Tour De Walisongo PKB: Anies dan Cak Imin Bakal Ziarah ke Sunan Ampel

Tour De Walisongo digelar pada 8-10 September 2023

Jakarta, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar kegiatan napak tilas ke makam Wali Songo selama tiga hari, mulai 8-10 September 2023.

Kegiatan Tour De Walisongo itu disebut sebagai salah satu tirakat yang dilakukan Ketua Umum PKB sekaligus bakal cawapres Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin jelang kontestasi Pemilu 2024.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Anies dan Cak Imin dijadwalkan bakal bertemu dan berziarah bersama ke makam Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, pada 9 September 2023.

Insya Allah di sana kita akan ziarah dan langsung Gus Muhaimin Insya Allah Pak Anies juga akan berkenan bersama-sama juga di Sunan Ampel untuk berziarah berdoa melakukan tirakat, bismillah kita akan melakukan terbaik untuk bangsa ini,” kata Ketua DPP PKB, Cucun Ahmad di DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2023).

Baca Juga: Yenny Wahid Bertemu Prabowo, PKB: Hanya Pendukung Bukan Kontestan

1. Tour De Walisongo menggali nilai-nilai kepemimpinan wali songo

Tour De Walisongo PKB: Anies dan Cak Imin Bakal Ziarah ke Sunan AmpelKetua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal (Kiri) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Cucun menjelaskan, Tour De Walisongo sudah digagas jauh-jauh hari, sebelum deklarasi Anies Baswedan dan Cak Imin di Surabaya.

"Napak tilas perjuangan sejarah para wali ini kita akan menggali nilai-nilai yang ada, yang melekat bagaimaja dulu kepemimpinan para wali songo ini menggabungkan antara kepemimpinan agama dan negara," kata Cucun.

"Kami membuat kegiatan napak tilas perjuangan wali songo ini merupakan salah satu bentuk tirakatan PKB dan Gus Muhaimin menghadapi, menyongsong Pemilu 2024," sambungnya.

Baca Juga: Cak Imin Ungkap 3 Tersangka Korupsi Sistem Proteksi TKI Kemnaker

2. Napak tilas memperkuat figur Cak Imin sebagai sosok yang merepresentasikan santri

Tour De Walisongo PKB: Anies dan Cak Imin Bakal Ziarah ke Sunan AmpelKetua Umum PKB Muhaimin Iskandar menghadiri pemeriksaan KPK, Jakarta, Kamis (7/9/2023). (IDN Times/Aryodamar)

Cucun mengatakan, napak tilas ini dilakukan untuk memperkuat figur Cak Imin sebagai sosok yang merepresentasikan santri. Napak tilas juga merupakan upaya untuk menguatkan figur Cak Imin sebagai sosok moderat.

"Sebagai sosok moderat yang mampu mengawinkan nilai agama dengan modernitas sebagai jalan terbaik bagi terwujudnya bangsa Indonesia, cita-citanya negara yang berdaulat, adil dan makmur," ungkapnya.

Baca Juga: PKB Janji BBM Gratis Jika Cak Imin Menang, Golkar: Tak Realistis!

3. Tour De Walisongo juga menghadirkan pasar rakyat dan pengobatan gratis

Tour De Walisongo PKB: Anies dan Cak Imin Bakal Ziarah ke Sunan AmpelKetum PKB, Muhaimin Iskandar usai jalani pemeriksaan di KPK pada Kamis (7/9/2023). (IDN Times/Aryodamar)

Dalam napak tilas itu, PKB bersama Cak Imin akan melakukan ziarah ke makam Wali Songo, tahlil dan doa bersama kiai, menggelar pasar rakyat hingga pengobatan gratis.

Cucun mengatakan, pihaknya juga akan mengkaji kegiatan napak tilas tersebut untuk melihat bagaimana tempat ziarah dapat menjadi destinasi wisata religi yang berdampak pada ekonomi rakyat.

"Akan mengkaji bagaimana dampak dari pada adanya tempat ziarah destinasi wisata religi ini bisa memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitarnya," ujar Cucun.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya