Sarah Qonita

Seringkali saat sudah melihat rintangan yang kira-kira akan dilewati, kamu cenderung akan menyerah dahulu. Atau, kamu tetap menjalankan namun dengan pikiran yang negatif sehingga kamu melakukannya tidak dengan suatu keikhlasan.

Ingat, segala sesuatu ada di kepala kamu. Bila kamu melihatnya sebagai suatu hal yang berat, seperti itu jugalah yang akan kamu rasakan. Coba nikmati segala proses yang harus dilewati dengan mindset yang positif, dengan begitu, tidak ada kesulitan saat kamu menjalankan hal tersebut.

5. Sebagai perempuan, kamu harus saling membantu, bukan saling merendahkan satu sama lain

Buat Perubahan, Pesan Penting Najwa Shihab kepada Perempuan IndonesiaIDN Times/Sarah Qonita

Hingga kini, masih banyak perempuan yang tanpa sadar saling sikut menyikut dan menjatuhkan satu sama lain, dikarenakan pemikiran perempuan yang masih sering membanding-bandingkan diri dengan yang lain layaknya seperti sebuah kompetisi. Juga, posisi untuk perempuan yang masih dibatasi.

"Saling menguatkan adalah kunci. Bertepuk tangan untuk kesuksesan perempuan lain bukan berarti kita kalah sukses. Kita sebagai perempuan jangan saling julid-julidan. Justru kita harus saling mendukung, saling benerin mahkota." Tambah Najwa.

Untuk jadi wanita yang kuat, pertama harus ubah dahulu mindset kamu, girls!

Baca Juga: 5 Sosok Dokter Wanita Tangguh di Drama Korea, Panutan Banget!

Topic:

  • Sarah Qonita
  • Pinka Wima

Just For You