Pensiun dari Gubernur Jateng, Ganjar Keluarkan Manifesto

Ganjar ajak kompetitornya bertarung secara sehat

Jakarta, IDN Times - Capres asal PDI Perjuagan (PDIP) Ganjar Pranowo kini sudah tak lagi menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) sejak 5 September 2023. Dia kemudian mengeluarkan manifesto edisi pertama di kanal YouTube-nya.

Manifesto berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan pernyataan terbuka tentang tujuan dan pandangan seseorang atau suatu kelompok. Dalam manifestonya, Ganjar menyerukan persatuan, bukan berseteru.

“Kita harus mengadu gagasan bukan perseteruan, bubuhkan persatuan bukan perpecahan, merawat kerukunan bukan kebencian,” ujar Ganjar Pranowo dalam video bertajuk ManifestoGanjar #1 seperti dikutip IDN Times, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga: Wamenag: Ganjar Muncul di Tayangan Azan TV Bukan Politik Identitas

1. Ganjar sebut Pemilu 2024 bukan hanya soal dirinya

Pensiun dari Gubernur Jateng, Ganjar Keluarkan ManifestoBakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Dalam video berdurasi tujuh menit itu, Ganjar menyebut Pemilu 2024 bukan soal dirinya. Namun, dia memikirkan masa depan bangsa dengan ratusan juta penduduknya.

Karenanya, Ganjar mengajak semua kontestan politik pada Pemilu 2024, agar mengedepankan gagasan, bukan mengorbankan kerukunan, kedamaian demi meraih kemenangan.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jogging di GBK, Diiringi 'Glory Glory Ganjar Presiden'

2. Ganjar ajak bersaing sehat

Pensiun dari Gubernur Jateng, Ganjar Keluarkan ManifestoGanjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Ganjar kemudian mengajak kompetitornya untuk bersaing sehat. Sehingga, para pendukung dan simpatisan tak saling hujat satu sama lain.

Dalam video itu, Ganjar juga menceritakan dirinya lahir dari keluarga sederhana. Dia menyebut, ibunya sering berutang ke warung agar keluarganya bisa tetap makan.

Selain itu, Ganjar mengaku kuliahnya hampir terputus lantaran tidak ada biaya. Karena itu, dia bertekad untuk menyejahterakan masyarakat.

“Jangan pernah ada. Mimpi saya semua rakyat Indonesia sejahtera dan memiliki masa depan yang jauh lebih baik,” ujar dia.

3. Ganjar bersyukur memiliki keluarga sederhana

Pensiun dari Gubernur Jateng, Ganjar Keluarkan ManifestoBakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Meski demikian, Ganjar mengaku bersyukur lahir dari keluarga sederhana. Dia menyebut orang tuanya telah berhasil mendidiknya. Berkat pendidikan dari orang tua itulah, ia punya bekal hidup hingga kini.

“Ini jauh berharga ketimbang harta,” ucap Ganjar.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/pa5wMZBaEYs

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya