Alasan Hary Tanoe Putuskan Dukung Ganjar di Pilpres 2024

PDIP dianggap partai paling siap

Jakarta, IDN Times - Partai Perindo memutuskan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024. Dukungan itu tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

"Sebagaimana tadi sudah dilihat, resmi kami menandatangani kesepakatan kerja sama politik dengan PDI Perjuangan yang tentunya diwakilli oleh Ibu kita, Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Hary Tanoe dalam konferensi pers di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga: Usai Bertemu Megawati, Perindo Resmi Dukung Ganjar di Pilpres 2024

1. PDIP dianggap partai paling siap

Alasan Hary Tanoe Putuskan Dukung Ganjar di Pilpres 2024Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hary Tanoe menjabarkan alasan mendukung Ganjar Pranowo. Ia menilai, PDIP merupakan partai paling siap mengusung calon presiden. PDIP juga memiliki 20 persen presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden.

"Kenapa PDI Perjuangan? Banyak orang tanya, dan sebelum ditanya secara resmi, di sini saya jawab, karena PDI Perjuangan adalah partai yang paling siap hari ini. Yang memenuhi threshold di atas 20 persen untuk mengusung capres. Jadi, ada satu kepastian untuk kami memulai suatu perjuangan. itu yang pertama," ucap dia.

Baca Juga: Didukung Perindo, Ganjar Yakin Menang 1 Putaran di Pilpres 2024

2. Memiliki ideologi yang sama

Alasan Hary Tanoe Putuskan Dukung Ganjar di Pilpres 2024Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kedua, kata Hary Tanoe, PDIP dan Perindo memiliki filosofi dan ideologi yang sama. Oleh karena itu, Hary Tanoe yakin bekerja sama dengan PDIP.

"Sama-sama landasannya adalah Pancasila, berjuang untuk kesejahteraan rakyat Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Senyum Mega saat Terima Lagu Ganjar Siji Ganjar Kabeh dari Encik

3. Ganjar merupkan figur yang kuat

Alasan Hary Tanoe Putuskan Dukung Ganjar di Pilpres 2024Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hary Tanoe juga melihat Ganjar sebagai figur yang kuat sebagai Capres 2024. Ganjar dianggap dekat dengan masyarakat.

"Kita tahu sangat diterima masyarakat, masih muda dan yang paling penting memiliki komitmen untuk melanjutkan pembangunan apa yang sudah baik yang kita lihat pada hari ini," ujar dia.

Selain itu, Ganjar telah menyatakan akan meneruskan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurutnya, program berkelanjutan dari pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo perlu dilanjutkan.

"Itu adalah tiga hal yang melatarbelakangi mengapa kami pada akhirnya memutuskan untuk bekerja sama politik dengan PDI Perjuangan," imbuhnya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya