Dalami Kasus Kekerasan Seksual, Polisi Periksa 7 Finalis Miss Universe

Para korban mengaku terintimdasi

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya memeriksa sebanyak tujuh Finalis Miss Universe Indonesia 2023 yang menjadi korban dugaan kekerasan seksual setelah difoto tanpa busana. Dalam pemeriksaan itu, dua orang turut diperiksa.

Kuasa Hukum sejumlah Finalis Miss Universe Indonesia, Mellisa Anggraini mengatakan korban menerimaan duagaan pelecehan seksual baik fisik dan nonfisik.

“Masing-masing dari mereka sudah memberikan bukti juga kepada kami dan kami sudah sampaikan kepada pihak polda,” kata Mellisa di Mapolda Metro Jaya, Senin (14/8/2023).

1. Para korban serahkan bukti berupa rundown acara

Dalami Kasus Kekerasan Seksual, Polisi Periksa 7 Finalis Miss UniversePolda Metro Jaya periksa tujuh Finalis Miss Universe Indonesia dalam kasus dugaan kekerasan seksual setelah difoto tanpa busana. (IDN Times/Amir Faisol)

Mellisa mengatakan, dalam pemeriksaan ini, korban telah menyerahkan barang bukti berupa seluruh susunan acara selama masa karantina ajang kecantikan tersebut.

Para peserta saat itu kata dia diberiksa setiap harinya diberikan susunan acara, termasuk pada 1 Agustus 2023 saat korban dilakukan pemeriksaan tubuh.

“Pada 1 Agustus 2023, itu juga diberikan rundown. Nah di dalam rundown itu sama sekali tidak ada penyampaian terkait mau dilakukannya body checking,” kata dia.

Baca Juga: Dirjen HAM: Dugaan Pelecehan Miss Universe Bisa Jadi Catatan Buruk

2. Korban mengaku terintimidasi

Dalami Kasus Kekerasan Seksual, Polisi Periksa 7 Finalis Miss UniversePotret Top 5 Miss Universe Indonesia 2023 (Instagram.com/missuniverse_id)

Mellisa menambahkan, saat peristiwa itu korban merasa terintimidasi, sehingga mereka sulit untuk mengartikan apa yang mereka alami.

Setelah acara tersebut selesai dan kembali berkumpul bersama keluarganya, mereka baru sadar bahwa mereka tidak seharusnya melakukan body checking.

“Mereka menyatakan terintimidasi tapi pada saat itu sulit untuk mengartikan yang mereka alami, sehingga ketika mereka pulang kembali beserta keluarga berkonsultasi,” kata dia.

“Mereka akhirnya bisa menyimpulkan bahwa mereka tidak seharusnya melakukan body checking seperti itu,” lanjut dia.

3. Body Checking Miss Universe dilihat 3 orang laki-laki

Dalami Kasus Kekerasan Seksual, Polisi Periksa 7 Finalis Miss UniverseDirektur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi. Dia memintar interpol keluarkan red notice untuk Miss Huang cs, pelaku sindikat TPPO jual ginjal di Kamboja. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi menuturkan, pemeriksaan tubuh terhadap para finalis ajang kecantikan itu juga dilihat tiga orang laki-laki dan satu orang wanita.

Sementara itu, berdasarkan keterangan pelapor, kata dia proses body checking terhadap para finalis Miss Universe Indonesia dilakukan oleh seseorang yang bukan ahlinya.

“Menurut keterangan pelapor di sana ada 3 orang laki-laki, kemudian juga ada satu orang wanita sekitar beberapa saksi yang lain,” kata dia.

Baca Juga: Dugaan Pelecehan Finalis Miss Universe, Polisi: Korban Masih Trauma

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya