Puan Ajak Jurkam Pemenangan Ganjar Ciptakan Pemilu Penuh Cinta

Puan tak ingin pemilu jadi ajang pemecah belah

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Bidang Politik PDI Perjuangan (PDI), Puan Maharani, mengajak juru kampanye (jurkam) pemenangan Ganjar Pranowo untuk menciptakan pemilu yang damai, penuh cinta, dan riang gembira pada Pemilu 2024.

Puan mengatakan, pemilu sejatinya digelar bukan untuk memecah belah.

“Kita ini perlu membangun pemilu yang akan datang itu dengan fun, gembira, saling menyayangi, saling mencintai. Intinya adalah kita bersaing untuk bersanding nantinya, bukan untuk memecah belah kita,” ujar Puan di acara pelatihan jurkam Ganjar di iNews Tower, Jakarta, Selasa (18/7/2023).

Baca Juga: Ganjar Pranowo dan Puan Maharani Berangkat Haji Bareng

1. Puan cerita proses penetapan tanggal 14 Februari 2024 sebagai hari pencoblosan terjadi tarik ulur

Puan Ajak Jurkam Pemenangan Ganjar Ciptakan Pemilu Penuh CintaKetua DPP PDIP, Puan Maharani di acara pelatihan jurkam Ganjar di Inews Tower, Jakarta (dok. PDIP)

Puan kemudian menceritakan kilas balik proses penetapan tanggal 14 Februari 2024 sebagai hari pencoblosan. Ketika itu, Komisi II DPR RI, KPU, dan pemerintah terjadi silang pendapat.

Meski demikian, DPR, KPU, dan pemerintah akhirnya sepakat bahwa hari pencoblosan digelar pada hari yang juga kerap diperingati sebagai Hari Valentine di seluruh dunia.

“Bukan Hari Valentine-nya, (tapi penekanannya itu adalah) Hari Kasih Sayang-nya. Saat pencoblosan itu kita saling menyayangi, menghargai, dan menghormati. Namanya hak rakyat, siapa yang dipilih itulah yang kita harus hormati. Di situlah kita harus menyayangi semua orang yang masuk TPS. Kan, yang masuk TPS itu gratis. Bisa pilih a, b, dan c. Jangan di TPS itu berantem. Bahkan sampai adik, kakak, satu keluarga, saudara, satu grup bisa berantem hanya karena beda pilihan,” kata dia.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Anggap Positif Pertemuan Puan Maharani dengan AHY 

2. Jurkam harus bisa tarik suara generasi muda

Puan Ajak Jurkam Pemenangan Ganjar Ciptakan Pemilu Penuh CintaKetua DPP PDIP, Puan Maharani di acara pelatihan jurkam Ganjar di Inews Tower, Jakarta (dok. PDIP)

Ketua DPR RI itu juga meminta jurkam bisa menarik suara generasi muda. Strategi untuk melakukan itu, kata dia, harus dilakukan dengan strategi yang pas.

“Kalau kita mau bicara tentang suatu hal, kita harus punya datanya. Berani dikonfrontasi kalau kemudian pihak sebelah sana mempertanyakan ini benar atau tidak. Kita harus punya data yang tepat,” ucap dia.

Baca Juga: Jadi Cawapres Ganjar? Andika: Saya Siap Apa pun yang Ditugaskan

3. Andika siap bila jadi cawapres Ganjar

Puan Ajak Jurkam Pemenangan Ganjar Ciptakan Pemilu Penuh CintaMantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa (dok. PDIP)

Di sisi lain, Mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn), Andika Perkasa, mengaku siap bila diminta untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Andika usai memberikan materi pelatihan bagi jurkam pendukung Ganjar Pranowo di iNews Tower, Jakarta.

"Saya siap, apa pun yang ditugaskan, saya siap," ujar Andika, Selasa.

Andika juga mengaku mendukung Ganjar sebagai capres. Andika mengatakan, lebih melihat ada aksi nyata soal keberhasilan Ganjar selama memimpin Jawa Tengah.

"Kemarin-kemarin itu, kan, pribadi dan dukungan saya kepada Mas Ganjar itu pribadi, karena memang saya merasa lebih, kok, (keberhasilan Ganjar)," ucap dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Jokowi Bentuk Tim 7 untuk Menangkan Ganjar, Gibran Jadi Jurkam Muda

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya