Comscore Tracker

Nona Woman Luncurkan Pembalut Organik, Opsi Aman untuk Perempuan

Coba dobrak stigma dengan kampanye #RevolusiMenstruasi

Menstruasi adalah salah satu topik penting terkait kesehatan perempuan yang selalu ramai diperbincangkan. Namun, masih banyak stigma yang menempel kepadanya.

Hal itu dibahas dalam 'Virtual Press Conference #RevolusiMenstruasi The Launch of Nona Woman Organic Pads' pada Jumat (5/8/2022) pukul 14.00 WIB. Dalam webinar ini, Nona Woman juga sekaligus meluncurkan produk menstruasi terbaru mereka serta kampanye #RevolusiMenstruasi.

Kamu bisa simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut. Check this out!

1. Stigma menstruasi masih ada di masyarakat. Hal ini berpengaruh terhadap kurangnya kebutuhan dan edukasi terkait menstruasi untuk perempuan

Nona Woman Luncurkan Pembalut Organik, Opsi Aman untuk PerempuanVirtual Press Conference #RevolusiMenstruasi The Launch of Nona Woman Organic Pads. (Jumat, 5/8/2022). IDN Times/Tyas Hanina

Hingga saat ini, masih ada stigma atau pandangan negatif terkait menstruasi di tengah masyarakat. Hal itu secara gak langsung juga membebani para perempuan dan membuat sebagian dari mereka merasa malu dengan kondisi kesehatan tersebut.

Berdasarkan riset UNICEF Indonesia, hanya sebagian perempuan yang melakukan penggantian pembalut usai 8 jam penggunaan. Kebanyakan itu juga dilakukan oleh remaja perempuan yang merasa malu untuk mengganti pembalut selama di sekolah.

Dari penelitian tersebut, juga ditemukan fakta bahwa 1 dari 7 murid perempuan gak pergi ke sekolah karena alasan yang terkait dengan menstruasi. Hal ini secara gak langsung juga berdampak terhadap prestasi dan tingkat kelulusan murid perempuan, serta kesempatan kerja mereka di masa depan.

"Menstruasi adalah hak yang sangat mendasar untuk setiap perempuan dan punya efek bergema ke masyarakat," tutur Nicole Jizhar selaku Co-Founder dari Nona Woman.

Selain itu, Nona Woman juga menyampaikan temuan data bahwa sebesar 60 persen perempuan di dunia masih kekurangan kebutuhan dan edukasi terkait menstruasi. Dampak dari hal tersebut juga terlihat dari data bahwa 3 dari 4 perempuan masih malu untuk membeli pembalut ketika menstruasi.

"Sangat penting untuk kita membongkar stigma yang ada supaya edukasi terkait kesehatan reproduktif bisa lebih luas dan bisa dipahami lebih banyak orang," kata Hannah Al Rashid selaku salah satu muse dari Nona Woman.

2. Berkenalan dengan Nona Woman, sebuah platform menstruasi di Indonesia

Nona Woman Luncurkan Pembalut Organik, Opsi Aman untuk PerempuanVirtual Press Conference #RevolusiMenstruasi The Launch of Nona Woman Organic Pads. (Jumat, 5/8/2022). IDN Times/Tyas Hanina

"Nona Woman adalah startup kesehatan perempuan. Kami bukan cuma produk atau komunitas, tapi juga platform pertama untuk menstruasi di Indonesia," ujar Nicole.

Saat ini, Nona memiliki komunitas di Instagram yang rutin membicarakan tentang kesehatan reproduksi. Selain itu, juga ada aplikasi seluler dan peluncuran produk menstruasi.

Platform ini didirikan pada 8 Maret 2021, bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional. Menurut Monica Pranatajaya sebagai Co-Founder of Nona Woman, masih ada banyak orang yang malu mengobrol tentang menstruasi, tapi mulai gak keberatan untuk membahasnya.

Nicole pun menambahkan, "Banyak perempuan yang gak paham masalah hormon karena gak diajarkan tentang sex education. Ditambah lagi, mereka malu ke dokter karena belum menikah. Karena itu, kami ingin memberikan isu-isu reproduktif dengan mudah dipahami."

Gagasan untuk mendirikan platform ini hadir saat mereka menempuh pendidikan di London. Nicole dan Monica tergerak untuk membuat usaha sosial yang berhubungan dengan pemberdayaan perempuan dan mengangkat isu period poverty.

3. Nona Woman dengan resmi meluncurkan produk terbaru mereka, yaitu Nona Organic Pads & Intimate Wash

Nona Woman Luncurkan Pembalut Organik, Opsi Aman untuk PerempuanVirtual Press Conference #RevolusiMenstruasi The Launch of Nona Woman Organic Pads. (Jumat, 5/8/2022). dok/Nona Woman

"Sering pengalaman, menstruasi jadi gak menyenangkan karena pembalutnya mungkin berkualitas rendah, gatal, atau iritasi," ujar Nicole.

Melihat fenomena tersebut, Monica pun mengatakan bahwa organic pads dari Nona dibuat dengan tujuan untuk menjadi solusi produk menstruasi yang lebih nyaman dipakai. Selain itu, mereka juga berupaya untuk menghadirkan opsi yang lebih ramah lingkungan untuk perempuan di Indonesia.

Nona secara resmi meluncurkan set produk untuk menstruasi. Terdiri dari Nona Organic Pads yang tersedia dalam 4 ukuran serta sabun untuk area intim yang antibakteri dan gentle.

"Pembalut ini terbuat dari 100 persen kapas yang tersertifikasi dari Amerika Serikat. Kemasannya dari recycle paper. Selain itu, setiap pembelian pembalut akan didonasikan kembali untuk perempuan yang membutuhkannya. Baik berupa produk maupun edukasi," ungkap Monica.

Selain berbahan kapas organik, produk pembalut mereka juga diklaim tanpa pewarna, klorin, paraben, serta wewangian buatan. Selain itu, semua produknya juga sudah cruelty free serta bersertifikat BPOM dan terdaftar di Kemenkes.

Baca Juga: Perjalanan Inspiratif Westiani Agustin, Founder Biyung Indonesia

4. Pengalaman menstruasi Nicole dan Hannah. Menarik untuk disimak!

Nona Woman Luncurkan Pembalut Organik, Opsi Aman untuk PerempuanVirtual Press Conference #RevolusiMenstruasi The Launch of Nona Woman Organic Pads. (Jumat, 5/8/2022). dok/Nona Woman

"Pengalaman menstruasi harus terasa seru dan menyenangkan!" tutur Nicole seraya tersenyum.

Sebagai salah satu pendiri Nona Woman, ia sendiri sempat mengalami permasalahan yang berhubungan dengan menstruasi. Sejak menempuh pendidikan S1, Nicole menderita Polycystic ovary syndrome (PCOS).

Berdasarkan pengalaman tersebut, Nicole pun mulai mengubah gaya hidupnya. Mulai dari mengatur pola makan yang lebih sehat serta berolahraga rutin. Ia juga menyarankan untuk pergi ke dokter atau mencari bantuan profesional jika ada gangguan kesehatan.

"Kurangi stres secara fisik dan mental. Karena zaman sekarang ini, kita terobsesi dengan kesibukan dan itu dampaknya terhadap hormon sangat negatif. Kita sebaiknya hidupp seimbang dan selaras dengan cycle menstruasi," ujarnya lagi.

Hannah juga membagikan pengalamannya di tengah kesibukan sebagai aktris. Ia mengaku bahwa momen menstruasinya sering dilewati dengan rasa sakit berlebih.

"Setiap perempuan punya pengalaman yang berbeda. Saya kadang merasa kepanasan saat beraktivitas, makanya suka bawa pakaian dalam ganti serta emergency kits. Kadang, saya juga coba suplemen herbal," katanya.

Hannah juga berupaya terbuka dengan kondisi menstruasinya pada rekan kerja di lapangan. Selain mencoba memahami kondisi fisiknya, figur publik ini juga pelan-pelan belajar merawat kesehatan mental dengan lebih baik. Menurutnya, proses konseling yang dilaluinya juga berdampak positif terhadap pengalaman menstruasi.

"Melihat impact dari konseling, saya perlahan berusaha untuk melepas beberapa hal yang membebani otak dan mental saya karena itu begitu memengaruhi kesehatan fisik saya. Jadi saya pikir, itu sesuatu yang juga perlu di-encourage," pungkasnya.

5. Apa itu gerakan #RevolusiMenstruasi?

Nona Woman Luncurkan Pembalut Organik, Opsi Aman untuk PerempuanVirtual Press Conference #RevolusiMenstruasi The Launch of Nona Woman Organic Pads. (Jumat, 5/8/2022). dok/Nona Woman

"#RevolusiMenstruasi adalah gerakan memecah stigma menstruasi untuk perempuan Indonesia. Pada 8 Agustus 2022, kami mengundang rekan-rekan untuk mengunggah foto merah untuk memulai pembicaraan tentang menstruasi," ujar Monica.

Kampanye itu sekaligus juga mendukung peluncuran produk menstruasi pertama mereka yaitu pembalut organik lokal yang bisa kamu dapatkan secara resmi pada Senin (8/5/2022) mendatang. Produk tersebut bisa didapatkan pada situs www.nonawoman.com serta toko resmi nonawoman di Tokopedia dan Shopee.

Itu dia rangkuman acara 'Virtual Press Conference #RevolusiMenstruasi The Launch of Nona Woman Organic Pads'. Ada banyak informasi menarik seputar menstruasi, ya? Semoga artikel di atas bisa menambah wawasanmu!

Baca Juga: Kisah Inspiratif dari Komunitas Nona, Ingin Berantas Stigma Menstruasi

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya