Hasto Sebut Menteri PUPR Basuki Masuk Radar Cawapres Ganjar

Basuki masuk radar karena sukses bangun infrastruktur

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyebut nama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono masuk dalam radar calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Hasto mengatakan, Basuki masuk dalam radar cawapres karena dianggap berhasil menjalankan perintah Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam pembangunan infrastruktur.

"Muncul juga nama Pak Basuki menteri PUPR. Karena beliau ada ini dari daerah Aceh mengalami kemajuan, Papua mengalami kemajuan, Sumatra Palembang alami kemajuan dalam pembangunan infrastruktur kemudian NTT mengalami kemajuan, ada yang diusulkan Pak Basuki yang dikatakan Pak Jokowi sebagai bapak infrastruktur," ujar Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga: Puan Ungkap Mahfud, Erick hingga AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar

1. Rakernas hari kedua PDIP fokus soal strategi pemenangan Pemilu 2024

Hasto Sebut Menteri PUPR Basuki Masuk Radar Cawapres GanjarSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (tengah) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto menerangkan, nama-nama cawapres itu masih dikaji internal PDIP. Menurutnya, Rakernas III PDIP di hari kedua berfokus pada pemenangan Pemilu 2024.

"Rakernas ini membahas gerakan mesin partai, penggalangan tokoh strategi pemenangan pemilu, persiapan saksi yang sangat detail, pelatihan juru kampanye, pelatihan kaum milenial dan gen z agar mereka terlibat dalam demokratisasi ini, kemudian visi misi," kata dia.

"Nah terkait dengan cawapres itu nanti ada tim khusus, dipimpin oleh langsung Ibu Ketua Umum di situ ada Mas Prananda ada Mba Puan, dan ini secara dinamis kemudian ibu ketua umum secara periodik juga berkomunikasi dengan Bapak Presiden Jokowi dan juga dengan para ketua umum yang sudah menyatakan dukungan terhadap Pak Ganjar ini nanti ada komunikasi," ucap Hasto lagi.

Baca Juga: Puan soal Jokowi Dukung Ganjar 100 Persen: Cermati Sendiri

2. Puan ungkap Mahfud, Erick hingga AHY masuk rada cawapres Ganjar

Hasto Sebut Menteri PUPR Basuki Masuk Radar Cawapres GanjarPuan Maharani saat konferensi pers di Rakernas III PDIP (IDN Times/Tata Firza)

Sebelumnya, Puan membeberkan sejumlah nama yang masuk dalam radar menjadi cawapres Ganjar. Nama-nama itu di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Pencawapresan nama kan banyak, ada 10. Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kami, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY, ya kan? Pak sopo lagi? Pak Airlangga," ujar Puan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

"Nama-nama itu ya termasuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan, kalau boleh saya sebut nama itu dan semuanya tentu punya kelebihan-kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan dan kemudian apakah itu bisa bekerja sama dengan calon presiden dari PDI Perjuangan, sesuai dengan visi-misi, cita-cita, dan lain sebagainya," sambungnya.

Baca Juga: Ganjar Akui Ada Parpol Lain Sodorkan Nama Cawapres

3. Akan dibahas di internal PDIP

Hasto Sebut Menteri PUPR Basuki Masuk Radar Cawapres GanjarPuan Maharani dan Ganjar Pranowo saat konferensi pers di Rakernas III PDIP (IDN Times/Tata Firza)

Puan mengatakan, nama-nama yang masuk dalam radar nantinya dibahas secara internal dengan partai koalisi. Setelah itu, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati akan menyampaikan ke Ganjar Pranowo.

"Setelah mengerucut, kami atau Ibu Ketua Umum akan sampaikan ke capresnya, apakah nyaman dengan nama A, B, C itu," imbuhnya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya