KPI Surati TV yang Tampilkan Ganjar di Tayangan Azan

KPI tunggu waktu stasiun TV berikan klarifikasi

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo menjadi sorotan karena muncul di tayangan azan magrib di stasiun televisi (TV). Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengaku segera meminta klarifikasi kepada stasiun TV tersebut.

"Kami tengah lakukan kajian terhadap hal tersebut dan kami minta segera klarifikasi lembaga penyiaran yang menayangkan," ujar Komisioner Bidang pengawasan Isi Siaran KPI, Aliyah kepada IDN Times, Senin (11/9/2023).

Baca Juga: Ganjar Muncul di Tayangan Azan Magrib Stasiun TV, PDIP Buka Suara

1. KPI kirimkan surat

KPI Surati TV yang Tampilkan Ganjar di Tayangan AzanBacapres Ganjar Pranowo muncul di tayangan Azan Magrib stasiun TV (dok. Istimewa) ganjarazan azanganjar

Aliyah menerangkan, KPI juga sudah mengirimkan surat kepada stasiun TV yang menampilkan Ganjar di tayangan azan magrib.

"Kami juga sudah mengirimkan surat kepada lembaga penyiaran tersebut, tinggal tunggu respons kesediaan waktu dari pihak lembaga penyiaran," kata dia.

Baca Juga: Ganjar Muncul dalam Tayangan Azan di TV, Gerindra: Serahkan ke Bawaslu

2. PDIP buka suara

KPI Surati TV yang Tampilkan Ganjar di Tayangan AzanSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hasto Kristiyanto menegaskan, tayangan azan magrib yang menampilkan Ganjar bukan sebagai politik identitas.

"Bukan (politik identitas), karena dari sisi Pak Ganjar Pranowo, saya sendiri belum melihat ya, sehingga sebelum nanya lebih lanjut ya nanti saya lihat dulu," kata dia kepada awak media di Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (9/9/2023).

3. Ganjar dikenal religius dan rajin beribadah

KPI Surati TV yang Tampilkan Ganjar di Tayangan AzanBacapres Ganjar Pranowo muncul di tayangan Azan Magrib stasiun TV (dok. Istimewa)

Meski demikian, Hasto menegaskan, Ganjar merupakan sosok yang religius. Menurutnya, tayangan itu tidak dibuat-buat. Bahkan dia menyebut sejak mahasiswa, Ganjar dikenal sebagai figur yang rajin beribadah dan santun.

"Tetapi kan Pak Ganjar Pranowo ini kan sosok yang religius, religiusitasnya tidak dibuat-buat, istrinya Bu Siti Atiqoh juga dari kalangan pesantren menampilkan kehidupan spritualitas yang mencerminkan sebagai manusia yang bertakwa kepada Tuhan, bukan sesuatu yang dibuat-buat," ucap dia.

Menurut Hasto, tayangan azan yang berisi Ganjar itu tak masalah lantaran mengajak masyarakat untuk berbuat kebaikan dengan beribadah.

"Sehingga jangan menampilkan identitas yang menunjukkan spritualitas sebagai bangsa itu kemudian dikatakan politik ide," jelas dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Muncul di Azan TV, Cak Imin: Tugas KPI dan Bawaslu

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya