Hadiri Mubes PGPI, Ganjar Janji Bakal Permudah Dirikan Gereja

Ganjar jamin soal kebebasan dirikan rumah ibadah

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, hadir dalam Mubes IX Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) di Jakarta, Kamis (30/11/2023). Dalam acara tersebut, ia mendapat masukan tentang sulitnya mendirikan gereja.

"Sampai bertahun-tahun izin belum juga keluar. Bagaimana kami mau ibadah, kalau urus izin pendirian tempatnya saja susah," ujar Ketua PGPI, Pendeta Jason Bolompapueng.

Baca Juga: Ganjar: Pemilih Pemula Lebih Tertarik Gimik Ketimbang Ide

1. Harap Ganjar bila jadi presiden bisa jamin kebebasan pendirian rumah ibadah

Hadiri Mubes PGPI, Ganjar Janji Bakal Permudah Dirikan GerejaGanjar Pranowo, hadir dalam Mubes IX Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) pada Kamis (30/11/2023) di Jakarta (IDN Times/Istimewa)

Jason berharap, ketika Ganjar terpilih menjadi presiden pada 2024, bisa menjamin kebebasan rumah ibadah, khususnya gereja.

"Kenapa kami curhat ini ke bapak? Karena kami tahu Pak Ganjar sangat nasionalis. Semoga Tuhan memberkati bapak, dijauhkan dari rencana jahat manusia," ucap dia.

Baca Juga: Ganjar Ungkap Berbagai Tantangan Media Massa di Era Digital

2. Ganjar jamin pendirian rumah ibadah dipermudah

Hadiri Mubes PGPI, Ganjar Janji Bakal Permudah Dirikan GerejaGanjar Pranowo, hadir dalam Mubes IX Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) pada Kamis (30/11/2023) di Jakarta (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Ganjar menjamin pendirian rumah ibadah dipermudah bila ia menjadi presiden pada 2024. Sebab, hal itu merupakan amanat konstitusi.

"Izin pendirian tempat ibadah harus dipermudah dan tidak boleh ada yang mempersulit karena konstitusi menjamin itu. Termasuk masyarakat yang beribadah sesuai agamanya masing-masing, tidak boleh ada yang mengganggu," kata Ganjar.

3. Peran FKUB harus dimaksimalkan

Hadiri Mubes PGPI, Ganjar Janji Bakal Permudah Dirikan GerejaGanjar Pranowo (IDN Times/ M. Ilman Nafi'an)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga menyebut, peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) harus dimaksimalkan. Terutama yang berkaitan dengan edukasi kepada masyarakat.

"Maka edukasi itu penting, peran FKUB penting untuk kita saling menjaga satu sama lain. Kebebasan beragama itu kan bukan lagi diatur dalam PP atau undang-undang, namun diatur peraturan tertinggi yakni konstitusi UUD 1945," imbuhnya.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) memberikan waktu kampanye 75 hari kepada tiga pasangan capres-cawapres, mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan, 11 Februari-13 Februari 2024 memasuki masa tenang, dan 14 Februari 2024 hari pencoblosan.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/3pWQQVOP7r0

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya