Daftar Tanggal Merah Bulan Januari 2023: Tahun Baru Masehi dan Imlek

Dua momen untuk merayakan dengan kerabat dekat

Jakarta, IDN Times - Menuju akhir tahun 2022, pasti setiap orang menantikan tanggal-tanggal merah di tahun 2023. Di bulan Januari 2023, ada dua tanggal merah yang ditetapkan menjadi hari libur nasional dan cuti bersama, namun keduanya jatuh di hari Minggu.

Adapun penetapan hari libur nasional tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor 1066 dan Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Bulan Januari Tahun 2023. Yuk, kita lihat ada tanggal berapa saja.

Minggu, 1 Januari 2023: Tahun Baru Masehi

Daftar Tanggal Merah Bulan Januari 2023: Tahun Baru Masehi dan Imlekilustrasi kembang api (Pexels.com/Engin Akyurt)

Pertama, tanggal merah di bulan Januari jatuh pada hari Minggu, 1 Januari 2023. Hari tersebut ditandai sebagai Tahun Baru Masehi, yaitu perayaan untuk memperingati berakhirnya masa satu tahun dan dimulainya tahun berikutnya.

Perayaan tahun baru ini biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga dan teman dekat dengan melakukan kegiatan seru dan bersukacita menyambut tahun baru. Tak cuma di Indonesia, setiap negara di dunia pun merayakan momen tahunan ini.

Minggu, 22 Januari 2023: Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili

Daftar Tanggal Merah Bulan Januari 2023: Tahun Baru Masehi dan Imlekilustrasi imlek (IDN Times/Aditya Pratama)

Kedua, tanggal merah jatuh pada hari Minggu, 22 Januari 2023. Hari tersebut diperingati sebagai Tahun Baru Imlek, yaitu tahun baru dalam sistem penanggalan China yang perthitungannya didasarkan pada bulan dan dirayakan oleh orang Tionghoa. Maka dari itu, penetapan Imlek kerap berbeda dari tahun ke tahun tidak seperti kalender Masehi. 

Meskipun jatuh di hari Minggu, perayaan Imlek akan tetap meriah karena selalu dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat bagi orang Tionghoa. Bahkan sering kali diadakan tradisi unik seperti berbagi angpau hingga pertunjukkan barongsai.

Penetapan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2023

Daftar Tanggal Merah Bulan Januari 2023: Tahun Baru Masehi dan Imlekilustrasi kalender (IDN Times/Arief Rahmat)

Penetapan hari libur nasional dan cuti bersama telah disepakati dalam Rakor Tingkat Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2023. Rapat tersebut dipimpin oleh Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada Selasa (11/10/2022).

Menko Muhadjir mengatakan bahwa penetapan ini berdasarkan hasil evaluasi pemerintah selama dua tahun terakhir sejak pandemi Covid-19 dan akan terus memperhatikan perkembangannya. Tak hanya itu, penentuan hari libur nasional dan cuti bersama sebagai pedoman bagi masyarakat dari berbagai sektor dan rujukan bagi kementerian serta lembaga pemerintah untuk menentukan rencana-rencana program kerja. 

Daftar Tanggal Merah Bulan Januari 2023: Tahun Baru Masehi dan ImlekDaftar Hari Libur Nasional 2023 (IDN Times)

Nah, itu dia daftar tanggal merah bulan Januari 2023. Apakah kamu sudah menyiapkan rencana untuk menyambut tahun baru Masehi dan Imlek nanti?

Topik:

  • Seo Intern IDN Times
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya