Sekber KIB Dukung AHY Jadi Cawapres Anies Baswedan 

AHY akan sampaikan usulan ke Anies

Jakarta, IDN Times - Sekretariat Bersama Kuning-Ijo-Biru (Sekber KIB) menyambangi DPP Partai Demokrat di Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2023). Usai pertemuan, mereka menyatakan mendukung Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Cawapres mendampingi Anies Baswedan.

"Walaupun (Sekber) KIB gak memiliki kewenangan mengusung, tapi memiliki kewenangan mendukung, karena kita memiliki basis politik yang sama dengan Nasdem Demokrat PKS, karena (Sekber). KIB ini bukan relawan tapi organ Parpol," ujar perwakilan Sekber KIB sekaligus Ketua Forum Ka'bah Membangun, Habil Maryati, Rabu (7/6/2023).

1. Sekber KIB: Anies harus didampingi sosok dari militer

Sekber KIB Dukung AHY Jadi Cawapres Anies Baswedan Sekber Kuning Ijo Biru (KIB) pendukung Anies Baswedan menemui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (IDN Times/Aryodamar)

Habil menilai Anies Baswedan harus didampingi sosok berlatar belakang milter. Menurutnya, sosok ideal dari kalangan militer adalah AHY.

"(Sekber) KIB mendukung full Anies Rasyid Baswedan sebagai capres dan dilantik menjadi Presiden Indonesia pada 2024. Kemudian bahwa tentu harus didukung dengan apa yang menjadi cita-cita proklamasi yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, ini adalah tugas militer," ujarnya.

Baca Juga: Survei: Jika Anies Batal Nyapres, Prabowo Kalahkan Ganjar di 2024

2. AHY akan sampaikan usulan ke Anies

Sekber KIB Dukung AHY Jadi Cawapres Anies Baswedan Pertemuan Anies Baswedan dan AHY di DPP Demokrat, Kamis (2/2/2023). (dok. IDN Times/Istimewa)

Pada kesempatan yang sama, AHY mengapresiasi usulan Sekber KIB. AHY mengatakan bahwa usulan sosok bakal Cawapres yang disampaikan Sekber KIB akan disampaikan pada Anies Baswedan.

"Ada sejumlah kriteria cawapres yang sudah disepakati bersama tiga partai yang itu semua kita serahkan pada akhirnya kepada bakal calon presiden kita Mas anies rasyid Baswedan untuk bisa menentukan siapa yang dianggap terbaik dan bisa membawa kemenangan bersama kami," ujarnya.

3. Koalisi sebut Cawapres yang dampingi Anies akan mengejutkan

Sekber KIB Dukung AHY Jadi Cawapres Anies Baswedan Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Indonesia, Anies Baswedan saat wawancara khusus di acara Real Talk with Uni Lubis, Senin (15/5/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Seperti diketahui, hingga saat ini Anies Baswedan belum mengumumkan siapa sosok bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam Pemilu 2024. Koalisi Perubahan untuk Persatuan menyebut dalam waktu dekat ini akan ada deklarasi sosok pendamping Anies dan sosok yang dipilih akan mengejutkan.

"Pasangan ini benar-benar akan mengejutkan koalisi-koalisi dan capres-capres lain. Karena inilah yang ditunggu-tunggu rakyat," ujar Herzaky dalam keterangannya, Minggu (4/6/2023).

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Desakan Demokrat ke Anies soal Cawapres Dinilai Ganggu Soliditas KPP

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya