Namanya Diunggulkan Jadi Cawapres, Mahfud: Penentunya Ada di Parpol

Mahfud belajar dari pengalaman gagal jadi cawapres di 2019

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengaku tidak mau terlalu percaya diri meski namanya kini kembali masuk bursa bakal calon wakil presiden. Nama Mahfud masuk lima besar bakal cawapres versi survei Indikator Politik Indonesia (IPI) yang dirilis pada 4 Juni 2023. 

Hasil survei IPI menunjukkan, Mahfud ada di posisi keempat dengan elektabilitas 11,8 persen. Sementara, di atas Mahfud terdapat Sandiaga Uno (12 persen), Ridwan Kamil (14,8 persen) dan Erick Thohir (14,8 persen). Itu ketika responden IPI yang mencapai 1.230 diminta memilih dari 22 nama bakal cawapres. 

Ketika pilihannya dibatasi menjadi 18 nama, posisi Mahfud lebih baik. Ia ada di posisi ketiga dengan elektabilitas 13,4 persen. Di atas Mahfud terdapat Ridwan Kamil (15,4 persen) dan Erick Thohir (15,5 persen). 

Menanggapi hasil survei tersebut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mencoba realistis. "Survei itu berlaku pada rentang waktu survei. Kalau survei di waktu yang berbeda, maka bisa saja hasil surveinya juga berbeda," ungkap Mahfud di dalam keterangan tertulis pada Kamis (8/6/2023). 

Ia pun tak ingin terburu-buru kembali menyimpulkan bahwa peluangnya pada 2024 terbuka lebih lebar untuk menjadi bakal cawapres. Mahfud benar-benar belajar dari pengalaman pahit dalam pilpres 2019 lalu. Menurut Mahfud, penentu akhirnya apakah ia bakal maju menjadi bakal cawapres ada di tangan partai politik. 

"Harus diingat yang menentukan pasangan capres atau cawapres itu parpol atau koalisi parpol. Parpol menentukan nama pasangan bukan semata-mata berdasarkan hasil survei. Ada juga pertimbangan mengenai kapabilitas, integritas hingga rekam jejak," katanya lagi. 

Apa rencana Mahfud bila dalam pemilu 2024 tidak ada satu pun parpol yang meminangnya?

1. Belajar dari pengalaman pemilu 2019, Mahfud tak lagi ngoyo jadi bakal cawapres

Namanya Diunggulkan Jadi Cawapres, Mahfud: Penentunya Ada di ParpolMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD ketika memperingati hari lahir Pancasila di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). (www.instagram.com/@mohmahfud)

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan saat ini ia melihat saja perkembangan dunia politik yang sedang berlangsung. Mantan Menteri Pertahanan di era Presiden Gus Dur itu tak akan langsung memberikan jawaban dengan menolak atau siap menerima kembali pinangan untuk menjadi bakal cawapres. 

"Ini harus disyukuri sebagai hal yang positif dari perkembangan demokrasi. Itu lepas dari soal calonnya saya atau tidak. Tapi, kalau dibandingkan di zaman Pak Harto, mekanisme seperti ini gak ada," ungkap Mahfud ketika diwawancara Najwa Shihab dan dikutip dari YouTube pada Kamis (8/6/2023). 

"Dulu itu, gak boleh ada orang yang menyebut nama orang lain sebagai calon. Bisa-bisa disikat habis," tutur dia. 

Ia memastikan akan ada waktu dan tempat baginya untuk menentukan keputusan. Momen tersebut, kata Mahfudm masih lama. 

"Ini kan masih lempar-lemparan bola," ujarnya lagi. 

Ia mengakui juga tidak ngoyo mengejar posisi bakal cawapres di pemilu 2024. Belajar dari pengalamannya pada 2019 lalu, ketika ia mengajar posisi itu, justru malah tidak direstui oleh Tuhan. 

"Kan saya sudah punya pengalaman, jabatan seperti itu kalau dikejar terkadang gak dapat. Kalau kita duduk-duduk saja terkadang malah dapat. Ya, itu sudah ada yang ngatur," katanya. 

Baca Juga: Namanya Dipasangkan dengan Ganjar di 2024, Mahfud: Itu Bunga Demokrasi

2. Jokowi tidak menolak atau mendukung Mahfud jadi bakal cawapres

Namanya Diunggulkan Jadi Cawapres, Mahfud: Penentunya Ada di ParpolMenkopolhukam Mahfud MD di Halal Bi Halal MUI pada Kamis (17/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Mahfud juga menyebut Presiden Joko "Jokowi" Widodo tidak menunjukkan gestur atau tanda mendukung atau menolak Mahfud masuk ke dalam bursa bakal cawapres. Meskipun Mahfud menyadari bahwa dukungan dari Jokowi bakal mempermudah siapapun untuk menjadi capres atau cawapres. 

"Saya percaya bahwa Pak Jokowi akan menjadi salah seorang akan menjadi sosok yang berpengaruh dan menentukan (sosok capres atau cawapres). Meski bukan 100 persen, tapi (dukungannya) sangat berpengaruh," kata Mahfud. 

Ia pun mengaku tidak pernah bertanya langsung ke Jokowi apakah memberikan dukungan agar bisa maju sebagai bakal cawapres. Dalam interaksi sehari-hari di Istana, sikap Jokowi, kata Mahfud, biasa-biasa saja. 

"Namun, Beliau pasti memantau apa yang terjadi di masyarakat tetapi tidak memberikan komentar tertentu. Artinya, ya tidak ada apa-apa," tutur dia. 

Ia menyebut kode-kode yang dilempar oleh Jokowi sama seperti yang ditunjukkan bagi bakal capres atau cawapres lainnya. Jokowi turut menyebut nama Mahfud sebagai bakal cawapres potensial usai nama Ganjar resmi didukung oleh PDIP sebagai capres. 

"Yang disebutnya namanya oleh Beliau kan banyak. Artinya, Pak Jokowi pintar dalam hal ini. Beliau tidak menunjukkan kecenderungan (memihak ke siapa) hingga momen terakhir," ujarnya lagi. 

3. Nama Mahfud masuk dalam radar PDIP sebagai bakal cawapres

Namanya Diunggulkan Jadi Cawapres, Mahfud: Penentunya Ada di ParpolKetua DPR RI Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Sementara, terbaru nama Mahfud turut disebut oleh Ketua DPP PDIP, Puan Maharani ikut masuk ke dalam radar 10 nama bakal cawapres. Ada pula nama Ridwan Kamil hingga Sandiaga Uno. 

"Kan banyak ada 10. Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno," ujar Puan di Rakernas PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pada 6 Juni 2023 lalu.

Menurut Puan, nama-nama itu memiliki kelebihan yang akan dipertimbangkan partai dan Megawati Soekarnoputri. Partai, kata dia, akan menyeleksi apakah mereka memiliki visi misi yang sama dengan Ganjar dan partainya.

Puan juga menegaskan keputusan bakal cawapres Ganjar tak akan diputuskan dalam waktu dekat ini atau di Rakernas. "Jadi, nama tetap akan ditentukan nanti tapi belum hari ini. Jadi, masih menimbang nama-nama yang ada," kata Ketua DPR itu.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Tolak Tawaran Jadi Cawapres Anies, Mahfud: Biar Koalisi Tidak Pecah

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya