PDIP Buka Opsi Cawapres dari Berbagai Kalangan, Termasuk Perempuan

PDIP pertimbangkan berbagai kalangan untuk jadi Cawapres

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan (PDIP) masih membuka peluang bakal calon wakil presiden dari berbagai kalangan untuk dipasangankan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebut pihaknya juga tidak menutup peluang bagi sosok perempuan untuk mendampingi Ganjar.

"Kalau terkait dengan capres dan cawapres berdasarkan aspek-aspek elektoral, kami terus mencermati termasuk kemungkinan adanya kandidat perempuan," ujar Hasto di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023).

1. PDIP tidak bedakan laki-laki dan perempuan

PDIP Buka Opsi Cawapres dari Berbagai Kalangan, Termasuk PerempuanSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Tata Firza)

PDIP tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan. Hasto menyebut semangat yang diusung partainya adalah persamaan derajat antara laki-laki dan perempuan.

"Itu lah spirit yang mengapa Bu Mega mengumumkan Ganjar Pranowo pada 21 April yang bertepatan dengan Hari Kartini. Itu semangat kita," ujarnya.

Baca Juga: Respons Menteri PUPR soal Masuk Radar Cawapres Ganjar Pranowo

2. PDIP pertimbangkan berbagai kalangan untuk jadi bakal cawapres Ganjar

PDIP Buka Opsi Cawapres dari Berbagai Kalangan, Termasuk PerempuanSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Tata Firza)

Hasto juga menyebut, PDIP akan mendengarkan aspirasi masyarakat mengenai sosok ideal untuk mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pemilu Presiden 2024. Semua sosok dari berbagai latar belakang akan dipertimbangkan.

"Tapi pada prinsipnya PDIP tidak pernah membedakan pemimpin atas dasar latar belakang, jenis kelamin, apakah sipil atau militer, apakah berasal dari kalangan birokrasi, nonbirkorasi semua setiap warga negara yang menggembleng diri maka layak dicalonkan," ujarnya.

3. Puan sebut Mahfud MD hingga AHY sosok potensial jadi Cawapres Ganjar

PDIP Buka Opsi Cawapres dari Berbagai Kalangan, Termasuk PerempuanKetua DPR Puan Maharani di Halal Bi Halal MUI pada Kamis (17/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut sejumlah nama yang masuk radar bakal Cawapres pendamping Ganjar Pranowo. Ia menyebut ada 10 nama yang dipertimbangkan.

"Pencawapresan nama kan banyak, ada 10. Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY, ya, kan? Pak sopo lagi? Pak Airlangga," ujar Puan, di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

"Nama-nama itu, ya, termasuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan, kalau boleh saya sebut nama itu dan semuanya tentu punya kelebihan-kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan, dan kemudian apakah itu bisa bekerja sama dengan calon presiden dari PDI Perjuangan sesuai dengan visi-misi, cita-cita, dan lain sebagainya," sambungnya.

Baca Juga: Kejutan di HUT PDIP, Ganjar: Bu Mega Kepengin PDIP Menang Hattrick

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya