Cak Imin: Aslinya yang Dijanjikan Jadi Menhan Itu Saya Bukan Prabowo

Koalisi ini bukan soal di dalam atau luar pemerintahan

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar, membocorkan janji Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk posisi Menteri Pertahanan. Janji itu, disebutkan Cak Imin (sapaannya) justru tak terealisasi.

Posisi Menhan pada akhirnya justru djberika Jokowi kepada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Posisi menteri itu diberikan karena akhirnya Gerindra bersedia berada satu perahu dengan kubu Jokowi-Ma'ruf Amin pasca pemilu 2019.

"Aslinya, Menhan itu untuk saya. Janjinya begitu. Tapi, tiba-tiba Pak Prabowo masuk," ujar Cak Imin di Indonesia Millennial dan Gen Z Summit (IMGS) 2023 by IDN Media di Dome Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu (26/11/2023).

Pernyataan Cak Imin untuk merespons wawancara Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto, yang menyentil sikap PKB karena lantang menyuarakan perubahan. Padahal, PKB masih berada di dalam Kabinet Indonesia Maju jilid II. Setidaknya PKB mendapatkan satu kursi menteri dan satu kursi wakil menteri.

Cak Imin menjelaskan koalisi yang kini berlaku di era pemerintahan Jokowi tidak bisa berada di dalam atau di luar pemerintahan.

"Koalisi ini adalah koalisi yang berkembang, fleksibel, kemudian sangat cair. Setiap saat orang bisa menjadi bagian dari koalisi besar ini. Jadi, menurut saya tinggal memaknai perubahan," tutur dia.

Meski membawa semangat perubahan, dijelaskan Cak Imin, bukan berarti semua hal di era pemerintahan Jokowi bakal dihapus. Cak Imin mengakui pertumbuhan ekonomi di era Jokowi sudah cukup baik.

"Pertumbuhan ekonomi bisa mencapai lima persen. Nanti, kalau AMIN menang, (pertumbuhan ekonomi) bisa tujuh persen," katanya.

IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara.

IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024.

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

Baca Juga: Cak Imin Sentil Menteri yang Ngaku Bukan Politisi: Bulshit!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya