Luhut Ungkap Alasan Pilih Berobat di Singapura  

Berharap dapat lingkungan pemulihan yang lebih optimal

Jakarta, IDN Times - Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan membagikan momen proses pemulihannya di Singapura selama absen jadi menteri. Lewat akun Instagramnya, dia membagikan kondisi terkini pasca sakit yang dialaminya.

Dia memberikan jawaban kenapa tidak menjalani pengobatan di Indonesia dan malah memilih Singapura.

“Saya menyadari banyak pertanyaan yang muncul terkait mengapa saya tidak berobat di Indonesia, malah pergi ke Singapura. Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, di mana saya mendapat tindakan medis awal,” kata Luhut dari akun instagramnya, dikutip Sabtu (4/11/2023).

1. Keluarga berharap dia dapat lingkungan pemulihan yang lebih optimal

Luhut Ungkap Alasan Pilih Berobat di Singapura  Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat jalani pengobatan di Singapura (Instagram/Luhut.Pandjaitan)

Luhut mengatakan, dia mendapat tawaran dari keluarga agar menjalani pengobatan di Singapura, dengan harapan mendapat lingkungan dan pemulihan yang optimal.

“Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura,” kata dia.

Baca Juga: Kesehatan Membaik, Luhut Mulai Intip Urusan Pekerjaan di HP

2. Awal ke Singapura, Luhut hanya ditemani ajudan, istri dan anak

Luhut Ungkap Alasan Pilih Berobat di Singapura  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Luhut mengaku pada awal proses pengobatan dan pemulihan di Singapura, dia hanya ditemani tim dokter, satu orang ajudan, istri dan anaknya. 

“Tidak ada tamu, tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab, semua harus lewat tangan ajudan, sebuah keputusan berlandaskan kasih yang mendalam,” kata Luhut.

“Papa, fokus untuk pulih dahulu, sisanya bisa menunggu.” lanjut Luhut menirukan ucapan istri dan anaknya.

3. Sudah mendapat kunjungan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo

Luhut Ungkap Alasan Pilih Berobat di Singapura  Ngobrol Seru bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Dia mengaku, menjalani pemulihan di luar Indonesia adalah pilihan yang bijak karena ada progres kesehatan yang berangsur membaik.

Luhut mengatakan sudah melihat ponsel sesekali dan melirik pekerjaannya sebagai Menko dari jauh, bahkan sudah menerima kunjungan dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin, para Menteri dan teman-teman terdekatnya. 

“Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali,” ujar Luhut.

Baca Juga: Jenguk Luhut di Singapura, Jokowi: Alhamdulillah Kondisinya Membaik

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya