Ganjar Akui Ada Parpol Lain Sodorkan Nama Cawapres

Ganjar harap semua pihak bersabar soal nama cawapresnya

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani mengungkap sejumlah nama yang masuk menjadi radar calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Ganjar mengatakan, nama cawapres akan dibahas bersama dengan partai politik (parpol) koalisi.

"Jadi, urusan cawapres karena banyak partai masih akan bekerja sama dengan PDI Perjuangan, maka pasti akan terjadi berembuk," ujar Ganjar di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

Baca Juga: Puan Ungkap Mahfud, Erick hingga AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar

1. Parpol lain sudah sodorkan nama cawapres

Ganjar Akui Ada Parpol Lain Sodorkan Nama CawapresPuan Maharani dan Ganjar Pranowo saat konferensi pers di Rakernas III PDIP (IDN Times/Tata Firza)

Ganjar mengaku, sejumlah parpol sudah menyodorkan nama cawapres. Nama-nama itu akan menjadi masukan dan dibahas dalam musyawarah bersama.

"Masing-masing sudah melemparkan, 'boleh ndak calonnya dari kami?' Boleh, nanti akan dimasukkan, nanti akan kita rapatkan, tentu persis seperti Mbak Puan sampaikan, Bu Ketum sampaikan, kita akan bahas bareng-bareng setelah mengerucut dikonsultasikan, nanti dikomunikasikan dengan capresnya agar kita bisa bareng. Jadi, sabar," kata dia.

Baca Juga: Momen Megawati Rapikan Kopiah Ganjar di Rakernas III PDIP

2. Mahfud, Erick Thohir, hingga AHY masuk radar cawapres Ganjar

Ganjar Akui Ada Parpol Lain Sodorkan Nama CawapresPuan Maharani saat konferensi pers di Rakernas III PDIP (IDN Times/Tata Firza)

Sebelumnya, Puan membeberkan sejumlah nama yang masuk dalam radar cawapres Ganjar. Nama-nama itu di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD; Menteri BUMN Erick Thohir; hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Pencawapresan nama kan banyak, ada 10. Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY, ya kan? Pak sopo lagi? Pak Airlangga," ujar Puan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

Puan mengatakan, sejumlah nama itu telah masuk dalam peta pembahasan di PDIP. Ia menjelaskan, para kandidat itu memiliki kelebihan masing-masing.

"Kalau boleh saya sebut nama itu dan semuanya tentu punya kelebihan-kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan dan kemudian apakah itu bisa bekerja sama dengan calon presiden dari PDI Perjuangan, sesuai dengan visi-misi, cita-cita, dan lain sebagainya," jelasnya.

Baca Juga: Kejutan di HUT PDIP, Ganjar: Bu Mega Kepengin PDIP Menang Hattrick

3. Akan dibahas di internal PDIP

Ganjar Akui Ada Parpol Lain Sodorkan Nama CawapresKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri (kedua kanan) memberikan keterangan disaksikan Presiden Joko Widodo (tengah), bakal Capres Ganjar Pranowo (kanan), Ketua DPP Puan Maharani (kedua kiri) dan Ketua DPP Prananda Prabowo (kiri) saat sesi konferensi pers Rakernas PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (6/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Puan mengatakan, nama-nama yang masuk dalam radar cawapres akan dibahas secara internal dengan partai koalisi. Setelah itu, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati akan menyampaikan kepada Ganjar Pranowo.

"Setelah mengerucut, kami atau Ibu Ketua Umum akan sampaikan ke capresnya, apakah nyaman dengan nama A, B, C itu," imbuhnya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya