Ridwan Kamil hingga Khofifah Dicalonkan Golkar Maju Pilgub 2024

Golkar kumpulkan 1.117 bakal calon kepala daerah

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar mengumpulkan 1.117 bakal calon kepala daerah yang akan berlaga pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, guna membahas instruksi pemenangan partai politik (parpol) tersebut. Dalam kesempatan ini, sejumlah tokoh yang juga kader Golkar dicalonkan sebagai kepala daerah untuk Pilkada 2024.

“Hari ini Partai Golkar mengumpulkan seluruh calon kepala daerah yang akan diusung oleh Partai Golkar, baik bakal calon gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, maupun wakil wali kota,” kata Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Baca Juga: Airlangga Kumpulan Ribuan Kader Golkar, Bahas Pencalonan Kepala Daerah

1. Ridwan Kamil hingga Khofifah dicalonkan maju Pilgub

Ridwan Kamil hingga Khofifah Dicalonkan Golkar Maju Pilgub 2024IDN Times/Istimewa

Airlangga membeberkan Partai Golkar sudah mengusung beberapa nama untuk menjadi bakal calon gubernur, di antaranya Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur Banten, Ridwan Kamil untuk Jawa Barat, Khofifah Indar Parawansa untuk Jawa Timur, Ahmed Zaki Iskandar untuk DKI Jakarta, Paulus Waterpauw untuk Papua Barat, dan Bobby Nasution untuk Sumatra Utara.

Sementara itu, untuk bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah, Airlangga masih enggan membeberkan, kecuali hanya memberi petunjuk bakal calon yang diusung ada yang berasal dari kalangan anak muda.

“Pokoknya ada anak muda,” kata dia.

2. Bangun kekuatan untuk menangkan Pilpres dan Pilkada

Ridwan Kamil hingga Khofifah Dicalonkan Golkar Maju Pilgub 2024(Instagram/Golkar Indonesia)

Airlangga menjelaskan tujuan pengumpulan para bakal calon kepala daerah itu untuk mengarahkan mereka agar berkontribusi dalam pemilihan legislatif (Pileg), pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres), termasuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) itu.

“Keseluruhan calon diharapkan untuk bisa memenangkan Partai Golkar, bersama dengan fungsionaris legislatif, ketua-ketua pengurus partai dari DPD provinsi, kabupaten, kota,” ujarnya.

Airlangga berharap dengan mengumpulkan kader Golkar, seluruh kekuatan akan bersatu untuk memenangkan partai pada Pemimlu 2024, sekaligus memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Mengingat Pileg dan Pilpres 2024 hanya tinggal menghitung bulan, Airlangga yakin instruksi tersebut akan cukup efektif, karena para bakal calon tersebar di seluruh Indonesia.

“Cukup, karena 1.117 ini calonnya dari Sabang sampai Merauke dan mereka sudah diberikan penugasan di kabupaten, kota, maupun provinsi dan akan berkoordinasi dengan fungsionaris, caleg-caleg provinsi, kabupaten, kota maupun nasional dan yang utama mendorong pemenangan pilpres,” katanya.

Baca Juga: Buka Pintu untuk Khofifah, Golkar: Kemarin Sudah Pakai Jilbab Kuning

3. Koalisi untuk Pilkada sudah dibahas bersama KIM

Ridwan Kamil hingga Khofifah Dicalonkan Golkar Maju Pilgub 2024Koalisi Indonesia Maju dan capres yang didukung Prabowo Subianto ketika bertemu di rapat konsolidasi perdana pada 14 September 2023. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Mengenai dengan siapa Partai Golkar akan berkoalisi dalam mengusung para calon kepala daerah, Airlangga menyebut hal tersebut telah dibahas dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Koalisi sudah dibahas dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Jadi, modal awal dengan KIM kita bisa mencalonkan di mana saja,” imbuhnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/xWLxjWip9Ws

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya