15 April Hari Zeni: Makna dan Sejarahnya

15 April diperingati sebagai Hari Zeni

Jakarta, IDN Times - Hari Zeni ini mungkin tidak terlalu familiar dengan masyarakat Indonesia. Namun, ternyata Hari Zeni menyimpan sejarah yang besar bagi perkembangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

Lebih lengkapnya, berikut IDN Times rangkum makna dan sejarah dari Hari Zeni. Yuk, disimak sampai akhir!

Baca Juga: 6 April Hari Nelayan Indonesia: Artinya

Sejarah Hari Zeni

15 April Hari Zeni: Makna dan SejarahnyaIlustrasi kendaraan tempur jenis tank milik TNI (Dokumentasi Puspen TNI)

Zeni memulai kiprahnya sejak tahun 1945 yang dimulai dengan Sekolah Genie di Batu Banjar, Bandung pada tanggal 2 November 1945 oleh Achdiat Soeparmadi. Sekolah Genie menggunakan pelatih dari eks sersan-sersan KNIL, yaitu kapten Adam untuk membentuk Batalyon Genie Pionir dengan para pelatih dan siswa sebagai tenaga intinya.

Namun, akibat eskalasi peperangan semakin meningkat mengakibatkan situasi daerah tidak memungkinkan untuk mengembangkan sekolah Genie yang pada akhirnya sekolah Genie hanya berumur singkat.

Dalam sejarah perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia, pasukan zeni adalah pasukan yang terdiri dari unsur Zeni dalam pasukan tersebut, diantaranya Laskar Jawatan Kereta Api, Laskar Buruh, Laskar Minyak dan lain sebagainya. Pasukan-pasukan tersebut bergabung dengan Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Setiap tanggal 15 April diperingati sebagai Hari Zeni Indonesia. Peringatan ini bertujuan untuk merenungi bahwa untuk merebut dan mempertahankan NKRI semua unsur bangsa telah mencatatkannya dalam sejarah.

Sebagai generasi penerus bangsa, anak muda tidak harus menjadi unsur TNI  untuk bisa berbuat sesuatu yang berguna, yang perlu dilakukan adalah sumbangsih yang akan diberikan kepada negara.

Sejalan dengan perkembangan dan perubahan organisasi TNI AD, melalui proses yang sangat panjang dari hari kelahirannya sampai hari ini, pertumbuhan dan perkembangan pusat pendidikan Zeni tidak terlepas dari prakarsa para pejabat Komandan Pusdikzi yang telah mencurahkan pikiran, tenaga dan waktu untuk kemajuan Pusdikzi dari masa ke masa.

Makna Hari Zeni

15 April Hari Zeni: Makna dan SejarahnyaIlustrasi prajurit TNI (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Hari Zeni ini diperingati sebagai momen mengenang para tentara yang ikut membantu dalam mempertahankan negara Indonesia. Zeni sendiri berasal dari bahasa Belanda Genie yang berarti bagian insinyur dari pasukan militer yang bertugas pokok menyelenggarakan rekayasa teknik dan militer.

Adapun tugasnya antara lain adalah konstruksi prasarana militer khususnya di daratan, pembangunan pekuburan khususnya konstruksi dan destruksi militer di medan tempur. Selain itu, mereka juga bertugas dalam penyamaran atau kamuflase dan pelaksanaan zeni tempur khususnya penyediaan fasilitas hidup di lapangan bagi pasukan.

Baca Juga: 9 April Hari TNI Angkatan Udara: Awal Sejarahnya

Begitulah sejarah dan makna dari Hari Zeni yang selalu diperingati setiap tanggal 15 April ini. Yuk, kita kenang jasa-jasa para pahlawan yang turut mempertahankan bangsa Indonesia pada saat itu!

Topik:

  • Bella Manoban
  • Cynthia Nanda Irawan
  • Stella Azasya
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya