Comscore Tracker

Doa Saat Turun Hujan Deras Agar tak Menimbulkan Bencana

Doa saat turun hujan yang diajarkan Rasulullah SAW

Jakarta, IDN Times - Memasuki tahun 2021, intensitas hujan semakin tinggi. Bahkan di beberapa daerah, curah hujan yang tinggi menyebabkan terjadinya banjir dan longsor. Terbaru, Selasa (19/1/2021), banjir bandang terjadi di kawasan Gunung Mas Puncak, Desa Tugu Selatan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Banjir juga terjadi di Pidie Provinsi Aceh, juga di Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, Manado, dan sejumlah daerah lainnya yang umumnya dipicu curah hujan yang tinggi dan terus menerus.   

Dalam Islam, ada doa saat turun hujan deras yang diajarkan Rasulullah kepada kita yang bisa dipanjatkan untuk memohon agar tidak terjadi banjir atau bencana lainnya.

Baca Juga: Doa saat Dilanda Galau dan Cemas, Menenangkan Hati dan Pikiran 

1. Doa Saat Turun Hujan Deras yang Diajarkan Rasulullah

Doa Saat Turun Hujan Deras Agar tak Menimbulkan BencanaIlustrasi (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Dikutip dari nu.or.id, doa ini dibaca oleh Rasulullah ketika khotbah Jumat berlangsung. Saat itu seorang sahabat datang melapor bahwa hujan deras yang terjadi sekitar enam hari menyebabkan masyarakat kehilangan harta benda dan merusak fasilitas jalan. Lalu, Rasulullah SAW pun membaca doa tersebut. 

Berikut doa saat turun hujan deras yang diucapkan Rasulullah SAW:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَر

“Allahumma hawalaina wala ‘alaina, Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari."

Artinya: 

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan." 

2. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah

Doa Saat Turun Hujan Deras Agar tak Menimbulkan BencanaIlustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Disebutkan dalam nu.or.id, doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam Kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo, Darud Diyan lit Turats: 1987 M/1408 H), halaman 176.

Doa ini bisa diamalkan, apalagi akhir-akhir ini dimana intensitas hujan semakin tinggi. Hujan sebenarnya merupakan salah satu berkah yang diturunkan Allah SWT untuk mahkluknya. Namun tak jarang hujan juga memicu terjadinya bencana jika curah hujannya tinggi dan terus menerus, dengan kondisi alam di mana pohon atau hutan berkurang dan sungai-sungai atau selokan yang dipenuhi sampah. 

3. BMKG imbau masyarakat waspada banjir akibat curah hujan tinggi

Doa Saat Turun Hujan Deras Agar tak Menimbulkan BencanaMendung di langit Kota Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, saat ini sebagian besar wilayah Indonesia yaitu 94 persen dari 342 zona musim telah memasuki musim hujan. Karena itu, masyarakat diimbau mewaspadai potensi banjir, karena saat ini sebagian besar wilayah sudah memasuki puncak musim hujan dengan kemungkinan terjadi cuaca ekstrem.

Dikutip dari ANTARA, masyarakat diminta terus memperhatikan informasi BMKG guna mewaspadai gelombang tinggi khususnya pada 18-20 Januari 2021. Agar tidak terjadi banjir atau bencana maka kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk membaca doa saat turun hujan yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam tersebut.

Baca Juga: Hujan Lebat di Kabupaten Pidie Aceh, 6 Kecamatan Terendam Banjir 

Topic:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya