Daftar Tanggal Merah Februari 2023: Peringatan Isra' Mikraj

Cuma ada satu tanggal merah saja, nih

Jakarta, IDN Times - Januari berakhir, pasti kamu langsung mengecek tanggal merah di bulan Februari, bukan? Di bulan ini, ada satu tanggal merah yang ditetapkan sebagai hari libur nasional dan jatuh di hari Sabtu, nih.

Penentuan hari libur nasional ini diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) oleh tiga Menteri Nomor 1066 dan 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. Sekarang, cek ada perayaan apa di bulan ini, yuk!

Sabtu, 18 Februari 2023: Isra' Mikraj

Daftar Tanggal Merah Februari 2023: Peringatan Isra' Mikrajmasjid Al-Aqsa (pixabay.com/martini_pur)

Di bulan Februari, tanggal merah jatuh pada Sabtu, 18 Februari 2023. Tanggal tersebut diperingati sebagai perayaan Isra' Mikraj, yaitu peringatan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjid Agung di Makkah ke Masjid Al-Aqsa di Palestina selama satu malam dan naiknya Rasullullah SAW ke langit ke-7 pada 27 Rajab dalam kalender Islam.

Peristiwa tersebut menjadi salah satu sejarah penting bagi umat Islam, karena Rasul mendapat perintah langsung untuk mendirikan salat dari Allah SWT. Maka dari itu, di malam Isra Mikraj dianjurkan untuk mendirikan salat sunnah 12 rakaat dengan dua rakaat dan salam serta membaca dzikir.

Penetapan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2023

Daftar Tanggal Merah Februari 2023: Peringatan Isra' Mikrajilustrasi kalender (unsplash.com/Debby Hudson)

Hari libur nasional dan cuti bersama diputuskan dalam Rakor Tingkat Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. Adapun rapat tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy pada Selasa (11/10/2022).

Menko PMK Muhadjir menyampaikan bahwa penetapan itu berdasarkan hasil evaluasi terhadap pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir dan akan terus memantau perkembangannya. Selain itu, penentuan libur nasional dan cuti nasional juga sebagai rujukan untuk berbagai sektor dan pemerintah dalam memutuskan program kerja.

Daftar Tanggal Merah Februari 2023: Peringatan Isra' MikrajDaftar Hari Libur Nasional 2023 (IDN Times)

Itulah informasi terkait daftar tanggal merah bulan Februari 2023. Semoga bermanfaat, ya!

Topik:

  • Seo Intern IDN Times
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya