Golkar Resmi Dukung Prabowo, Sandiaga Uno: Saatnya Berkonsolidasi

PPP dan PDIP bakal segera menggelar konsolidasi koalisi

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar resmi bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN) dan PKB pada Minggu (13/8/2023).

Bergabungnya Partai Golkar yang bertepatan dengan satu tahun pembentukan KKIR itu disambut baik Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sandiaga Salahuddin Uno.

Dirinya menyampaikan selamat kepada para pimpinan partai dalam KKIR, yakni Prabowo Subianto, Muhaimin Iskandar, Zulkifli Hasan dan Airlangga Hartarto.

"Kalau memang itu yang telah disepakati, saya mengucapkan selamat," ungkap Sandiaga Uno ketika mengunjungi Desa Wisata Praijing, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur pada Minggu (13/8/2023). "Dan memang sekarang tinggal dua bulan lagi menuju pendaftaran, dan memang sudah saatnya bisa berkonsolidasi.".

1. PPP dan PDIP langsung berkoordinasi

Golkar Resmi Dukung Prabowo, Sandiaga Uno: Saatnya BerkonsolidasiGanjar Pranowo (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Bersamaan dengan kabar baik itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia itu mengaku akan berkoordinasi dengan Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono.

Sehingga, Mardiono dapat berkonsolidasi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) selaku partai koalisi.

"Dan saya tentunya akan berkoordinasi dengan pimpinan partai yang warna hijau, untuk berbicara dengan partai yang warna merah," ujar Sandiaga Uno disambut tawa.

Baca Juga: Sandiaga Uno Beri Catatan Agar Ekonomi Daerah di Manado Tumbuh

2. PPP dan PDIP akan menggelar konsolidasi koalisi

Golkar Resmi Dukung Prabowo, Sandiaga Uno: Saatnya BerkonsolidasiInfografis Sandiaga Uno bergabung ke PPP (IDN Times/Aditya Pratama)

Konsolidasi tersebut katanya akan segera digelar, mengingat Pilpres 2024 tinggal beberapa bulan lagi.

"Mungkin, karena waktunya sangat sempit dibandingkan dengan 2019 kita kampanye delapan bulan lebih, tapi sekarang ini hanya 70 hari, sedangkan wilayah yang harus dikunjungi ini sangat banyak, jadi memang sudah saatnya kita berkonsolidasi," ungkap Sandiaga Uno.

3. Golkar resmi dukung Prabowo

Golkar Resmi Dukung Prabowo, Sandiaga Uno: Saatnya BerkonsolidasiMenko Perekonomian Airlangga Hartarto diperiksa di Kejagung sejak pukul 08.25 hingga 21.05 WIB terkait ekspor CPO, Senin (24/7/2023) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Partai Golkar dan Partai  Amanat Nasional (PAN) resmi mendeklarasikan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024. Deklarasi itu disampaikan di Museum Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto terlebih dulu menyampaikan dukungannya kepada Prabowo.

"Partai Golkar memberikan dukungannya kepada Bapak Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024-2029," ujar Airlangga, Minggu (13/8/2023).

Airlangga kemudian menyampaikan alasan Golkar mendukung Prabowo sebagai Capres 2024.

"Karena Bapak Prabowo Subianto lahir dari rahim Partai Golkar. Oleh karena itu, beliau selalu mengikuti kegiatan di Partai Golkar dan kekaryaannya tidak diragukan lagi, egaliter, searah, sejalan dan setujuan dengan Partai Golkar," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) juga menyampaikan deklarasi partainya mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024.

"Melalui pertimbangan yang matang, DPP PAN telah memutuskan untuk memberikan calon presiden periode 2024-2029 kepada Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto. Semoga Allah SWT meridai apa yang telah kita sepakati apa yang kita putuskan," kata Zulhas.

Baca Juga: Laskar Prabowo 08 Deklarasi Dukung Prabowo Capres 2024

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya