Hadi Kirim Pesan ke Andika Jelang Fit and Proper Test, Apa Isinya?

Hadi Tjahjanto restui Andika Perkasa jadi Panglima TNI

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkap ia sempat mengirimkan pesan pendek kepada Jenderal Andika Perkasa, sebelum mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPR, Sabtu, 6 November 2021. Pesan yang dikirim tersebut seolah menepis persepsi yang selama ini terbentuk, bahwa Andika dan Hadi tidak akur. 

"Sebagai senior, saya menyampaikan tiga hal sebelum fit and proper test," ungkap Hadi melalui pesan pendek kepada IDN Times pada Minggu, 7 November 2021 lalu. 

Pesan pertama, kata Hadi, ia mengucapkan selamat karena telah ditunjuk Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai calon tunggal Panglima TNI. "Kedua, saya mendoakan semoga pelaksanaan fit and proper test dapat terlaksana dengan lancar dan tanpa hambatan," kata dia. 

Pesan ketiga, ia berharap Andika bisa segera dilantik menjadi panglima baru TNI. Lalu, mengapa Hadi tidak ikut mendampingi Andika mengikuti uji kelayakan dan kepatutan?

1. Panglima Hadi tak ikut dampingi Andika karena mengurus program vaksinasi di Labuan Bajo

Hadi Kirim Pesan ke Andika Jelang Fit and Proper Test, Apa Isinya?Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (ANTARA FOTO/Dokumentasi Puspen TNI)

Hadi mengatakan saat sedang uji kelayakan dan kepatutan digelar di DPR pada akhir pekan kemarin, ia sedang meninjau program vaksinasi massal di obyek wisata Labuan Bajo.

Selain itu, ia juga tengah memberi pengarahan untuk persiapan pengamanan momen Natal 2021 dan tahun baru 2022. Hadi kunjungan kerja bersama Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo.

Ia juga menyebut tidak ada tradisi Panglima TNI periode sebelumnya mengantar calon Panglima TNI saat fit and proper test ke DPR. 

"Hal tersebut baru dilakukan oleh Pak Gatot yang waktu itu mengantarkan saya dan sifatnya kondisional," kata Hadi. 

Baca Juga: Tok! DPR Setuju Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

2. Andika masih menahan diri karena belum resmi dilantik Presiden Jokowi

Hadi Kirim Pesan ke Andika Jelang Fit and Proper Test, Apa Isinya?Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa (kanan) ketika menghadiri puncak Latihan Antar Kecabangan TNI AD Kartika Yuda tahun 2020 di Sumatera Selatan (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Sementara, pada rapat paripurna tadi pagi, DPR resmi menetapkan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Kini, ia tinggal menunggu pelantikan oleh Presiden Jokowi. Sementara, Andika belum bersedia banyak berkomentar meski sudah direstui DPR.

"Berikutnya saya masih menunggu untuk resminya (dilantik) dari presiden. Sampai saat ini saya belum dikasih tahu sampai sekarang (kapan akan dilantik)," kata Andika di gedung DPR Senayan, Jakarta Pusat, Senin (8/11/2021) pagi. 

Andika juga belum bisa menyebut nama yang bakal menggantikan jabatan KSAD setelah dia dilantik menjadi panglima TNI.

"Saya kan belum bisa menyampaikan karena belum resmi (jadi panglima TNI). Jangan sampai saya mendahului (presiden). Jangan sampai nanti saya ge-er," tutur dia. 

3. Jenderal Andika memastikan TNI bakal tetap solid setelah dia dilantik jadi panglima

Hadi Kirim Pesan ke Andika Jelang Fit and Proper Test, Apa Isinya?Rekam jejak Jenderal Andika Perkasa, calon tunggal Panglima TNI pilihan Presiden Joko "Jokowi" Widodo hingga Desember 2022 (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain itu, Andika Perkasa mengaku belum berkomunikasi dengan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, usai namanya diumumkan sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Berdasarkan informasi, muncul kekecewaan yang besar di tubuh matra TNI AL lantaran bukan Yudo yang dipilih Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi panglima TNI. Padahal, tahun ini menjadi giliran TNI AL duduk sebagai pucuk pimpinan TNI.

Tetapi, Andika memastikan, akan berusaha menjaga solidaritas tiga matra di lingkungan TNI. 

"Harus (dijaga solidaritasnya). Seperti yang selalu dikatakan di Angkatan Darat kan harus kompak," ujar mantan komandan Paspampres itu. 

Baca Juga: Harta Kekayaan Jenderal Andika Perkasa Mencapai Rp179,9 M, Wajarkah?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya