Prabowo Dinilai Bisa Lanjutkan Strategi Geopolitik Jokowi

Prabowo dinantikan untuk pidato di forum PBB

Jakarta, IDN Times - Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto dinilai bisa melanjutkan strategi geopolitik Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Pakar hubungan internasional dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Robi Sugara, mengatakan Prabowo mampu melanjutkan peran Jokowi yang menjadikan Indonesia disegani di dunia internasional.

“Prabowo bukan hanya melengkapi, tapi menyempurnakan peran Indonesia di kancah internasional. Jokowi sudah bagus dan berhasil membawa Indonesia disegani di kawasan ASEAN," kata Robi Sugara, dalam keterangannya, dikutip Sabtu (27/4/2024).

Baca Juga: Pesan Anies ke Prabowo: Biarkan Partai Beroposisi agar Muncul Diskusi

1. Indonesia sukses menjadi Ketua ASEAN 2023

Prabowo Dinilai Bisa Lanjutkan Strategi Geopolitik Jokowimembuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEAN-Republik Korea 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Robi mengatakan, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia sukses menjadi Ketua ASEAN 2023. Dia berharap, Prabowo bisa melanjutkan nama Indonesia yang sudah baik di dunia internasional.

"Kepemimpinan strategis Prabowo akan menyempurnakan keberhasilan Jokowi. Prabowo diyakini akan mampu menyuarakan kepentingan negara Indo-Pasifik dan negara berkembang lainnya, termasuk Indonesia di dunia internasional," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Beri Ruang Masuknya Program Prabowo-Gibran pada RAPBN 2025

2. Peran Jokowi di dunia internasional sangat kuat selama menjadi Presiden RI

Prabowo Dinilai Bisa Lanjutkan Strategi Geopolitik JokowiKonferensi pers Presiden RI, Joko "Jokowi" Widodo, usai acara G20 Indonesia 2022 pada Rabu (16/11/2022). (youtube.com/Kominfo TV)

Dalam kesempatan itu, Robi menyebut peran Jokowi di dunia internasional sangat kuat selama menjadi Presiden RI. Dia pun yakin Prabowo bisa melanjutkan kesuksesan Jokowi.

“Prabowo sudah terbukti mampu tampil di panggung internasional. Misalnya dia tampil pertama kali di forum yang strategis, seperti yang sudah disampaikan kepada dunia tentang resolusi konflik Rusia-Ukraina,” kata dia.

3. Nantikan pidato Prabowo di forum PBB

Prabowo Dinilai Bisa Lanjutkan Strategi Geopolitik JokowiCalon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto hadir di acara ‘Silaturahmi Relawan Prabowo-Gibran Se-Sulsel’ di Gor Sudiang pada Jumat (2/2/2024). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Lebih lanjut, Robi mengaku menantikan pidato Prabowo di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Kita sama-sama menantikan Prabowo pidato di forum PBB, dia akan menggelegar. Terkait urusan dalam negeri menurut saya akan dibantu Gibran dalam melanjutkan program Pak Jokowi dan dia paham. Jadi di kepemimpinan ini akan lebih menarik,” imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya