Cak Imin: Anies Baswedan Harus Bersyukur Pernah Dipecat Jokowi

Kini Anies maju sebagai capres

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan, pasangannya Anies Baswedan harus bersyukur karena dipecat oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Menurut dia, dampak pemecatan itu justru membuat namanya semakin dikenal publik.

Cak Imin juga meminta Anies Baswedan harus bersyukur, karena justru memiliki kesempatan untuk menjadi calon presiden pada pemilu 2024.

Hal itu disampaikan oleh Cak Imin di hadapan Anies Baswedan langsung saat konsolidasi caleg PKB di Ancol, Jakarta, Rabu (29/11/2023) malam.

"Mas Anies harus bersyukur, dipecat Jokowi itu bersyukur. Dengan dipecat, namanya mencuat dan jadi capres hari ini," kata dia.

1. Harus merasakan dipecat dulu untuk maju capres

Cak Imin: Anies Baswedan Harus Bersyukur Pernah Dipecat JokowiKetua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar memenuhi panggilan KPK pada Kamis (7/9/2023). (IDN Times/Aryodamar)

Ketua Umum PKB itu mengatakan, bila ingin maju sebagai capres maka harus merasakan terlebih dahulu dipecat dari jabatan menteri, sebagaimana yang dialami oleh Anies Baswedan. 

"Diawali jadi gubernur dulu. Jdi kalau pengen jadi gubernur lalu jadi capres, nanti akhirnya jadi presiden, itu harus pernah ngerasain dipecat," katanya.

Baca Juga: Anies-Muhaimin Janji Sahkan RUU Perampasan Aset jika Terpilih

2. Cak Imin terang-terangan dipecat Gus Dur

Cak Imin: Anies Baswedan Harus Bersyukur Pernah Dipecat JokowiMuhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam acara IMGS 2023, VP Candidates: Powerful in Election, Powerful in Action pada Minggu (26/11/2023). (dok. IDN Media)

Pada kesempatan itu, Cak Imin juga mengungkapkan pengalamannya dipecat oleh Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ketika masih bertugas di PKB kala itu.

Menurut dia karena pasangan ini sama-sama pernah mengalami dipecat, maka keyakinan untuk menang pada Pilpres 2024 nanti semakin terbuka lebar.

"Nah saya sudah pernah ngersaian dipecat Gus Dur. Insyaallah selangkah lagi AMIN (Anies-Muhaimin) menang," ujar dia.

3. Anies-Muhaimin memulai kampanye pada pemilu 2024

Cak Imin: Anies Baswedan Harus Bersyukur Pernah Dipecat JokowiBacapres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat menghadiri acara jalan sehat santri sarungan di Jember Jawa Timur. (IDN Times/dok. Istimewa)

Diketahui, pasangan Anies-Muhaimin telah memulai kampanye perdananya pada Selasa 28 November 2023. Pada hari pertama kampanye, Anies blusukan di Kampung Tanah Merah, yang juga menjadi basis pemenangan pada saat Pilkada 2017. Sementara itu, Cak Imin memilih blusukan di Jawa Timur, yang merupakan basis suara Nahdlatul Ulama (NU). 

Alasan keduanya memilih berkampanye di dua tempat yang berbeda pada hari pertama, karena ingin lebih banyak menjangkau para pemilihnya.

"Supaya lebih banyak yang bisa kita jangkau, nanti mulai hari hari ke depan, Cak Imin jalan menjangkau banyak masyarakat, saya juga menjangkau masyarakat, kalau semuanya bareng, nanti yang bisa terjangkau sedikit," kata dia.

Baca Juga: Main Bola dengan Legenda Persebaya, Cak Imin: Wasitnya Harus Adil

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya