Dukung Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid Cuti dari Pengurus PBNU

Yenny juga cuti dari Wahid Foundation agar tetap netral

Jakarta, IDN Times - Yenny Wahid menyatakan sudah mengajukan cuti sebagai Ketua Badan Pengembangan Inovasi Strategis Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Sebab, Yenny kini sudah menjadi Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Saya cutinya bukan cuma dari NU, Wahid Foundation juga sudah lama, begitu saya deklarasi, saya segera cuti dari kegiatan-kegiatan lembaga yang memang sifatnya harus netral, pertama saya cuti dari Wahid Foundation, itu lembaga saya sendiri sebetulnya, cuma karena kita banyak kerja sama dengan lembaga internasional seperti PBB, saya harus menunjukkan netralitas, memastikan bahwa mereka tahu lembaga Wahid Foundation netral," ujar Yenny usai menjadi pembicara dalam acara Indonesia Millennial and Gen Z Summit 2023 By IDN Media di Senayan Park, Jakarta, Minggu (26/11/2023).

Yenny mengaku, sudah menghubungi Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf untuk mengajukan cuti dari PBNU.

"Saya langsung telepon Pak Sekjen, langsung kontak-kontakan Pak Sekjen secara lisan, saya cuti sementara," kata dia.

Meski demikian, Yenny mengaku tidak mengirimkan surat cuti. Dia menyebut, pengajuan cutinya secara lisan sudah disetujui dalam rapat PBNU.

"Administrasi itu sudah diterima dalam rapat, ya sudah itu, sudah diterima secara lisan," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf, mengingatkan semua jajaran pengurus untuk cuti atau mengundurkan diri, apabila bergabung dalam tim pemenangan calon presiden-calon wakil presiden 2024. Dia mengingatkan para pengurus PBNU yang bergabung ke tim pemenangan hanya boleh membawa nama pribadi.

"Kalau posisi resmi, dia harus cuti atau bahkan harus mundur, kalau posisi resmi, tergantung ada kategori-kategori dalam aturan yang kami miliki, ya, misal jadi tim sukses, itu ada aturan-aturan," ujar Yahya di kantor PBNU, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

"Tapi kalau cuma pribadi, gak jadi apa-apa sebagai rakyat, kita ya gak bisa halangi toh," imbuhnya.

Diketahui, IDN Media menggelar IMGS 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara. 

IMGS 2023 diadakan pada 24 sampai 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024. 

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

Baca Juga: Gus Yahya Sebut Pengurus PBNU Dukung Capres Harus Cuti, Termasuk Yenny

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya