Comscore Tracker

Daftar 10 Taman di Jakarta yang Instagramable Banget buat Millennials

Beberapa taman sering dikunjungi masyarakat Kota Jakarta

Jakarta, IDN Times - DKI Jakarta merupakan ibu kota Indonesia yang memiliki banyak gedung pencakar langit. Namun, di antara gedung-gedung tinggi dan kesibukan masyarakatnya, Jakarta juga memiliki banyak taman kota yang indah dan sejuk yang dapat dijadikan salah satu destinasi wisata kota untuk melepas penat dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan.

Berikut adalah 10 taman di Jakarta yang bisa kamu jadikan referensi untuk wisata akhir pekan.

1. Taman Tabebuya

Daftar 10 Taman di Jakarta yang Instagramable Banget buat MillennialsTaman Tabebuya, Jakarta Selatan (Instagram.com/temantaman.jkt)

Taman Tabebuya berlokasi di Jalan Muhammad Kafi No.1, RT.1/RW.2, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan. Taman ini memiliki luas 9.626 meter persegi.

Dinamakan Taman Tabebuya karena sesuai dengan tanaman atau pohon yang ditanam di taman ini, yaitu Pohon Tabebuya yang berasal dari Brasil, pohon Tabebuya memiliki bunga berwarna merah muda seperti bunga sakura yang membuat taman menjadi lebih indah. 

Selain memiliki pedestrian yang cukup luas, taman ini juga difasilitasi tempat untuk aktivitas olahraga, toilet, area parkit dan gazebo yang dapat digunakan untuk masyarakat untuk duduk santai dan berteduh.

Baca Juga: NOSTALGIA JAKARTA: 6 Nama yang Pernah Dipakai Sebelum Jakarta

2. Taman Menteng

Daftar 10 Taman di Jakarta yang Instagramable Banget buat MillennialsTaman Menteng, Jakarta Pusat (Instagram.com/tementaman.jkt)

Taman Menteng berlokasi di Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat. Taman seluas 30 hektare ini memiliki koleksi 30 spesies tanaman yang berbeda, Taman Menteng juga memiliki beragam fasilitas pendukung seperti taman bermain untuk anak-anak, lapangan futsal dan basket.

Di taman ini, terdapat pula 44 sumur resapan untuk membantu penyerapan air hujan ke dalam tanah. Taman ini juga difasilitasi dengan toilet, musala, area parkir, lapangan futsal, lapangan basket, track jogging, dan gedung serba guna rumah kaca sebagai ikon utama taman ini.

3. Taman Cattleya

Daftar 10 Taman di Jakarta yang Instagramable Banget buat MillennialsTaman Cattleya, Jakarta Barat (Instagram.com/temantaman.jkt)

Taman Cattleya berlokasi di RT.15/RW.1, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat. Lokasinya berhadapan langsung dengan Mal Taman Anggrek. Taman seluas 31.000 meter persegi ini ditumbuhi beberapa jenis tanaman hias dan pohon besar seperti jenis trembesi, beringin, kecrutan, yangliu dan glondongan tian.

Tercatat terdapat sekitar 948 pohon dan tanaman hias yang menghiasi taman ini untuk menambah kesejukan dan keindahan taman kota ini. 

Fasilitas yang diberikan oleh taman ini, seperti tempat parkir, toilet, musala, jogging track, arena bermain anak, danau buatan, dan taman bunga.

4. Taman Suropati

Daftar 10 Taman di Jakarta yang Instagramable Banget buat MillennialsTaman Suropati, Jakarta Pusat (Instagram.com/temantaman.jkt)

Taman Suropati berlokasi di Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat. Taman seluas 16.328 meter persegi ini dikelilingi oleh beragam pohon dan tanaman yang ditata sedemikian cantik yang membuat suasana taman sangat teduh, sejuk, dan segar.

Pada bagian tengah taman terdapat kolam air mancur yang cukup besar. Taman ini memiliki fasilitas seperti toilet, gazebo, dan bangku-bangku taman, jalan setapak di sekeliling area taman untuk jogging atau jalan santai.

Namun, tidak ada lahan parkir khusus ataupun musala di taman ini, sehingga pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di area parkir Masjid Sunda Kelapa yang terletak di seberang teman.

5. Taman Situ Lembang

Daftar 10 Taman di Jakarta yang Instagramable Banget buat MillennialsTaman Situ Lembang, Jakarta Pusat (Instagram.com/temantaman.jkt)

Taman Situ Lembang berlokasi di Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat. Taman ini memiliki luas mencapai 14.700 meter persegi yang sebagian besar adalah danau.

Di samping fungsi utamanya menjadi tempat memancing, danau ini juga menjadi penyejuk. Di sekeliling danau, terdapat berbagai pepohonan rimbun yang menambah keteduhan bagi pengunjung taman.

Selain itu, aman ini difasilitasi dengan musala, toilet, tempat sampah, serta bangku taman yang tersebar di seluruh area taman.

Baca Juga: Begini Progres Revitalisasi Taman Ismail Marzuki

6. Taman Tribeca

Daftar 10 Taman di Jakarta yang Instagramable Banget buat MillennialsTaman Tribeca, Jakarta Barat (instagram.com/jktinfo)

Taman Tribeca berlokasi di Letjen S. Parman St No.28, RT.12/RW.6, Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, tepatnya di Central Park Mall. Taman ini seluas 1,5 hektare.

Taman ini memiliki aneka jenis tanaman pohon rindang yang terdapat pada taman, selain itu juga terdapat kolam yang berisi banyak ikan koi dan kura-kura jenis Brasil.

Walaupun taman ini berada di dekat mal, keindahan dan kesejukan di taman ini masih terasa. Taman Tribeca ini memiliki kapasitas 7 ribu hingga 10 ribu pengunjung. Taman ini juga kerap dijasikan tempat berkumpul komunitas seperti komunitas dance, fotografi, yoyo dan lainnya.

7. Taman Kalijodo

Daftar 10 Taman di Jakarta yang Instagramable Banget buat MillennialsTaman Kalijodo, Jakarta Utara (Instagram.com/temantaman.jkt)

Taman Kalijodo berlokasi di Jl. Pangeran Tubagus Angke Blok Siaga No.4, RT.4/RW.5, Angke, Tambora, Jakarta Barat, tepatnya di sebelah Sungai Krendang. Taman ini memiliki luas 3,4 hektare dan diresmikan pada tanggal 22 Februari 2017. 

Selain sebagai tempat terbuka hijau, taman ini memberikan fasilitas seperti Area BMX & Skateboard, area bermain anak, spot foto yang batu monumen kecil berasal dari Jerman serta mural. 

Setiap akhir pekan, di taman ini terdapat beberapa stand bazzar seperti pakaian, makanan dan minuman, selain itu juga terdapar perpustakaan umum dan ruang belajar di sebelah lapangan bermain.

8. Taman Ria Rio

Daftar 10 Taman di Jakarta yang Instagramable Banget buat MillennialsTaman Ria Rio, Jakarta Timur (Instagram.com/temanteman.jkt)

Taman Ria Rio berlokasi di Jalan Pulo Mas Utara Blok E No.1, Kayu Putih, Pulo Gadung, RT.7/RW.15, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Taman ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 2,6 hektare.

Ikon utama pada taman ini adalah tanaman Baobab atau disebut Ki Tamblek, tanaman ini tingginya mencapai 30 meter dengan diameter 7-11 meter, sehingga pohon tersebut disebut dengan pohon raksasa. 

Taman ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar baik sebagai tempat kegiatan sosial maupun area bersantai biasa. Fasilitas yang tersedia di taman ini antara lain track jogging, amphiteater untuk area berkumpul, bangku taman di sekitar waduk dan tempat parkir.  

Baca Juga: NOSTALGIA JAKARTA: Cerita Monumen dan Patung Gagah di Ibu Kota

9. Museum Taman Prasasti

Daftar 10 Taman di Jakarta yang Instagramable Banget buat MillennialsTaman Prasasti, Jakarta Pusat (Instagram.com/Jakarta_tourism)

Taman prasasti berlokasi di Jl. Tanah Abang I No.1, RT.11/RW.8, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Museum seluas 1,2 hektare ini menampilkan karya seni dan memamerkan kecanggihan para pematung, pemahat, kaligrafer dan sastrawan.

Museum Taman Prasasti adalah sebuah museum cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda yang memiliki ±862 koleksi prasasti nisan kuno serta makam Kolonial Belanda.

Selain sebagai tempat wisata bersejarah, Museum Taman Prasasti ini juga bisa menjadi spot foto yang unik. Fasilitas di taman ini cukup lengkap seperti toilet, musala, auditorium dan tempat parkir.

10. Taman Ayodya

Daftar 10 Taman di Jakarta yang Instagramable Banget buat MillennialsTaman Ayodya (Instagram.com/temantaman.jkt)

Taman Ayodya berlokasi di Jl. Lamandau III No.RT.4, RT.4/RW.7, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Taman ini berdiri di atas lahan seluas 7.500 meter persegi, selain itu terdapat kolam buatan seluas 1.500 meter persegi di tengah taman.

Pada kolam buatan dihiasi dengan tanaman teratai serta dekorasi lampu yang ditata menyerupai bentuk gurita dan juga air mancur. Taman Ayodya juga difasilitasi dengan jalur pijakan/track jogging, kursi, gazebo, pendopo, serta toilet.

Baca Juga: NOSTALGIA JAKARTA: Kisah Ciliwung Saudara Kembar Ibu Kota

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya