Hasil Rakernas Golkar, Airlangga Dimandatkan Tentukan Capres-Cawapres

Golkar mendukung pemilu dengan sistem proporsional terbuka

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar telah menyelesaikan rapat kerja nasional (rakernas) tahun 2023. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan hasil rakernas 2023 secara langsung.

"Yang pertama, untuk pilpres memberikan mandat kepada ketua umum untuk menetapkan capres-cawapres dan koalisi bersama Partai Golkar," ujar Airlangga dalam konferensi pers di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Minggu (4/6/2023).

Kedua, seluruh DPD dan organisasi sayap Golkar meminta agar pemilu 2024 masih menggunakan sistem proporsional terbuka. Partai Gollkar diminta memperjuangkan agar sistem proporsional terbuka tetap dijalankan.

"Yang ketiga, terkait dengan pemilu yang saat sekarang Partai Golkar bakal calon legislatif masih menurut alfabetis, nah ini diminta untuk pada waktunya dibuat berdasarkan nomor urut," ucap dia.

Selain itu, hasil rakernas juga mengamanatkan agar perempuan diberikan kuota 30 persen untuk maju sebagai calon legislatif di Pileg 2024. DPD dan organisasi sayap juga diwajibkan memenangkan Golkar di Pemilu 2024.

"Seluruhnya berkewajiban untuk memenangkan Partai Golkar," imbuhnya.

Baca Juga: Rakernas Golkar Dimulai, Pekik Airlangga Presiden Menggema

Baca Juga: Airlangga Puji Gubernur Lampung: Itulah Pemain Partai Golkar

Baca Juga: Airlangga Beri Tugas Ridwan Kamil Menangkan Golkar di Jabar-Banten-DKI

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya