Terjebak 12 Hari di dalam Gua, Tim Sepak Bola Junior Thailand Selamat

Namun sampai hari ini mereka belum bisa dievakuasi

Jakarta, IDN Times - Satu tim sepak bola yang terdiri dari 12 anak berusia 11-16 tahun beserta pelatih mereka (25 tahun) terjebak selama 12 hari di Gua Tham Luang, Provinsi Chiang Rai.

Sampai hari ini mereka belum bisa dievakuasi. Kabar baiknya, kondisi ke-12 anak dan pelatih dalam keadaan sehat. Kepastian ini disampaikan oleh tim penyelam yang berhasil menemukan lokasi anak-anak tersebut.

1. Ditemukan pada hari ke sembilan

Terjebak 12 Hari di dalam Gua, Tim Sepak Bola Junior Thailand SelamatAFP/AL Thailand

Setelah sembilan hari terjebak di dalam gua, anak-anak dan pelatih mereka akhirnya ditemukan dua penyelam asal Inggris bernama Rick Stanton dan John Volanthen pada Senin (2/7). Keduanya memerlukan waktu selama tiga jam untuk mencapai lokasi anak-anak tersebut.

"Berapa orang kalian?" tanya salah seorang penyelam seperti terlihat dalam rekaman video yang diunggah ke Facebook oleh Satuan Khusus Angkatan Laut Thailand.

"Tiga belas!" jawab anak-anak tersebut.

"Tiga belas? Hebat!"

2. Meski telah ditemukan, namun belum bisa dievakuasi

Terjebak 12 Hari di dalam Gua, Tim Sepak Bola Junior Thailand SelamatAFP

Beberapa anak kemudian bertanya kepada kedua penyelam asal Inggris itu kapan mereka bisa dibawa keluar dari gua. Terdengar penyelam itu menjawab, "Tidak hari ini. Kami hanya berdua. Kami harus menyelam lagi. Kami akan datang, ok!"

Sebelum dua penyelam itu pergi, terdengar anak-anak itu berkata, "Makan, makan, makan. Katakan kepada mereka kami lapar!"

Kabar yang dibawa dua penyelam asal Inggris itu membuat para tim penyelamat dan publik Thailand merasa lega. "Semuanya selamat, tetapi misi belum selesai," kata Gubernur Provinsi Chiang Rai, Narongsak Osottanakorn, seperti dikutip dari BBC.

3. Misi evakuasi mengalami banyak hambatan

Terjebak 12 Hari di dalam Gua, Tim Sepak Bola Junior Thailand SelamatAFP/Lillian Suwanrumpha

Mengevakuasi 12 anak dan pelatih sepak bola mereka ternyata bukan perkara mudah. Sebab lorong gua tertutup air. Padahal, hingga Selasa (3/7), tim penyelamat telah menyedot sekitar 120 juta liter air. Namun hujan deras yang kerap mengguyur wilayah gua membuat gua tersebut masih saja digenangi air yang cukup dalam.

Karena itu, sambil terus memompa air ke luar dari lorong gua, Tim Penyelamat juga menerjunkan para penyelam untuk mencari kemudian mengirimkan obat-obatan dan makanan. Selain itu, tim penyelamat juga berencana mengajari anak-anak itu berenang dan menyelam secara kilat.

"Sekarang kami mengajari anak-anak untuk berenang dan menyelam," kata Wakil Perdana Menteri Prawit Wongsuwan seperti dikutip dari Reuters. "Jika tingkat air turun dan alirannya melemah, mereka akan dibawa keluar dengan cepat."

Sampai Kamis (5/7), Tim SAR belum berhasil mengevakuasi 12 anak dan pelatih mereka dari dalam gua.

4. Kenapa mereka terjebak di dalam gua?

Terjebak 12 Hari di dalam Gua, Tim Sepak Bola Junior Thailand SelamatBBC

Anak-anak tersebut sedang melakukan penjelajahan ke lorong gua Tham Luang pada Sabtu (23/6). Ketika itu hujan deras yang turun membuat lorong-lorong gua terendam air, membuat anak-anak itu terjebak di dalam gua dan dinyatakan hilang.

Baca Juga: Usai Kolombia Kalah, Maradona Buat Pernyataan Kontroversial

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya