Ganjar Dorong Danau Toba Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

Ganjar harap masyarakat dilibatkan dalam pengembangan wisata

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo,  melakukan kunjungan ke Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut), Minggu (12/11/2023). Dalam kesempatan itu, Ganjar mendorong agar Danau Toba menjadi destinasi wisata kelas dunia.

"Danau Toba dan area ini sangat cantik. Saya kira, bisa dikembangkan untuk menjadi tempat destinasi wisata kelas dunia," ujar Ganjar dikutip, Senin (13/11/2023).

Baca Juga: Bertemu dengan Tokoh Masyarakat di Sumut, Ganjar Bicara soal Kerukunan

1. Masyarakat harus terlibat

Ganjar Dorong Danau Toba Jadi Destinasi Wisata Kelas DuniaGanjar Pranowo berkunjung ke Tanau Toba di Sumatra Utara (Sumut), pada Minggu (12/11/2023) (IDN Times/Istimewa)

Ganjar mengatakan, masyarakat juga harus terlibat dalam pengembangan wisata. Menurutnya, warga harus bisa memahami dan mengolah potensi wisata di wilayahnya.

Selain itu, masyarakat juga harus terlibat dalam menjaga keberlangsungan pariwisata di daerahnya.

Baca Juga: Berkunjung ke Danau Toba, Ganjar Didoakan Jadi Presiden

2. Ganjar mengunjungi stand UMKM

Ganjar Dorong Danau Toba Jadi Destinasi Wisata Kelas DuniaGanjar Pranowo berkunjung ke Danau Toba yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara, pada Minggu (12/11/2023) (IDN Times/Istimewa)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu kemudian berkunjung ke stand UMKM yang berada di sekitar Danau Toba. Dia memuji produk lokal yang dijual.

"Tadi ditunjukkan produk UMKM yang bagus sekali, kreasinya bagus. Anak-anak mudanya punya desain-desain yang bagus. Kemudian, para seniornya bisa buat kerajinan yang sangat bagus dan indah sekali," ucap dia.

3. Ganjar dorong adanya pemberian filosofi dalam karya UMKM

Ganjar Dorong Danau Toba Jadi Destinasi Wisata Kelas DuniaGanjar Pranowo berkunjung ke Danau Toba yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara, pada Minggu (12/11/2023) (IDN Times/Istimewa)

Ganjar mendorong agar karya yang dihasilkan dari produk UMKM di Danau Toba diberi narasi mengenai filosofinya. Sehingga, para pembeli mengetahui maknanya.

"Tadi, saya minta agar narasi dari setiap corak yang ada, agar masyarakat di luar mengerti proses, filosofi pewarnaan, bahwa ini memiliki teknik tinggi. Harusnya punya tekonologi yang cukup bagus, tentu ini bisa mendukung potensi pariwisata di sini," kata dia.

Danau Toba memang ditetapkan sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) oleh Kemenparekraf RI sejak 2022. Hal ini menunjukkan keseriusan pemerintah membangun dan mengembangkan kawasan ini menjadi destinasi wisata unggulan, sehingga bisa makin dikenal wisatawan lokal dan internasional.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya