Yusril Bantah Pernyataan Andika soal Perangkat Desa Dukung Prabowo

Koalisi Indonesia Maju siap hadapi laporan

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa menduga ada sejumlah perangkat desa mendukung calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Wakil Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra membantah dugaan yang disampaikan Andika. Yusril mengatakan, pernyataan Andika yang menyebut perangkat Indoor Multifunction, Indonesia Arena, GBK, Senayan, Minggu (19/11/2023) menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran tak beralasan.

"Saya sendiri hadir di GBK dari pukul 10.30 WIB sampai acara selesai, tidak satu katapun mendengar ucapan deklarasi yang dimaksud,' ujar Yusril dalam keterangannya, dikutip Kamis (23/11/2023).

Baca Juga: Ada Perangkat Desa Dukung Prabowo, Mendes: Harus Netral

1. Perangkat desa menyampaikan

Yusril Bantah Pernyataan Andika soal Perangkat Desa Dukung PrabowoYusril Ihza Mahendra (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Yusril menjelaskan, ketika agenda tersebut, sejumlah perwakilan organisasi perangkat desa menyampaikan aspirasi. Terutama yang berkaitan dengan kinerja perangkat desa.

"Hukum harus ditegakkan di atas bukti, bukan di atas ilusi" tegas Yusril. Delik Pemilu, menurut Yusril adalah delik materil, bukan delik formil. Jadi pelanggaran baru bisa dikenai sanksi jika perbuatan materil, yakni deklarasi dukungan Prabowo-Gibran benar-benar terjadi. Jika baru niat, tetapi belum diwujudkan, maka tidak bisa dikenai sanksi hukum apapun," kata dia.

Baca Juga: Yusril: Rosan Roeslani Dipertimbangkan Jadi Ketua Pemenangan Prabowo

2. Yusril yakin tak ada pelanggaran hukum

Yusril Bantah Pernyataan Andika soal Perangkat Desa Dukung PrabowoIDN Times/Margith Juita Damanik

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu mengaku yakin tak ada pelanggaran dalam pertemuan perangkat desa di GBK pekan lalu.

"Saya sendiri berkeyakinan bahwa tidak ada pelanggaran hukum apapun yang dilakukan Prabowo dan Gibran dalam acara di GBK tersebut" kata dia.

3. Siap hadapi laporan

Yusril Bantah Pernyataan Andika soal Perangkat Desa Dukung PrabowoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih lanjut, Yusril mengaku siap menghadapi semua laporan. Koalisi Indonesia Maju juga siap menghadapi siap di Bawaslu.

"Kami dari TKN Koalisi Indonedia Maju, siap saja menghadapi pelapor atau pengadu di sidang Bawaslu maupun di pengadilan nanti. Kami siap saja untuk itu," imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Curhat ke Yusril, Sebut Gibran Belum Tentu Mau Jadi Cawapres

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya