Megawati, Ganjar, hingga Mahfud Akan Ziarah ke Makam Bung Karno Besok

Ziarah sebagai bentuk penghormatan pada Bung Karno

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, calon Presiden Ganjar Pranowo, hingga calon wakil presiden Mahfud MD akan berziarah ke makam Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno di Blitar, Jawa Timur. Mereka juga akan didampingi keluarga masing-masing.

"Besok ibu Megawati Soekarnoputri beserta keluarga dan juga Pak Ganjar, (dan) Prof Mahfud MD akan berziarah ke makam Bung Karno di Blitar," ujar Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2023).

1. Ziarah ke makam Bung Karno sebagai bentuk penghormatan

Megawati, Ganjar, hingga Mahfud Akan Ziarah ke Makam Bung Karno BesokKonferensi pers Soekarno Cup (IDN Times/Aryodamar)

Hasto mengatakan, ziarah ini sebagai bentuk penghormatan bagi tokoh proklamator kemerdekaan itu. Ini merupakan sebuah tradisi yang sudah dibangun

"Ini sebagai suatu, tidak hanya penghormatan terhadap bapak proklamator bapak bangsa Indonesia, tapi juga untuk memulai segala sesuatunya seperti Bung Karno," ujarnya.

Baca Juga: Baliho Ganjar-Mahfud di Bali Diturunkan, PDIP: Diskriminatif!

2. Megawati-Ganjar juga hadir dalam babak final Soekarno Cup

Megawati, Ganjar, hingga Mahfud Akan Ziarah ke Makam Bung Karno BesokKonferensi pers Soekarno Cup (IDN Times/Aryodamar)

Setelah dari Blitar, Megawati hingga Ganjar akan terbang ke Jakarta. Mereka akan hadir dalam babak Final Liga Kampung Soekarno Cup yang digelar di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Hasto menyebutkan, pelaksanaan Liga Kampung Soekarno Cup dibuat PDIP karena menjadi cita-cita Proklamator RI Soekarno. Tujuannya sebagai sarana membentuk karakter bangsa.

"Itu Bung Karno menghadirkan sepak bola sebagai kultur. Bung Karno menjadikan olahraga sebagai spirit membangun character building, olahraga sebagai lambang supremasi, termasuk sepak bola," katanya.

3. Liga Kampung Soekarno Cup sudah digelar sejak September

Megawati, Ganjar, hingga Mahfud Akan Ziarah ke Makam Bung Karno BesokKonferensi pers Soekarno Cup (IDN Times/Aryodamar)

Ketua Taruna Merah Putih (TMP), Hendrar Prihadi atau Hendi, menyebut Liga Kampung Soekarno Cup sudah dilaksanakan oleh kepala daerah dari PDIP di wilayah masing-masing sejak September 2023.

Hendi mengatakan, babak final turnamen Liga Kampung Soekarno Cup akan mempertemukan delapan tim terbaik yang menjadi juara di level regional.

"Kami, mulai September kemarin sudah melakukan, menggulirkan kegiatan sepak bola di tingkat kota atau kabupaten, masing-masing mereka sudah melaksanakan kegiatan liga kampung ini. Kemudian Oktober sudah memasuki putaran provinsi atau regional. Ada delapan wilayah dan hanya satu juaranya. Kemudian dari delapan ini, memasuki semifinal dan final akan ada delapan tim," ujarnya.

Baca Juga: Ganjar dan Megawati akan Hadir di Final Liga Kampung Soekarno Cup

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya