Buang Sial, Cak Imin Gelar Ritual Fang Sheng Saat Blusukan di Glodok

Cak Imin berdoa agar AMIN menang Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin melepas burung Pipit saat blusukan di kawasan Pecinan, Glodok, Jakarta Barat. 

Pantauan di lokasi, Cak Imin blusukan ke kawasan Pecinan untuk menyapa para pedagang sekaligus menyerap aspirasi. Selain itu, momen itu, juga dijadikan Cak Imin untuk bertemu dengan para komunitas Tionghoa di Jakarta Barat.

Setelah menyusuri kawasan petak 9, Cak Imin kemudian bergerak ke kawasan Wihara Dharmabakti tertua yang ada di Jakarta. Sesampainya di lokasi ini, Cak Imin kemudian melepas sebanyak 99 burung Pipit. 

Bagi masyarakat Tionghoa, ritual melepas burung Pipit dikenal sebagai istilah Fang Sheng, yang diyakini dapat membuang sial dan segala macam keburukan dalam hidup. Biasanya, masyarakat Tionghoa melepaskan burung Pipit setelah selesai menjalani ritual ibadah. 

Pada kesempatan itu, Cak Imin juga berdoa semoga dapat memenangkan Pemilu 2024 bersama pasangannya, Anies Baswedan.

"Bismillah, ya Allah, AMIN menang," ucapnya sambil menerbangkan burung Pipit. 

Melalui ritual Fang Sheng ini, Cak Imin berharap pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) bisa memenangkan Pemilu 2024. 

"Saya juga melepas burung tadi 99 burung sebagai doa AMIN menang. Istilahnya Fang Sheng. Saya juga titip ke Daniel untuk beli kura-kura nanti ditulisi nama saya dilepas di laut, ini tradisi-tradisi Tionghoa yang akan kita jaga," kata dia.

Baca Juga: Soal Kebocoran Data KPU, Cak Imin: Ada Upaya Ganggu Pemilu

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya