Hore! Kini JakCard Bisa Digunakan sebagai Tiket KRL

JakCard sudah dipakai sebagai tiket di tempat wisata lho

Jakarta, IDN Times - JakCard Bank DKI bisa digunakan sebagai tiket perjalanan KRL Commuter Line. Hal ini berkat kerja sama Bank DKI dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dalam menghadirkan kemudahan tiket perjalanan KRL.

Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy mengatakan, penerapan JakCard sebagai tiket perjalanan KRL merupakan upaya Bank DKI memperkuat segmen kartu uang elektronik. Bank DKI juga ingin menambah opsi transaksi nontunai bagi masyarakat.

“Bank DKI memandang optimis transaksi uang elektronik semakin meningkat sebagai bagian dari preferensi masyarakat bertransaksi secara mudah, aman dan nyaman,” ujar Fidri dalam siaran tertulis dikutip, Sabtu (29/7/2023).

Baca Juga: Ini Mekanisme Penggantian Kartu Jakcard untuk Transjakarta Gratis 

1. 5,1 juta transaksi JakCard tercatat pada Juni 2023

Hore! Kini JakCard Bisa Digunakan sebagai Tiket KRLJakCard Bank DKI bisa digunakan sebagai tiket perjalanan KRL Commuter Line/ dok Bank DKI

Fidri optimistis JakCard yang bisa digunakan sebagai tiket perjalanan KRL semakin diminati. Bank DKI juga mencatat pertumbuhan penggunaan JakCard. Fidri menyebut, sebanyak 5,1 juta transaksi JakCard tercatat pada Juni 2023.

“Angka ini tumbuh 104,86 persen dibanding Juni 2022 (YoY) sebanyak 2,5 juta transaksi,” ucap Fidri.

Baca Juga: Rute KRL 2023 Terbaru dan Harga Tiketnya, Cek Update-nya

2. Implementasi JakCard bagi masyarakat pengguna KRL

Hore! Kini JakCard Bisa Digunakan sebagai Tiket KRLIlustrasi Gerbong KRL (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Sementara Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, implementasi ini menjadi sebuah momentum penting memperluas penerimaan JakCard, khususnya pengguna KRL.

”Melalui implementasi ini, Bank DKI semakin melengkapi layanan dalam mewujudkan ekosistem transaksi non-tunai di DKI Jakarta. Hal ini juga sejalan dengan dukungan Bank DKI dalam mewujudkan integrasi pembayaran transportasi umum di DKI Jakarta,” kata Amirul.

Baca Juga: Cara ke Museum Nasional Jakarta Naik MRT, KRL, dan Transjakarta

3. Berikan kemudahan transaksi pembayaran tiket

Hore! Kini JakCard Bisa Digunakan sebagai Tiket KRLilustrasi Commuterline/KRL (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Commuter Indonesia, Broer Rizal mengapresiasi kolaborasi dengan Bank DKI. Kebijakan itu diharapkan bisa mendorong masyarakat memakai transportasi umum.

“Dengan implementasi JakCard Bank DKI ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan pilihan untuk transaksi pembayaran tiket bagi masyarakat yang akan menggunakan Commuter Line Jabodetabek,” ungkap Broer Rizal.

Baca Juga: RI Bakal Impor KRL Baru dari Jepang, Modalnya dari APBN? 

4. JakCard juga digunakan sebagai tiket masuk tempat wisata di DKI Jakarta

Hore! Kini JakCard Bisa Digunakan sebagai Tiket KRLIlustrasi Monas (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Bank DKI terus memperluas akseptasi JakCard sejak diluncurkan pada 2007. Kartu uang elektronik itu bisa digunakan untuk berbagai tiket masuk seperti Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional, Taman Impian Jaya Ancol dan berbagai museum kelolaan Pemprov DKI Jakarta.

Tidak hanya itu, JakCard dapat digunakan di sejumlah ruas tol seperti Jagorawi, JORR, Bogor Outer Ring Road, ruas tol dalam kota hingga tol Bali-Mandara. Untuk kebutuhan tiket transportasi, JakCard dapat digunakan untuk tiket Transjakarta, Mikrotrans, MRT, LRT Jakarta, serta LRT Jabodebek.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya